Tips

3 cara hemat bujet ke Raja Ampat

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata ‘Raja Ampat’? Alam yang indah tapi (ongkosnya) mahal, ya? Tenang, travelers bisa, kok, mewujudkan keinginan untuk ke Indonesia bagian timur yang eksotis ini tanpa menguras tabungan. Nggak percaya? Simak bocoran dari PegiPegi untuk kamu yang mau tahu cara cerdas traveling ke Raja Ampat dengan budget hemat!

1. Akali tiket pesawat mahal
Pertama, pastikan kamu nggak pergi di saat peak season (akhir pekan, libur nasional, atau harpitnas) karena harga tiket pasti mencekik leher. Selanjutnya, lakukan hal-hal di bawah ini, ya!
– Bergabung menjadi member situs travel agent, seperti PegiPegi.com, follow media sosialnya, dan daftar untuk newsletter untuk dapatkan info terkini. Travelers akan mendapatkan harga spesial untuk booking tiket pesawat dan hotel.
– Tunggu promo spesial yang biasanya diadakan pada momen-momen tertentu. Misalnya, saat kamu berulangtahun, diskon untuk pemegang kartu kredit tertentu, atau saat memperingati hari besar nasional, musim liburan,dan akhir tahun. Sst, di PegiPegi.com promo potongan harga berlangsung sepanjang tahun!
– Datang ke travel fair untuk berburu harga spesial saat beli tiket pesawat, booking hotel, sampai ikutan tur.
– Jika kamu tipe orang yang rela keluar tenaga lebih demi dapat harga lebih murah, coba pertimbangkan rute pesawat transit dibandingkan dengan rute langsung. Misalnya, rute Jakarta-Sorong dibandingkan tarif rute transit Jakarta-Makassar-Sorong. Lebih murah beberapa ratus ribu, bisa jadi modal kamu untuk snorkeling di Raja Ampat, kan.
– Masih sama dengan prinsip di atas, coba bandingkan tarif perjalanan jika kamu memilih berangkat dari bandara sekunder yang biasanya lebih murah—dibandingkan bandara primer. Misalnya, untuk di Jakarta bandara primernya adalah Soetta, dan Halim menjadi bandara sekunder.
– Buat travelers yang berencana pergi rombongan, hindari booking tiket pesawat sekaligus dalam satu kali transaksi. Sistem di website maskapai penerbangan akan mengerucutkan pilihan kamu sesuai jumlah kursi yang kamu minta.
Misalnya, travelers pergi berenam, kemungkinan mendapat enam kursi yang berdekatan akan lebih sulit, maka harga akan lebih mahal. Akali dengan memesan maksimal dua kursi sekaligus, ulangi sampai terbeli semuanya. Akan lebih bagus jika masing-masing orang memesan sendiri, cukup pastikan memilih maskapai dan jadwal yang sama. Duduk berjauhan nggak masalah, justru travelers bisa istirahat lebih tenang untuk ‘menabung’ tenaga sesampainya di tujuan, kan.

journesia.com

journesia.com

2. Bawa ‘pasukan’ sebanyak mungkin
Yang namanya traveling memang paling asyik bareng banyak orang, bisa keluarga maupun teman-teman. Nggak hanya seru, liburan bareng rombongan juga bisa bikin kamu berhemat. Misalnya, saat menyewa mobil dan kapal, atau saat mencari penginapan. Masih bingung mau aja siapa? Coba cara-cara di bawah ini:
– Bergabung dalam komunitas traveling di kotamu. Asyik, kan, ketemu banyak teman baru dengan minat yang sama. Kalau belum kesampaian traveling bareng, setidaknya kamu bisa bertukar informasi, tuh.
– Buat kamu yang masih kuliah, coba ikutan gabung dengan bidang kemahasiswaan pecinta alam di kampus. Biasanya remaja punya rasa antusiasme yang tinggi untuk mengeksplorasi nusantara. Asyiknya lagi, karena masih seumuran, traveling jadi lebih santai dan bebas rasa segan.
– Makin asyik jika traveling bareng orang-orang yang memang kenal kamu sehari-hari. Misalnya, bersama keluarga besar, teman-teman segeng, atau bareng pacar dengan teman-temannya. The more the merrier!

www.backpackerindonesia.com

www.backpackerindonesia.com

3. Wajib jago nawar
Bukan rahasia lagi kalau saat traveling, ada kemungkinan akan berurusan dengan masalah ‘tembak’ harga. Misalnya, saat menyewa kapal, booking penginapan, bahkan saat akan membeli makanan. Kalau sudah begini, urusan tawar-menawar bukan hanya milik perempuan, tapi laki-laki juga harus jago nawar, tuh. Nggak perlu malu apalagi gengsi, namanya juga ingin berhemat.
Misalnya saat akan menyewa kapal, jangan malas survei, biasakan untuk bertanya di beberapa tempat sebagai perbandingan untuk mencari yang termurah. Pastikan juga kamu sudah minta nomor kontak masing-masing pemilik kapal. Begitu dapat yang termurah, langsung hubungi agar nggak keduluan orang lain.
Cara paling mudah dan aman, sebelum kamu berangkat traveling coba tanyakan rekomendasi pada teman-teman yang sudah pernah ke Raja Ampat. Mulai dari transportasi di sana, tempat menginap, sampai tarif sewa perahu termurah. Kasarnya, kamu ke sana nggak ‘buta-buta’ amat, deh.

blog.conservation.org

blog.conservation.org

Bagaimana, ternyata ke Raja Ampat nggak hanya mimpi, kan? Makin nggak sabar berkunjung ke Raja Ampat, buruan pesan tiket di pegipegi.com sekarang juga! Cuma PegiPegi yang berani jamin harga termurah, lho!

(Visited 995 times, 1 visits today)

Comments

To Top