Kuliner

15 Kuliner Enak di Sepanjang Jalur Pantura yang Harus Kamu Coba!

Mudik merupakan kegiatan menyambut Lebaran yang seru, sekaligus melelahkan. Apalagi jika kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi. Menghadapi perjalanan yang panjang, pastinya kamu bakal mengalami lapar yang luar biasa. Untuk mengatasi rasa lapar, tentunya kamu butuh menyantap kuliner enak. Jika kamu mudik melewati jalur Pantura (Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan), kamu nggak perlu khawatir akan kelaparan. Karena, di sepanjang jalur itu, banyak kuliner enak yang harus kamu coba!

Cirebon:

1. Sega Jamblang Mang Dul

Sega Jamblang Mang Dul buka sejak subuh. Biasanya, menjelang makan siang sudah habis. Lokasinya ada di jalan DR. Cipto Mangunkusumo, seberang Grage Mall, daerah lampu merah Gunung Sari, di deretan ruko, dan nggak jauh dari ATM BCA. Menu favoritnya tentu Nasi Jamblang, nasi dalam porsi kecil seperti nasi kucing. Bedangnya, nasinya dibungkus daun jamblang atau daun jati. Lauk yang jadi trade mark Sega Jamblang adalah sambal goreng, sate kentang, semur tahu kulit, ikan asing jambal roti, dadar telor kampong, perkedel kopong, dan terik daging/ati. Rasanya enak dan Indonesia banget!

nasi jamblang

www.kabarkuliner.com

2. Empal Gentong Mang Dharma

Empal gentong mirip gule daging. Bedanya, yang disuguhkan bukan hanya daging tapi juga jeroan, yang semuanya dimasak di dalam kuali atau gentong yang terbuat dari tanah liat. Empal gentong biasanya dengan potongan lontong dan rasa pedasnya diperoleh dari bubuk cabe kering yang benar-benar pedas!

Lokasi Empal Gentong Mang Dharma bisa ditempuh dari lampu merah Grage Mall. Bila kamu datang dari arah timur (Jakarta), kamu bisa belok ke kiri, lurus terus, lalu belok ke kanan. Persis di lengkung jalan menuju tikungan terdapat Empal Gentong Mang Dharma, yang tepatnya beralamat di jalan Slamet Riyadi No. 1, Krucuk.

empal gentong

www.empalgentongkrucuk.com

3. Bubur Sop Mang Kapi

Bubur Sop Mang Kapi merupakan salah satu tempat makan legendaris di Cirebon. Jam dagangnya dimulai dari malam hingga pukul 03.00 WIB! Lokasinya juga nggak jauh dari Grage Mall. Susuri terus aja jalannya ke arah rel Apotik Salamander. Sebelum jembatan, di sebelah kiri jalan ada Bubur Sop Mang Kapi yang tepatnya berada di jalan Karanggetas, Kejaksan. Bubur sop di sana unik karena disajikan dengan kuah yang sudah diberi tauco.

bubur mang kakpi

food.detik.com

4. Mie Koclok Hotel Slamet

Mie Koclok Hotel Slamet buka pada malam hari. Kedai ini berada di halaman Hotel Slamet (jalan Siliwangi No. 95), yang berada di seberang jalan menuju Stasiun Kejaksan Cirebon. Mie koclok disajikan dengan tauge dan irisin tipis telur rebus. kKuahnya putih kental mirip sate padang.

mie koclok

jejak-bocahilang.com

Brebes:

5. Telur Asin Alun – alun

Memasuki Kota Brebes, persis setelah jembatan yang menuju Alun-alun Brebes ke arah Tegal, sepanjang jalannya, di kanan dan kiri ada banyak pedagang yang berjualan telur asin dan bawang merah. Telur asinnya dimasak dengan cara beragam, ada yang direbus, bahkan diasap. Tapi telur asin rebus tetap jadi pilihan yang paling pas. Kamu juga bisa beli telur asin mentah di sana untuk dimasak di rumah.

telur asin alun2

www.wisatamudik.com

Tegal:

6. Sate Kambing Wendy’s

Kalau mampir ke Tegal, nggak bakal lengkap rasanya kalau nggak makan sate kambing! Sate kambing yang berada di jalur mudik adalah Sate Wendy’s yang berada di Pasar Sore (jalan Letjend Suprapto No.59). Kedai ini baru dibuka pada jam Azhar (sekitar pukul 15.00 WIB), tapi biasanya sudah habis pada pukul 20.00 WIB. Selain sate kambing, kamu juga bisa cobain sop kambing dan gulenya. Minumnya tentu aja teh poci dengan gula batu.

wendys

www.ditegal.com

7. Rujak Teplak Mitra

Rujak teplak itu seperti pecel. Isinya terdiri dari berbagai sayuran. ada bayam, kangkung, kecipir, tauge, pare, timun, jantung pisang, daun losdro, kembang turi, dan sayur lain yang jarang kamu temui di Jakarta. Biasanya ada ekstra tahu acinya. Sedangkan, olahan bumbu teplak terdiri dari singkong yang dicampur dengan bumbu cabai. Rasanya tentu aja enak! Jika takut kepedasan, kamu bisa menetralisir rasa pedas dengan bumbu kelapa rebus. Rujak Teplak Mitra berada di jalan HOS Cokroaminoto Tegal.

teplak-pincuk

tikawe.com

8. Sauto Tauco Pasar Senggol

Sauto beda dengan soto biasa. Sauto adalah soto yang menggunakan bumbu tauco. Boleh pilih sauto ayam, babad, atau campur keduanya. Boleh disajikan dengan nasi atau lontong. Menu ini disajikan dengan mangkuk kecil. Sambalnya sambal kecap plus rawit dan cocok dimakan dengan tahu goreng tepung atau sate kambing. Sauto Tauco Pasar Senggol berada di belakang pos polisi yang ada di Alun-alun Masjid Agung Tegal.

sauto

rudysalam18.blogspot.com

9. Kupat Glabed Pak Machali

Kupat glabed adalah potongan lontong yang disiram kuah kental mirip kuah sate Padang, tapi rasanya lebih light lagi dari kuah mie koclok. Di kuahnya ada lembaran-lembaran mie sedikit dan potongan tempe kecil-kecil. Makan menu ini bisa ditemani sate bukur, yaitu sate kerang bumbu kelapa. Rasa pedas kupat ini diperoleh dari ulekan cabe rawit yang sudah direbus. Kupat Glabed Pak Machali berada di Alun-alun PJKA tegal dan buka hingga pukul 02.00 WIB.

kupat

tegal-kota-bahari.blogspot.com

10. Sega Lengko Pi’an & Bu Tuti

Sega Lengko Pi’an & Bu Tuti berada di depan Stasiun Besar Tegal, tepatnya di jalan Tentara Pelajar. Nasi lengko di sana cuma berupa nasi yang diberi irisan tempe atau tahu, irisan ketimun, tauge, terus disiram bumbu kacang, dan kecap. Di atasnya ditaburipotongan daun kucai dan kerupuk mie. Sederhana memang, tapi rasanya luar biasa!

nasi lengko

cariarah.com

 

11. Tahu Aci Murni

Tahu Aci Murni berada di jalan Diponegoro, seberang Toko Buku Makmur. Cuma tahu goreng kuning biasa sih, yang bentuknya segitiga, tapi di atasnya ada aci atau semacam cireng. Bakal lebih mantap rasanya jika makannya dicocol sambal kecap!

aci murni

www.ditegal.com

12. Klepon Gajah Mada

Menurut para wisatawan, Klepon Gajah Mada memiliki rasa yang lebih enak ketimbang klepon lainnya. Kedai klepon ini berada di jalan Gajah Mada, nggak jauh dari lampu merah Hotel Susana. Klepon Gajah Mada dibuka sejak Azhar (sekitar pukul 15.00 WIB) dan sudah habis di pukul 19.00 WIB.

klepon gajah mada.jpg-large

twitter.com

13. Warung Miraos

Warung Miraos buka selama 24 jam, di segala musim dan momen. Jadi, meskipun hari besar, Warung Miraos tetap buka. Warung ini berada di jalan Ridwan Rais No.104, Beji dan menjual semua makanan khas Tegal, seperti sauto, lengko, sega ponggol, mendoan, pisang penyet, nasi sop kampung tegalan, dan lain-lain.

miraos

darinegeripoci.wordpress.com

Pemalang:

14. Soto Gombyang H. Warso

Menu andalan di Soto Gombyang H. Warso yang berada di jalan RE Martadinata, Pemalang, tentu aja adalah nasi grombyang dan sate kerbau. Kamu bakal langsung melihat si pelayan segera meracik nasi grombyang. Mulai dari mengulek cabai rebus (jumlahnya disesuaikan dengan pesanan pembeli) di dasar mangkuk, lalu menambahkan nasi, kemudian disiram kuah hitam pekat beserta potongan-potongan daging yang cukup besar. Lalu ditaburi bawang goreng dan beberapa sendok kuah pekat berbahan dasar kelapa parut sangrai, semuanya diracik dalam mangkuk kecil (sebesar mangkuk soto kudus).

warung warso

www.tripadvisor.co.id

Pekalongan:

15. Nasi Kebuli di RM Puas

Rumah Makan Puas adalah rumah makan yang sangat terkenal di Pekalongan, terletak di jalan Surabaya yang lebih terkenal dengan sebutan kampung Arab. Nasi kebuli di sana juara banget rasanya! Selain itu, masih ada nasi tomat, sop sumsum, dan lain-lain. Kalau mau makan di sini, sebaiknya jangan terlalu malam karena pukul 20.00 WIB, kedainya sudah ditutup karena habis!

nasi kebuli

slowtravelid.blogspot.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Selain merekomendasikan banyak kuliner enak yang bisa kamu santap selagi mudik, kamu juga bisa beristirahat di hotel-hotel yang berada di jalur mudik, seperti Cirebon, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan yang bisa dipesan lewat pegipegi.com! Selamat mudik!

cari hotel murah di cirebon cari hotel murah di tegal  cari hotel murah di pemalang cari hotel murah di pekalongan

 

 

 

(Visited 14,009 times, 25 visits today)

Comments

To Top