Kuliner

20 Bakmi Terlezat di Jakarta Menurut Food Blogger, Tirta Lie

Buat travelers yang suka banget makan bakmi, pasti nggak asing dengan food blogger bernama Tirta Lie. Uniknya, nggak semua makanan di-review olehnya, namun ia hanya me-review berbagai jenis bakmi. Sudah lebih dari 500 bakmi yang pernah ia coba, tapi nggak semua bakmi mendapatkan bintang lima. Kali ini pegipegi ingin menjabarkan 20 kedai bakmi di Jakarta yang diberi bintang lima oleh Tirta Lie!

1. Baji Pamai

baji pamai

www.qraved.com

Kedai bakmi yang menggunakan bakmi khas Ujung Pandang sebagai bahan utamanya ini memiliki kekuatan di daging pelengkapnya, yaitu daging babi panggang yang lezat. Bakminya juga direbus dengan pas, sehingga mampu menambah kelezatan dari bakmi ini. Kamu bisa menikmati Bakmi Baji Pamai di jalan Boulevard Raya Blok FV 1 No. 29 – 31, Kelapa Gading. Kamu juga bisa mendatangi cabang lain, yaitu di Mal Kelapa Gading, Pasar MOI, atau Ruko Sentra Gading 1 No. 6, jalan Gading Serpong Boulevard. Bujet makan bakmi di sana per dua orang kira-kira Rp 130 ribu*.

2. Bakmi Kepiting Yam Mien 69

bakmi 69

http://tirta-lie.blogspot.co.id/

Di Bakmi 69 Bakmi Sapi dan Bakmi Babat lebih terkenal ketimbang Bakmi Sapi dan Bakmi Ayam Jamur. Banyak pelanggan yang rela datang pagi-pagi sekali untuk mencicipi kelezatan bakmi di Bakmi 69, meskipun banyak kedai bakmi lain yang berada di sekitarnya. Nggak heran kenapa pelanggan tetap setia dengan kedai yang satu ini, soalnya kelezatan bakmi dan keempukan daging sapi dan babatnya benar-benar sempurna. Bumbu olahannya juga pas di lidah! Bakmi 69 berada di Pasar Muara Karang. Bujet makan bakmi untuk dua orang adalah sekitar Rp 70 ribu*.

3. Bakmi Aboen

bakmi aboen

www.foody.id

Buat kamu yang suka banget berkunjung ke Pasar Baru, pasti kenal dengan Bakmi Aboen yang sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Citarasa bakminya yang lezat tentunya nggak lepas dari sang pemilik bernama Aboen yang selalu mengawasi karyawannya saat memasak bakmi. Bukan hanya bakminya yang enak, tapi topping sayuran, daging babi, dan jamurnya juga sangat pas di lidah! Harganya juga masih terjangkau, yaitu Rp 70 ribu* untuk dua orang.

4. Bakmi Afu

bakmi afu

id.openrice.com

Walaupun berlokasi di dalam komplek perumahan (jalan Petojo Sabangan X No. 4, Tanah Abang) yang lebih banyak menyajikan dagangan berupa masakan khas China, tapi Bakmi Ayam di Bakmi Afu tetap jadi juaranya. Selain daging ayam kampungnya empuk, bakmi dan olahaan bumbunya yang pas juga menjadi daya tarik utama dari kedai bakmi yang satu ini. Kisaran harga bakmi di sana adalah Rp 80 ribu* untuk dua orang.

5. Bakmi Ahiung Khas Jambi

bakmi ahiung

www.selerakita.id

Kedai bakmi yang berada di jalan Pinangsia Timur No. 15 ini memiliki bakmi yang disajikan dengan tahu baso, baso ikan, jeroan babi, dan babi chasiu. Sambal yang tersedia sangat pedas, jadi buat yang nggak tahan pedas, sebaiknya gunakan sambal sedikit aja. Kalau mau makan di Bakmi Ahiung Khas Jambi, sebaiknya datang dari pagi, soalnya jam 1 siang, kedainya sudah tutup! Kisaran harganya Rp 80 ribu* untuk dua orang.

6. Bakmi Alok

bakmi alok

icip2kuliner.blogspot.com

Topping bakmi di Bakmi Alok memang hanya menggunakan daging ayam, tapi kelezatannya sungguh istimewa. Soalnya bakminya dimasak dengan rebusan yang pas. Bumbu olahan dan daging ayam kampungnya juga nikmat, sekaligus empuk. Kedai Bakmi Alok berada di jalan K.H. Hasyim Ashari No. 40 dengan kisaran harga Rp 22 ribu – 63 ribu*.

7. Bakmi Bangka 21

bakmi bangka 21

http://tirta-lie.blogspot.co.id/

Semua yang disajikan oleh Bakmi Bangka 21 begitu sempurna. Dimulai dari perebusan bakmi serta pengolahan bumbu yang sangat pas, juga dengan daging pelengkap yang nikmat. Untuk harga pun bisa dibilang ekonomis, yaitu Rp 60 ribu* untuk dua orang. Nggak heran jika kedai ini selalu ramai akan pelanggan, meskipun banyak kedai bakmi lain di sekitar sana.

