Destinasi

3 Desa Wisata di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Terpesona

desa wisata terbaik indonesia

Saat liburan, pantai dan pegunungan nggak melulu menjadi destinasi wisata utama. Berkunjung ke desa wisata dapat memberikan sensasi liburan yang berbeda. Di sini, SobiPegi bisa menyaksikan bagaimana masyarakat memilih kearifan lokal sekaligus menjaga kelestarian tradisinya.

Selain Desa Penglipuran dan Desa Ubud yang ada di Bali, serta Desa Kete Kesu yang berlokasi di Tana Toraja, Indonesia masih menyimpan banyak desa wisata yang hingga kini masih terus dikembangkan oleh pemerintah. 

Berikut tiga dari ratusan desa wisata di Indonesia yang dijamin bikin kamu terpesona dan happy banget kalau bisa menjelajahinya!  

Desa Tenganan, Bali

desa wisata terbaik indonesia

Desa tradisional ini menyimpan kekayaan budaya yang keren banget untuk diselami. Selain itu, Tenganan juga merupakan sebuah desa di mana penduduknya masih memegang teguh adat leluhur mereka. Nggak hanya budaya, bangunan berupa rumah penduduk di sini juga sangatlah unik. Rata-rata, rumah tersebut terbuat dari campuran tanah, batu sungai, hingga batu merah sehingga meninggalkan kesan asri. 

Di Desa Tenganan, kamu juga dapat melihat kain gringsing yang dipercaya bisa menjadi penolak bala. Yang istimewa adalah, kain gringsing merupakan satu-satunya kain yang dibuat menggunakan teknik tenun ikat ganda yang memerlukan waktu 2—5 tahun.

Desa Sade, Lombok Tengah

desa wisata terbaik indonesia

Di Desa Sade, kamu bisa berinteraksi dengan penduduk asli Lombok, yaitu suku Sasak yang masih mempertahankan cara hidup dan keahlian para nenek moyang. Desa ini sendiri memang terkenal dengan kain tenun yang dibuat secara tradisional. Bahkan, kamu bisa melihat langsung proses pembuatannya oleh para ibu di depan teras rumah mereka. 

Uniknya, semua bangunan rumah di desa ini masih sangat tradisional dengan atap rumah yang terbuat dari ijuk, tembok dari anyaman bambu (tanpa paku), dan lantai masih beralaskan tanah. Menariknya, meski penduduk desa menggunakan kotoran kerbau untuk mengepel lantai rumahnya, namun kamu nggak akan mencium aroma busuk dari rumah tersebut. Menurut mereka, melapisi lantai dengan kotoran kerbau dapat membuat rumah jadi lebih hangat dan bebas nyamuk.

Desa Wae Rebo, Flores

desa wisata terbaik indonesia

Desa Wae Rebo berada di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya lumayan terpencil karena berada di balik hutan. Jika berwisata di sana, kamu bisa melihat sisi otentik perumahan Manggarai dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya, termasuk Mbaru Niang, rumah adat tradisional yang berbentuk kerucut dengan arsitektur unik. 

Selain unik, di sekitarnya juga memiliki pemandangan alam perbukitan dan hutan hijau asri berselimut kabut yang memesona. Tempat ini cocok banget buat kamu yang suka bertualang dan mencari hal-hal baru.

Nah, semoga ulasan di atas bisa menjadi inspirasi baru buat tempat liburan kamu selanjutnya! Sebelum berangkat liburan, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo di Pegipegi, ya. Terus, di mana pun kamu berada, yuk, selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak)!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: