Rekomendasi

3 Kuliner Seafood Khas Nusantara Favorit Eno ‘NTRL’

Traveling makin asyik kalau bisa menyempatkan diri buat mencoba kuliner khasnya. Hal ini yang ternyata nggak pernah dilewatkan oleh seorang Eno Gitara Ryanto.

Drummer band rock, NTRL ini memiliki banyak sekali referensi destinasi kuliner di Indonesia. Kebanyakan sih, yang dicari Eno adalah kuliner laut atau seafood khas dari daerah yang dikunjunginya.

“Biasanya, kita nyobain kuliner yang bener-bener khas sih kayak waktu itu kita ke Indonesia timur. Banyak banget ternyata makanan khasnya,” ungkap pria yang juga tergabung dalam band Royal Ego.

Nah, kira-kira, apa sih kuliner laut khas favorit Eno NTRL kalau sedang traveling ke beberapa daerah di Indonesia? Pegipegi sempat ngobrol dengan sang drummer dan ini dia jawabannya!

Masam Jaeng (Takengon, Aceh)

Foto: gayomusara

Dikenal dengan juga nama Dataran Tinggi Gayo, daerah Takengon menawarkan banyak sekali kuliner berbahan dasar ikan. Salah satu yang paling terkenal adalah Masam Jaeng. Ikan mujair diolah dengan rempah-rempah seperti kunyit cabai, bawang merah dan bawah putih sebelum disajikan hangat dengan kuah yang kental. Berbeda dengan gulai ikan biasa, Masam Jaeng menghadirkan rasa garang yang menyembul ke lidah pada tiap suapnya.

Gohu Ikan (Pulai Weh, Ternate)

Foto: okezone

Melipir sedikit ke Indonesia Timur, tepatnya di Pulau Weh, Ternate. Bagi pelancong yang hobi makan, salad ikan bisa jadi kuliner anti mainstream wajib coba banget, deh! Biasa disebut Gohu Ikan, kuliner yang satu ini menggunakan ikan tuna atau cakalang merah yang empuk sebagai bahan dasarnya. Setelah dibersihkan, potongan ikan mentah segar diolah ke dalam bumbu pedas yang sensasinya luar biasa. Selain nikmat, Gohu ikan juga sehat karena mengandung zat omega-3, lho!

Tongseng Cumi (Karimunjawa, Jawa Tengah)

Foto: wikimedia

Jika kamu sedang main-main ke daerah Karimunjawa, Jepara, Tongseng Cumi bisa jadi pilihan kuliner terbaik buat kamu cicipi. Secara bumbu, Tongseng Cumi sama seperti tongseng pada umumnya. Yang membedakan, adalah daging cuminya yang menggantikan sapi, ayam atau kambing. Asam-manis bercampur dengan sensasi gurihnya muncul di tiap suap Tongseng Cumi khas Karimunjawa ini. Tertarik?

Foto: ig @ntrl.official

Mau icip kuliner laut seperti di atas? Sekalian liburan, ya, karena kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 243 times, 1 visits today)

Comments

To Top