Kuliner

3 Kopi Mahal di Dunia dari Kotoran Hewan, Mau Coba?

Kalau diperhatikan, sekarang sudah banyak kedai kopi yang menyebar di mana-mana. Kopi banyak diminati orang karena bisa menjadi pembuka di pagi hari atau teman bekerja. Banyaknya jenis biji kopi yang ada memengaruhi rasa kopi itu sendiri.

Nah, kamu sudah tahu belum kalau beberapa jenis kopi mahal di dunia justru berasal dari kotoran hewan? Hiii… Mungkin terdengar menjijikan ya. Sebenarnya bukan kotoran hewannya yang diproses jadi kopi, melainkan buah dari pohon kopi yang dikonsumsi oleh hewan tersebut.

Buah yang dikonsumi tidak dicerna secara keseluruhan jadi biji kopi masih utuh saat keluar bersama dengan kotoran. Biji kopi kemudian dibersihkan dan diproses agar aman dikonsumsi. Cita rasa yang dihasilkan kopi inilah yang membuat harganya melambung tinggi. Mau tahu jenis kopi apa saja? Simak di bawah ini!

1. KOPI LUWAK

Foto: Hata Cafe

Kopi yang satu ini kenikmatannya sudah mendunia. Kopi luwak sudah dikenal sebagai kopi mahal sejak zaman kolonial, lho. Mulai awal abad ke-18, Belanda membudidayakan tanaman kopi di Indonesia. Di era tanam paksa, Belanda melarang masyarakat Indonesia memetik kopi untuk konsumsi pribadi.

Karena larangan ini, masyarakat memiliki ide untuk melepaskan musang luwak pemakan buah kopi. Kotoran musang luwak kemudian diambil, dicuci, dan disangrai hingga menghasilkan kopi aroma yang nikmat. Kebiasaan ini pun diketahui oleh Belanda dan saat mereka mencobanya, kopi luwak pun menjadi favorit para orang kaya Belanda.

Hingga kini, kopi luwak masih merajai dunia kopi. Harga per kilonya bisa mencapai jutaan rupiah. Nggak cuma orang Indonesia, banyak orang asing yang bertani kopi luwak. Kamu bisa mendapatkan kopi luwak di berbagai kedai kopi, supermarket, atau toko yang khusus menjual kopi.

2. KOPI TERRA NERA

Foto: Wikimedia

Kopi Terra Nera dijual di department store asal Inggris, Harrods. Kopi ini melalui proses yang sama dengan kopi luwak namun dengan hewan yang berbeda. Hewan yang menghasilkan kopi Terra Nera adalah musang jenis civet cat. Harganya berkisar antara $225 sampai $11.000 per bungkus.

Salah satu hal yang membuat kopi ini mahal adalah produksinya yang eksklusif. Tiap tahunnya, kopi Terra Nera hanya dibuat sebanyak 45 kilo saja. Namun sempat ada kontroversi mengenai kopi ini. Para pakar kopi mengatakan bahwa rasa yang dihasilkan oleh kopi Terra Nera tidak sebanding dengan harganya. Hmm… Mau buktikan sendiri?

3. KOPI BLACK IVORY

Foto: LinkedIn

Nama lain dari kopi ini adalah kopi gading hitam. Asalnya dari hasil pencernaan gajah Thailand dan hanya dijual di Thailand dan Maladewa. Blake Dinkin, adalah orang Kanada yang menemukan jenis kopi black ivory.

Saat menyeruput kopi, tentu kamu merasakan rasa pahit. Rasa pahit ini berasal dari protein yang ada pada kopi. Nah, menurut penelitian, enzim yang ada di pencernaan gajah memecah protein pada kopi. Jadi, kopi black ivory tidak terasa pahit secara alami. Kalau kamu mau icip kopi jenis ini, siapkan bujet lebih ya. Soalnya harga kopi ini sekitar $50 hingga $1.100 per kilonya, wow!

Jadi pengen jalan-jalan minum kopi? Atur jadwal liburan kamu sekarang. Biar tetap hemat, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top