8. Bakmi Benteng

bakmi benteng

pergikuliner.com

Bakmi Benteng memiliki tekstur bakmi sempurna yang direbus dengan sangat pas, juga pengolahan bumbu yang sangat sesuai dengan bakminya. Lalu disajikan dengan daging pelengkap yang nikmat. Keunikan dari kedai bakmi yang satu ini adalah pelanggan bisa memilih satu dari lima macam daging (daging ayam dan daging babi) yang tentunya disesuaikan dengan harga. Mulai dari bakmi beserta dagingnya, dibuat sendiri oleh sang pemilik. Bakmi Benteng yang berada di jalan Kelapa Kopyor, Kelapa Gading ini memiliki kisaran harga Rp 150 ribu* untuk dua orang.

9. Bakmi Berkat

bakmi berkat

www.bakmi.club

Buat kamu yang mencari kedai bakmi halal yang enak, Bakmi Berkat yang berada di jalan Sunter Indah Raya blok KA No. 14 bisa jadi pilihan. Bakmi di sana bisa di-customize sesuai selera, ada mie kecil keriting, mie karet, mie lebar, kwetiau, atau bihun. Kisaran harga Bakmi Ayam di sana adalah Rp 18 ribu – 24 ribu*.

10. Bakmi Foek

bakmi foek

www.doyankuliner.com

Nilai sempurna diberikan untuk bakmi ini soalnya semua yg disajikan oleh bakmi ini sangatlah lezat di lidah, mulai dari perpaduan bumbu-bumbu, bakmi, serta daging pelengkapnya. Bakmi Foek berada di jalan Kelapa Kopyor Barat 2 Blok CF 1 No. 1, dengan harga hanya belasan ribu rupiah.

11. Bakmi Khek

bakmi khek

www.selerakita.id

Kelezatan bakmi di kedai Bakmi Khek, pastinya nggak lepas dari tangan pemiliknya yang sudah berumur. Meskipun kedainya sederhana, tapi citarasanya luar biasa. Perebusan bakmi serta olahan bumbunya yang pas menjadi kekuatan utama bakmi ini. Bakmi Khek punya cabang yang cukup banyak, ada di Muara Karang, Sawah Besar, dan Kelapa Gading, dengan kisaran harga Rp 60 ribu* untuk dua orang.

12. Bakmi Krekot

bakmi krekot

www.doyankuliner.com

Bahan dasar bakmi di sana adalah Bakmi Ayam Karet. Teksturnya yang kenyal bikin rasa bakmi ini jadi juara! Harga seporsi bakmi di sana adalah Rp 27 ribu* dan porsinya besar. Di sana juga ada cakwe yang bisa kamu makan dengan Bakmi Ayam Karet. Karena kelezatannya, nggak heran jika Bakmi Krekot sudah punya banyak cabang, yaitu di Pasar Baru, Kelapa Gading, Daan Mogot, dan lain-lain.

13. Bakmi Orpa

bakmi orpa

bakmiapp.wordpress.com

Kedai Mi Orpa terletak di jalan Orpa No. 11, namun nama jalan tersebut sudah berubah menjadi Jalan Malaka II. Menu yang harus dicoba adalah Mie Ayam Pangsit. Yang paling menyita perhatian lidah saya adalah pangsit rebus yang disajikan. Berbeda dengan angsit rebus yang biasa ditemui, pangsit rebus di Mi Orpa memiliki kulit yang cukup tipis dan sangat lembut. Ketika memasukkan pangsit ke mulut, seolah potongan pangsit begitu saja menggelincir ke dalam tenggorokan. Selain itu, ayam yang digunakan pada mi juga merupakan ayam kampung yang, sepertinya direbus dengan menggunakan jahe. Jadi, rasa gurih yang pas pun memenuhi mulut ketika menyantap seporsi Mi Orpa. Harga mi di sini pun cukup mahal, untuk satu kali makan, kamu harus menyiapkan uang setidaknya Rp40.000,-

14. Bakmi Sui Sen

bakmi suisen

mampir.in

Bakmi Sui Sen merupakan salah satu bakmi generasi kedua yang cukup lumayan lama berdagang di daerah Pasar Baru setelah Bakmi Aboen, Bakmi Soen Yoe, dan Bakmi Gang Kelinci yang dapat dikatakan sebagai kedai bakmi legendaris di Pasar Baru. Bakmi yang mempunyai beberapa cabang di Jakarta ini mempunyai keistimewaan di bakminya yang tipis dan sangat lezat. Pengolahan bumbu yang pas juga merupakan salah satu keunggulan dari Bakmi Sui Sen. Di sana pelanggan dapat memilih daging pelengkap bakmi dengan memilih daging ayam, daging babi panggang, dan daging babi merah (cashiu).

15. Bakmi Terang Bulan

bakmi terang bulan

placetogoandeatcomblog.wordpress.com

Bakmi Terang Bulan awalnya terkenal di Palembang, tapi ini sudah buka cabang di Gading Serpong karena kelezatannya. Topping bakmi yang bisa kamu pilih di sana adalah babi cincang atau ayam kampung. Bukan cuma daging dan bakminya yang lezat, tapi kuahnya juga. Sambal khasnya juga recommended untuk dicoba. Jika penasaran, langsung aja datang ke Ruko Beryl 2, jalan Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang (sebelah Bubur Ayam Serpong). Kisaran harga bakmi di sana adalah Rp 85 ribu* untuk dua orang.

16. Bakmi Yong Yam

bakmi yong yam

www.foody.id

Di Pontianak, Bakmi Yong Yam sangat terkenal karena sudah beroperasi dari tahun 1920-an dan sejak beberapa tahun lalu, Bakmi Yong Yam sudah buka cabang di Jakarta, tepatnya di jalan Mangga Besar Raya No. 116 A (depan RS Husada). Bukan hanya penampilannya yang menggoda selera, tapi rasanya juga mantap. Semua terasa pas di lidah, mulai dari bakmi, bumbu, dan daging pelengkapnya. Berbeda dari kedai bakmi kebanyakan, Bakmi Yong Yam menyediakan udang sebagai daging pelengkap. Harganya juga terjangkau di kantung, yaitu Rp 50 ribu* untuk dua orang.

17. Cliff Noodle Bar

cliff noodle bar

www.zomato.com

Kalau suka dengan bakmi khas Siantar, kamu bisa mampir ke Cliff Noodle Bar, di jalan Mandara Indah 4 Blok D No. 1, Pantai Indah Kapuk (sebrang Sekolah Bina Bangsa). Bakminya terbuat dari tepung terbaik dan tanpa bahan pengawet, sehingga bakmi terasa segar. Beberapa bakminya terbuat dari bahan yang sehat, seperti mie hijau yang terbuat dari tepung yang diberikan pewarna dari sayur Caisim, sedangkan mie hitam terbuat dari tepung yang dicampurkan dengan bubuk arang Takesumi yang berguna untuk detoks tubuh. Bumbu olahannya nggak mengandung MSG atau micin, tapi memakai saus tiram dan bumbu-bumbu lain yang menyehatkan. Daging pelengkap pun diolah dengan sangat baik. Kisaran harga bakmi di sana adalah Rp 80 ribu* untuk dua orang.

18. Bakmi Furama

bakmi furama

http://tirta-lie.blogspot.co.id/

Buat penggemar Chinese food, pasti nggak asing dengan resto Furama (jalan Hayam Wuruk No. 45) yang jadi legenda resto khas China di Jakarta. Bukan hanya bakmi, tapi resto ini juga menyediakan menu lain, seperti dimsum, bubur, dan lain-lain. Bakmi yang wajib dipesan di Furama adalah Bakmi 2 Macam BBQ Furama yang menggunakan mie Hongkong tipis yang direbus dengan sangat pas, lalu dipadukan dengan daging babi panggang, sobak, dan chasiu. Bumbu olahannya juga terasa pas di lidah. Harganya cukup mahal yaitu sekitar Rp 250 ribu* untuk dua orang, tapi dijamin puas!

19. Mie Zhou

mie zhou

www.tripadvisor.co.id

Ada sembilan jenis bakmi di Mie Zhou ini, yang paling menarik adalah Bakmi Dan Dan, karena bakminya unik dan memiliki cara makan yang menarik. Yaitu, bakmi bisa dimakan dengan cara biasa atau kering, soalnya bakmi sudah diberikan bumbu dan daging pelengkap. Bakmi juga bisa dimakan dengan dicampurkan bersama kuah bakmi yang pedas (mirip seperti ramen) dan bakmi bisa dimakan dengan kuah pedas, tapi dengan cara dicelupkan ke dalam kuah pedas aja. Bakmi di Mie Zhou juga nggak mengandung bahan pengawet dan tanpa air abu. Kedai Mie Zhou berada di jalan Boulevard Raya Utara Blok RA 1 No. 12, Kelapa Gading dengan kisaran harga Rp 100 ribu* untuk dua orang.

20. Top Yammie

top yammie

qraved.com

Sesuai dengan namanya, Top Yammie memang bakmi yang sangat top akan kelezatannya. Semua yang ditampilkan sangatlah sempurna. Bakminya direbus dengan sangat pas, pengolahan bumbu, daging, dan daging pelengkap (chasiu dan siobak) juga sangat pas. Seporsi bakmi di sana dikenakan harga hampir Rp 50 ribu*. Kamu bisa coba makan bakmi ini di jalan Labu No. 5.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu yang berada di luar Jakarta dan ingin merasakan kelezatan bakmi di 20 kedai tersebut, kamu bisa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta lewat pegipegi.com. Jangan lupa cari hotel murah di Jakarta juga, ya!

*Harga berlaku saat artikel dibuat
(Visited 10,754 times, 38 visits today)

Comments

To Top