Tips

3 Alasan Orang Tionghoa Merayakan Tahun Baru Imlek

Kebanyakan orang nggak terlalu mengerti makna Imlek dan mengapa orang Tionghoa merayakannya. Bisa jadi, meskipun kamu adalah orang Tionghoa, tapi kamu juga nggak terlalu mengerti. Jangan-jangan yang kamu tahu, Tahun Baru Imlek itu cuma bagi-bagi angpau. Hihihi… Rupanya ada tiga alasan orang Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek. Apa aja sih?

1. Tahun Baru Imlek adalah perayaan budaya

Tahun Baru Imlek

foto dari: detik.com

Mungkin kamu berpikir orang Tionghoa yang merayakan Tahun Baru Imlek harus yang beragama Buddha atau Khonghucu. Tapi, pendapat tersebut tidak terpat, karena Tahun Baru Imlek adalah perayaan budaya, bukan agama. Jadi, apa pun agamamu asalkan kamu Tionghoa, kamu tetap bisa merayakan Tahun Baru Imlek. Soalnya, Tahun Baru Imlek artinya adalah tahun baru yang dihitung berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi. Di luar negeri, Tahun Baru Imlek disebut Chinese New Year, bukan Confusianist, Taoist, atau Buddhist.

Yang menyebabkan orang salah sangka adalah karena Presiden Megawati pernah menetapkan Tahun Baru Imlek sebagai hari raya agama Khonghucu. Karena, di Indonesia hari libur nasional ditetapkan berdasarkan hari raya agama, seperti Natal, Nyepi, Tahun Baru Hijriah, Galungan, dan lain-lain.

2. Sebagai rasa syukur dan harapan rezeki melimpah

Dulu, di China, Tahun Baru Imlek dirayakan oleh para petani setelah melewati musim dingin dan mensyukuri permulaan musim baru, yaitu musim semi. Perayaan Tahun Baru Imlek meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Thian (Tuhan Yang Maha Esa), dan perayaan Cap Go Meh. Tujuan dari sembahyang tersebut adalah sebagai rasa syukur dan harapan agar rezeki melimpah di masa yang akan datang.

3. Sebagai sarana untuk kumpul keluarga

Karena kesibukan sehari-hari, pastinya kita sulit untuk berkumpul dengan keluarga atau saudara jauh. Sehingga, momen Tahun Baru Imlek pun dimanfaatkan untuk istirahat sejenak dari pekerjaan dan berkumpul dengan keluarga. Lewat Tahun Baru Imlek, kita bisa ngobrol soal pengalaman hidup, terutama mengenai apa yang sudah kita alami selama setahun belakangan. Makanya, ketika merayakan Tahun Baru Imlek, biasanya kita dilarang marah atau berkata kasar kepada keluarga.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kalau kamu mendapatkan banyak angpau ketika Tahun Baru Imlek, jangan lupa rencanakan liburanmu selanjutnya! Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi, ya!

cari tiket pesawat murah  cari tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://blog.webcertain.com/

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 1,280 times, 3 visits today)

Comments

To Top