Destinasi

3 destinasi di bawah 1 juta yang patut kamu kunjungi!

Siapa sih yang nggak butuh refreshing dari penatnya aktivitas sehari-hari? Nah, bagi kamu yang pengen liburan tapi punya budget yang terbatas, jangan khawatir! Di bawah ini ada rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu nikmati dengan tiga orang temanmu selama tiga hari dua malam dengan budget kurang dari satu juta per orang.

1. Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Jogjakarta
Desa Nglanggeran berada sekitar 22 km dari Jogjakarta dan memiliki bentangan wilayah yang berbukit-bukit serta belum terjangkau internet. Di sana kamu akan tinggal di rumah penduduk, belajar hidup di desa, belajar membatik topeng, tari Jathilan dan Reog, memasak kuliner khas Nglanggeran dan membuat kerajinan dari janur (daun kelapa yang masih muda). Selain itu, kamu juga bisa ikut rock climbing, trekking dan juga hiking ke Gunung Purba.

Untuk makan, kamu tidak perlu khawatir karena biaya Rp 100,000 untuk penginapan sudah termasuk makan 3x sehari. Sebelum mencapai Desa Nglanggeran, kamu juga bisa mengunjungi wisata alam lain di daerah Gunung Kidul seperti Pantai Indrayanti, Goa Kalisuci dan lain-lain dengan biaya sekitar Rp 250,000 untuk makan dan tiket masuk tempat wisata. Kamu cukup menyiapkan budget sekitar Rp 850,000 untuk harga tiket pulang pergi kereta api ekonomi Jakarta-Jogjakarta, penginapan di rumah penduduk, penyewaan mobil di Jogjakarta selama dua hari, kuliner di Jogjakarta dengan kisaran harga Rp 10,000 hingga Rp 20,000 dan tiket masuk wisata Gunung Kidul serta Desa Nglanggeran.

https://grahafauzi.wordpress.com

https://grahafauzi.wordpress.com

2. Cirebon

Cirebon tidak hanya terkenal dengan kerajinan batik, tapi juga dengan tempat-tempat wisata bersejarah dan kuliner khasnya. Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Goa Sunyaragi, Pemandian Air Panas Banyupanas Palimanan, Pusat Batik Trusmi, Pemandian Air Dingin Cibulan, Cikahalang, dan Setu Sedong adalah pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Cirebon dengan kisaran harga tiket masuk sekitar Rp 7,000 hingga Rp 15,000 per orang.

Selain wisata bersejarah, kamu juga dapat memanjakan perut di Cirebon dengan mencoba makanan-makanan khas Cirebon seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Sate Kambing Muda, Sate Kerbau, Tahu Gejrot, Es Duren, Kerupuk Melarat, Cocang, Bubur Sop Ayam dan Mie Koclok yang diberi harga antara Rp 5,000 hingga Rp 20,000 per porsi. Budget yang perlu kamu siapkan sekitar Rp 800,000 untuk tiket ekonomi dua kali perjalanan dengan kereta express Jakarta-Cirebon, sewa mobil di Cirebon per 12 jam dengan supir atau angkutan umum, dan juga penginapan di hotel yang dekat dengan stasiun kereta, dengan tarif Rp 200,000 sampai Rp 400,000 per malam.

http://anekatempatwisata.com

http://anekatempatwisata.com

3. Gunung Padang

Gunung Padang adalah sebuah wisata pra sejarah di Jawa Barat, tepatnya di dusun Gunung Padang dan Panggulan, Cianjur. Di Gunung Padang ini kamu bisa menyaksikan keindahan dan kemegahan batu-batu megalitikum yang disusun tidak beraturan dan menjelajah di malam hari dengan seorang pemandu dan menyaksikan indahnya galaksi bima sakti dari tengah-tengah bebatuan megalitikum.

Kamu juga bisa mengunjungi Curug Cikondang, sebuah air terjun setinggi 50 meter yang letaknya tidak jauh dari situs Gunung Padang dengan tarif masuk sebesar Rp 5,000 per orang. Situs Gunung Padang mulai dibuka pukul 08.00 pagi dengan tarif Rp 2,000 untuk turis domestik dan Rp 5,000 untuk turis mancanegara. Estimasi budget yang kamu butuhkan untuk mengunjungi dua tempat ini sekitar Rp 600,000. Di Gunung Padang, kamu bisa menyewa guest house dengan harga Rp 100,000 per malam. Perjalanan ke Gunung Padang membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam dengan commuter line Jakarta – Bogor dan kereta api ekslusif Bogor – Stasiun Lampegan dengan biaya sekitar Rp 200,000 untuk dua kali perjalanan.

Di stasiun, kamu bisa menumpang ojek yang siap mengantar kamu dari Stasiun ke Gunung Padang dan Curug Cikondang dengan tarif Rp 20,000-Rp 50,000. Selama berada di Gunung Padang kamu bisa menginap di guest house yang disewakan dengan harga Rp 100,000 per malam dan makan di warung sekitar Gunung Padang dengan harga Rp 10,000 – Rp 30,000 per porsi.

https://winnyradc.wordpress.com

https://winnyradc.wordpress.com

Gimana? Sudah menentukan tujuan travelingmu selanjutnya? Jangan lupa cek PegiPegi untuk dapatkan penawaran menarik saat memesan tiket pesawat dan hotel, ya!

(Visited 1,444 times, 1 visits today)

Comments

To Top