Berita

20 Situs warisan UNESCO tercantik

Setiap tahun, sekitar 25 situs global yang dianggap memiliki nilai luar biasa masuk dalam dastar Situs Warisan Dunia UNESCO. Dan kini, sudah ada lebih dari 1000 situs yang layak kamu kunjungi yang menyebar di seluruh dunia, seperti dikutip CNN Travel.

Tapi, Situs Warisan Dunia mana aja sih yang dianggap sebagai yang terbaik? Simak uraian singkatnya berikut ini:

 

  1. Rapa Nui (Chile)
foto: ashtronort.wordpress.com

foto: ashtronort.wordpress.com

Dikenal juga dengan nama Easter Island atau Hanga Roa merupakan pulau paling terpencil di dunia. Di sini kamu akan mendapati batu ukiran berukuran besar dari abad ke-13 dan 16. Ada lebih dari 800 monumen batu raksasa yang tersebar di daerah pegunungan vulkanis yang menjadi warisan masyarakat Polinesia yang tinggal di sini sekitar tahun 300 setelah Masehi.

 

  1. Valletta (Malta)
foto: extendcreative.com

foto: extendcreative.com

Valetta merupakan ibu kota Malta, yang dibangun dari abad ke-16, di bawah kepemimpinan Order of St. John. Kota ini pada dasarnya memiliki gaya bangunan Baroque, dengan elemen arsitektur Mannerist, Neo Classical dan Modern di beberapa area. Dengan tak kurang dari 320 monumen, menjadikan Valletta salah satu area paling bersejarah di dunia.

 

  1. Yellowstone National Park (Amerika Serikat)
foto: www.tourismprofile.com

foto: www.tourismprofile.com

Yellowstone National Park termasuk salah satu keajaiban alam terbesar di dunia. Kawasan ini juga dikenal sebagai taman nasional pertama di dunia dengan luas mencapai 9.000 km2 dan dikenal sebagai rumah untuk hewan-hewan liar termasuk beruang, serigala dan bison.

 

  1. Angkor, Kamboja
foto: www.telegraph.co.uk

foto: www.telegraph.co.uk

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang Angkor Wat di Kamboja. Ya, Kuil Angkor Wat memang termasuk yang paling terkenal dari kawasan Angkor yang mbentang di lahan seluas 400 km2, termasuk kawasan hutan. Gak hanya itu, di Angkot Thom juga kamu bisa menikmati keindahan Candi Bayon. Kawasan ini termasuk salah satu situs arkeologi paling penting di Asia Tenggara.

 

  1. Acropolis, Yunani
foto: arounddeglobe.com

foto: arounddeglobe.com

Acropolis adalah sebuah benteng kuno yang terletak di atas bebatuan tinggi di atas Athena dan salah satu yang terkenal adalah Parthenon. Meski sempat mendapat serangan besar dari Kekaisaran Byzantium situs ini masih berdiri megah sampai sekarang dan menjadi salah satu destinasi favorit di Eropa.

 

  1. Bagan, Myanmar

Situs ini memang belum secara resmi dikonfirmasi oleh UNESCO, tapi keputusan Myanmar untuk membuka kawasan ini untuk turis membuat kesadaran untuk memproteksi sejumlah monumen di sini kian besar. Kompleks Budha ini berisi lebih dari 2.500 monumen yang dibangun di abad ke-10.

 

  1. Galapagos Island, Ekuador
foto: www.gru.edu

foto: www.gru.edu

Tampaknya wajar pulau ini termasuk salah satu dari situs yang masuk dalam daftar UNESCO sejak 1970-an. Dengan lokasi yang terletak pada pertemuan tiga arus laut, kehidupan laut di sini tetap tidak berubah selama berabad-abad.

 

  1. Goreme National Park, Turki
foto: www.guidedistanbultour.com

foto: www.guidedistanbultour.com

Sebuah kota yang terletak di Cappadocia, kawasan bersejarah di Turki. Gerome National Park sudah masuk daftar Situas Warisan Dunia UNESCO sejak 1985 dan menjadi destinasi wisata turis hingga sekarang.

