Berita

3 Fakta ‘Menyeramkan’ ini Bisa Kamu Temui di Kolam Renang

Siapa di antara kalian yang nggak suka berenang di kolam renang? Kayaknya, sebagian besar dari kamu pasti menjawab sebaliknya.

Selain menjadi hobi yang menyenangkan di kala cuaca panas, berenang bisa membuat tubuh kita sehat. Bahkan, aktivitas yang satu ini sangat dianjurkan buat penderita asma.

Tapi, tampaknya, fakta yang bakal Pegipegi sampaikan di bawah ini bakal bikin kamu lebih berhati-hati, deh! Sebuah survey yang dilakukan oleh Lembaga Perairan dan Kesehatan Amerika Serikat menyebutkan ada berbagai macam bakteri hingga virus menular berdiam di kolam renang, khususnya kolam renang umum.

Segala penyakit, mulai dari pencernaan hingga penyakit kulit bisa kamu dapatkan jika kamu nggak hati-hati, lho! Penasaran, 3 fakta menyeramkan apa saja yang kamu bisa temui di kolam renang? Yuk simak bahasan dari Pegipegi!

1. Sarang Diare

Foto: timeout

Hal menakutkan pertama datang dari para pengguna kolam renang tersebut. Menurut survey, 1 dari 4 orang dewasa berenang setelah menderita penyakit diare. Buat kamu yang nggak tahu, butuh dua minggu lamanya bagi tubuh untuk mengusir bakteri E.Coli penyebab diare dari tubuh.

Jika seseorang yang baru sembuh sehari, besoknya langsung berenang, maka tingkat kontaminasi bakteri yang ditularkan sangatlah besar. Kebayang kan, kasihan orang yang nggak terkena diare bisa tertular gara-gara berenang satu kolam dengan sang penderita diare.

2. Tempat Bertukarnya Bakteri dan Virus

Foto: gobroomecounty

Banyak orang yang berpikir “Percuma mandi sebelum berenang, toh juga nanti basah juga. Lagian habis berenang, pasti bakal mandi”. Well, pendapat itu nggak selamanya benar karena kamu nggak tahu bakteri atau virus apa saja yang hinggap di tubuh kamu sebelum berenang.

Survey tersebut bahkan memiliki data bahwa 52 persen orang dewasa jarang atau nggak pernah mandi sebelum berenang di kolam. Nggak heran sih, berbagai virus dan bakteri bisa menyebar cepat.

3. Kontaminasi Air Kolam

Foto: vice.com

Jika dua fakta tadi sudah menjijikkan, seharusnya poin ketiga nggak bakal dilakukan. Tapi ternyata 3 dari 5 orang dewasa ngaku tiap kali berenang di kolam, pasti menegak airnya, entah sengaja atau nggak sengaja.

Padahal, di dalam kolam renang terdapat banyak sekali bakteri hingga parasit jahat yang siap mengancam kesehatan kamu. Salah satu yang paling ditakuti adalah Cryptosporidium, bakteri yang bisa menyebabkan diare hingga muntaber. Apalagai, nggak sedikit juga orang yang suka buang air kecil di kolam. Iyuhhh….

Foto utama: Queensland

Seram sih, tapi jangan takut berenang ya. Apalagi kalau kamu sekalian liburan. Bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi  buat dapatkan harga spesial. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 177 times, 1 visits today)

Comments

To Top