Kuliner

3 Kuliner Sulawesi Selatan ini Nikmat Disantap Dengan Buras

Provinsi Sulawesi Selatan dikenal luas dengan koleksi kuliner tradisionalnya. Namun, dari berbagai macam kuliner, ada satu yang sangat melekat sangat melekat dengan kebudayaannya, buras.

Yap, jajanan pasar khas Sulawesi Selatan ini memang menjadi menu wajib yang sudah turun temurun, lho. Bahkan, buras sudah pasti hadir tiap kali masyarakat menggelar berbagai jenis hajatan seperti pernikahan, pesta panen hingga upacara adat.

Ngaku penikmat jajanan pasar? Nggak lengkap rasanya kalau belum pernah mencicipi buras. Yap, panganan khas Sulawesi Selatan ini cukup dekat di hati masyarakat Indonesia, khususnya Bugis.

Dari bentuknya, memang cukup familiar. Maklum, buras menyerupai lontong dengan balutan daun pisang. Namun, jika diperhatikan, justru punya sudut persegi yang memanjang dan agak pipih, lho.

Soal cita rasa, buras terasa lebih gurih karena ada perpaduan santannya. Tiap potongan buras pun memiliki tekstur yang lebih lembut namun nggak pecah.

Menariknya, buras cocok disantap dengan sebagai pendamping kuliner berkuah lainnya, lho. Apa saja kira-kira? Berikut 3 kuliner khas Sulawesi Selatan yang mantap disantap dengan buras.

Coto Makassar

Berbicara soal kuliner Bugis, Makassar selalu jadi sasarannya. Kota yang satu ini punya sajian berkuah yang lezat banget, coto Makassar. Berbahan dasar jeroan dan daging sapi yang telah direbus, coto Makassar punya sensasi pedas gurih lewat kuah coklatnya. Nah, makin nikmat, coto Makassar enak disantap dengan sepotong buras.

Sop konro

Selain coto, Makassar juga punya sop konro yang nggak kalah lezatnya. Sop lonro sendiri adalah masakan khas Makassar yang terbuat dari daging atau iga segar pilihan sehingga terasa fresh dan lunak. Kuah supnya sangat kaya dengan rempah sehingga bisa menghangatkan tubuhmu. Karena dibuat dengan bahan kluwak, tidak heran kalau warna kuahnya sedikit gelap. Kamu pun bisa menikmati Sop Konro dengan nasi atau buras.

Pallubasa

Dari bentuk, nggak jauh beda dengan coto Makassar. Namun, pallubasa menawarkan rasa yang jauh lebih mewah ketimbang saudaranya. Menggunakan jeroan sapi maupun kerbau, pallubasa mengadung bumbu rempah yang sudah diracik khusus sang ahli. Disajikan hangat, pallubasa sangat nikmat disantap dengan buras dan kerupuk, lho.

Tertarik buat mencicipi kuliner di Sulawesi Selatan? Sekalian liburan di Makassar. Yuk, cari hotel murah di Manado lewat Pegipegi.

cari hotel murah lain di Makassar

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top