 

  1. Great Barrier Reef, Australia
foto: www.great-barrier-reef.com

foto: www.great-barrier-reef.com

Rumah bagi lebih dari 3.000 terumbu di lebih dari 600 pulau topikal, Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terluas di dunia, bahkan keindahannya bisa dilihat dari luar angkasa. Meski termasuk salah satu wilayah yang dilindungi, sebuah studi pada 202 menemukan ekosistem kehilangan lebih dari karang sejak 1985 karena perubahan iklim.

 

  1. Hampi, India

Berlokasi diantara perkebunan pisang di timur Karnataka dan sejumlah munumen besar peninggalan kerajaan Hidu terakhir di abad ke-14. Yang menjadi pusat perhatian dari situas ini adalah kandang gajah, Kallina Ratha (Stone Chariot) dan Candi Virupaksha yang menjulang tinggi.

 

  1. Iguazu National Park, Brasil dan Argentina
foto: www.4gress.com

foto: www.4gress.com

Air terjun dengan diameter 300 m dan tinggi mencapai 80 m membentang di perbatasan Argentina dan Brasil. Kawasan ini menjadi rumah bagi berbagai hewan langka seperti jaguar, jaguarundi, tapir Amerika Selatan, Ocelot, trenggiling dan Yacare Caiman.

  1. Los Glaciares National Park, Argentina

Salah satu lapisan es terbesar di luar Antartika, ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan aktivitas glasial.

 

  1. Machu Picchu, Peru
foto: www.travelculturemag.com

foto: www.travelculturemag.com

Tidak ada yang dapat memungkiri keindahan Machu Picchu ini. Yang lebih spektakuler adalah menyaksikan sunrise dengan ketinggian 2.430 m di atas permukaan laut, dikelilingi hutan tropis.

 

  1. Mont-Saint-Michel, Prancis

Desa yang terletak di Pantai Nomandy ini tampak mengapung di atas permukaan laut, terutama saat air laut sedang pasang. Meski kerap dilanda ‘banjir pasir’ desa kecil nan indah ini sudah bertahan sejak abad ke-11.

 

  1. Petra, Yordania
foto: alittleadrift.com

foto: alittleadrift.com

Posisinya sangat strategis diantara Laur Mati dan Laut Merah, Petra pun menjadi ibu kota kerajaan Nabatea dari abad ke-6 sebelum Masehi. Kota ini kemudian dikuasai Kekaisaran Romawi, tapi akhirnya ditinggalkan di abad ke-2 Masehi menyusul bencana gempa bumi yang melumpuhkan sistem pengelolaan air.

 

  1. Piramida, Mesir

Piramida paling terkenal di Mesir dapat kamu temukan di Giza, di luar Kairo. Piramida Khufu di Giza adalah piramida terbesar di Mesir dan termasuk salah satu tujuh keajaiban dunia.

 

  1. Seregeti National Park, Tanzania

Berlokasi di bagian utara Tanzania hingga ke dekat Kenya, safari ini menjadi salah satu tempat migrasi sejumlah hewan di mana sekitar dua juta rusa kutub, zebra dan rusa bergerak mencari padang rumput dan water atau saat mereka dikejar predator.

 

  1. Sigiriya, Si Lanka

Sigiriya juga dikenal sebagai Lion Mountain. Disebut demikian karena cakar raksasa yang diukir di samping tangga yang menuju ke sisa-sisa istana yang dibangun di atas puncak 370 m.

 

  1. Tulum, Meksiko

Reruntuhan Tulum masih terukir canti di tebing setinggi 12 meter sepanjang pantai timur Semenanjung Yucatan di Laut Karibia, negara bagian Meksiko. Tulum adalah salah satu kota terakhir yang dihuni dan dibangun suku Maya.

 

  1. Venezia, Italia

Italia memiliki Situs Warisan Dunia lebih banyak dibandingkan negara lainnya. Salah satu diantaranya yang terkenal adalah Venezia yang ditemukan di abad ke-2 dan dibentuk dari 11 pulau kecil. Dengan gondola sebagai transportasi utama di canal tersebut, Venezia menjadi satu-satunya kota ramah pedestrian di dunia.

Tertarik mengunjungi situs warisan dunia ini? Rencanakan liburanmu dengan matang dengam membeli tiket pesawat di pegipegi.com!

(Visited 2,326 times, 3 visits today)

Comments

To Top