Berita

2 Makna ‘Puasa’ di Tengah Pandemi

mudik di tengah pandemi

Ramadan tahun ini umat muslim akan menjalankan ibadah puasa sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Ibadah lain seperti tarawih juga masih akan dikerjakan walau tidak dilakukan secara berjamaah di masjid. 

Namun, ada kegiatan atau tradisi yang biasa dilakukan setiap tahun yang diimbau atau dianjurkan pemerintah untuk tidak dilakukan terlebih dahulu tahun ini. Mudik menjadi hal yang akan absen di tahun ini. 

Puasa menahan nafsu

Puasa Ramadan mengajarkan umat muslim untuk dapat menahan hawa nafsu. Selama satu bulan penuh, menahan untuk tidak makan, tidak minum, tidak marah, tidak berkata kasar, dan tidak melakukan hal-hal buruk lainnya agar selanjutnya dapat menjadi kebiasaan baik setelah Ramadan berakhir. 

Maka seringkali kita mendengar pada saat Lebaran disamakan dengan hari kemenangan. Hal ini merujuk pada individu yang berhasil menang mengalahkan hawa nafsu mereka. Sehingga Lebaran menjadi momen untuk bersukacita yang patut untuk dirayakan bersama keluarga. 

Mudik menjadi representasi akan kebutuhan untuk merayakan Lebaran bersama sekaligus melepas rindu setahun penuh. 

Puasa mudik melawan Corona

Akan tetapi, tahun ini kita menghadapi situasi yang tidak biasa. Situasi yang belum pernah kita hadapi di mana seluruh negara di dunia memiliki satu musuh yang sama, Corona. 

Di tengah situasi seperti ini, kita perlu memikirkan dampak yang diakibatkan kalau kita mudik. Dampak yang lebih banyak keburukannya ketimbang kebaikannya. 

Maka dari itu, puasa mudik menjadi solusi bagi kita semua. Walau Ramadan kali ini berbeda, maknanya tetap sama. Fitrah menjadi tujuan bersama, keselamatan tetap yang utama. Saat bertemu tidak harus bertamu, saat kita harus merdeka dari celaka saat itu kita semua menang. 

Bulan Ramadan menjadi perumpamaan yang tepat untuk kita mempraktikkan kedisiplinan kita untuk berpuasa mudik, berpuasa untuk tidak keluar rumah. Dengan begitu, kita bersama dapat membuat situasi normal kembali lebih cepat dan ketika waktu itu tiba, kita dapat kembali traveling bertemu dengan keluarga terkasih.

Jika waktu itu tiba dan kamu sudah siap untuk traveling kembali, cek tiket transportasi dan akomodasi kamu di Pegipegi. 

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top