Destinasi

3 Spot Wisata di Solo Buat Merayakan Imlek Bersama Keluarga

Lagi bingung cari destinasi liburan buat merayakan Imlek? Tenang aja! Karena, kota Solo siap memberikan pengalaman Imlek yang nggak terlupakan.

Kota Batik ini menyimpan banyak sekali spot wisata yang cocok kamu kunjungi selama Imlek. Mulai dari klenteng penuh sejarah hingga kampung pecinan yang penuh kedamaian bisa ditemukan.

Selain itu, kamu juga bisa berburu kuliner lezat yang bikin makin betah. Pokoknya, nggak bakal nyesel menghabiskan hari Imlek bersama keluarga.

Penasaran? Nah, Pegipegi punya rekomendasi tiga spot wisata di Solo buat merayakan Imlek bersama keluarga. Simak, yuk!

Klenteng Tien Kok Sie

Klenteng Tien Kok Sie bisa terbilang sebagai kelenteng bersejarah di Indonesia, soalnya klenteng ini sudah berumur lebih dari 300 tahun dan dibangun tahun 1745, setahun setelah Keraton Surakarta Hadiningrat dibangun. Tien Kok Sie memiliki luas 250 meter persegi dengan arsitektur Tiongkok yang megah, kokoh, dan khas. Klenteng Tien Kok Sie juga dikenal dengan nama Vihara Avalokhiteswara yang berarti tempat ibadah ummat Tri Dharma (Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme). Rencananya, pada Imlek nanti, klenteng ini bakal melepas 999 burung dalam acara Pao Oen.

Bundaran Pasar Gede

Imlek di Solo terasa spesial karena bakal banyak festival kebudayaan yang dihelat di tengah kota. Salah satunya ada di Bundaran Pasar Gede. Pada hari Imlek nanti, ribuan warga bakal berkumpul untuk menyaksikan tradisi kirab budaya bernamaa Grebeg Sudiro 2020. Acara yang dihelat setahun sekali ini ditujukan sebagai bukti akulturasi budaya berbagai etnis di Solo. Pawai ini akan berlangsungdi sepanjang Bundara Pasar Gede hingga ke jalan Jenderal Sudirman. Kirab Grebeg Sudiro dengan didukung oleh 2.000 orang yang tergabung menjadi 62 kelompok peserta kirab.

Kampung Sudiroprajan

Jika biasanya kawasan Pecinan berada di tengah kota, Solo berbeda. Adalah Kampung Sudiroprajan yang selama ini menjadi tempat bermukim etnis Tionghoa. Mereka hidup berbaur selama bertahun-tahun dengan warga Jawa. Sehingga, kedamaian dan kerukunan yang sangat terjaga bisa kamu rasakan saat berada di sini. Menjelang Imlek, kamu akan melihat bagaimana kampung ini ramai oleh lampion. Dengan digelarnya Grebeg Sudiro, suasana pun jadi tambah meriah.

Pengin main ke Solo? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Solo lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top