Destinasi

14 Taman Hiburan Keluarga Terfavorit di Indonesia!

taman hiburan keluarga di indonesia

Akhir pekan ini berencana mengajak si kecil jalan-jalan, tapi bingung mau ke mana? Daripada ke mall, akan lebih seru jika menghabiskan waktu dengan berkunjung ke taman hiburan keluarga. Banyak wahana permainan yang dapat mendorong keberanian anak, melatih keterampilan motorik, hingga mengasah kreativitasnya. Dijamin, deh, anak-anak akan ceria sepanjang hari. Nah, dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni, Pegipegi telah merangkum rekomendasi taman hiburan keren yang tersebar di beberapa kota untuk tujuan liburan mendatang. Berikut list lokasinya!

Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @ancoltamanimpian

Ancol adalah tempat wisata yang cocok buat kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama orang tersayang. Tempat wisata bermain ini bisa untuk semua kalangan dan usia, kok. Area di Ancol sangat luas, jadi kamu bisa memilih background foto dengan tema yang berbeda. Wahana yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Pasar Seni, Stasiun Gondola, dan Sea World. Kalau ingin membuat kesan romantis pada foto, kamu bisa foto-foto cantik di sana menjelang sunset. Juga, berfoto di jembatan atas laut menuju Le Bridge Restaurant yang terlihat sangat memesona pada momen matahari terbenam

Alamat: Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara
Buka:  Setiap hari, pukul 06.00-22.00 WIB

J-Sky Ferris Wheel JGC

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @aeonmall_jakartagardencity

Tertarik mengajak si kecil menaiki bianglala? Jika iya, kamu bisa datang ke area rooftop di AEON MALL Jakarta Garden City untuk menemukan J-Sky Ferris Wheel. J-Sky Ferris Wheel memiliki 32 kabin yang terdiri dari dua kabin karaoke, enam kabin untuk makan malam, 22 kabin biasa, dua kabin sofa, dan satu kabin untuk penyandang disabilitas. Selain menyuguhkan pemandangan kota yang memesona, di sini kamu juga akan ditantang untuk merasakan sensasi menegangkan saat menaiki bianglala. J-Sky Ferris Wheel ini adalah bianglala tertinggi se-Indonesia, loh, dengan tinggi mencapai 69 meter. Untuk merasakan serunya short getaway di salah satu tempat wisata hits Jakarta ini, kamu perlu membayar tiket masuk Rp50 ribu* per orang (weekday) dan Rp60 ribu* per orang (weekend).

Buka: Setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB
Alamat: AEON MALL Jakarta Garden City, Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur

Bandung

Trans Studio Bandung

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @transstudio.bandung

Jalan-jalan ke taman hiburan memang paling asyik sama keluarga. Nah, kalau kamu sedang atau akan ke Bandung, jangan lupa mengunjungi Trans Studio Bandung. Salah satu kelebihan tempat wisata ini dibandingkan tempat lainnya, kamu bisa mencoba semua wahana permainan dalam ruangan, tepatnya di dalam area Trans Studio Mall -dulu Bandung Supermall-.  Selain itu, ada Lost City, sebuah spot unik yang ditata menyerupai keadaan alam bebas dan dimeriahkan dengan wahana adventure, seperti Jelajah dan Sky Pirates. Ada lagi Magic World, spot di Trans Studio Bandung yang mengangkat tema horor, atau Dragon Riders kalau ingin tahu rasanya bertualang sambil naik naga.

Alamat: Gatot Subroto No. 289A, Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung
Buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

Dago Dreampark

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @dagodreamparkofficial

Terletak di kawasan Dago Giri, Dago Dreampark menawarkan banyak wahana menantang. Berada di atas tanah seluas satu hektare, Dago Dreampark juga sekaligus menyuguhkan spot-spot cantik untuk mengabadikan foto lewat lensa kamera. Satu lagi yang menarik perhatian wisatawan, yaitu Rumah Balon yang mirip banget seperti latar film UP. Berada di sisi tebing, rumah terbang ini kerap dijadikan objek foto bagi para muda-mudi. Ingin sesuatu yang lebih menantang? Ada! Kamu bisa menaiki wahana Permadani Terbang di atas ketinggian 20 meter dengan latar panorama hutan pinus.

Alamat: Dago Giri Km. 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB.

D’ Dieuland

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @d.dieuland

Nama wisata ini berasal dari bahasa Sunda, di dieu yang berarti ‘di sini’. Maksudnya, di sinilah kamu bisa melihat pemandangan alam menakjubkan yang dikelilingi dengan hijaunya pegunungan. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp10.000* per orang, kamu dapat mencoba berbagai wahana permainan, aktivitas outdoor, dan beberapa spot foto Instagenic. Di antaranya, bangunan kastil khas Eropa yang bernama Dago Bakery Punclut. Di bangunan ini, kamu bisa foto dengan latar belakang ala kastil klasik Eropa sambil menyantap lezatnya hidangan. Lalu, ada spot skywalk -jembatan yang menghubungkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya-. Buat kamu yang suka bertualang, terdapat wahana outbound dan hammock untuk bersantai sambil menikmati suasana pegunungan.

Alamat: Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB

Bogor

The Jungle Waterpark

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber; IG @thejunglebogor

The Jungle Waterpark, tempat rekreasi hits di Bogor yang menawarkan wahana bermain air untuk semua kalangan dan usia. Sejak awal dibangun, objek wisata The Jungle mengusung konsep taman bermain dengan latar panorama alam yang hijau. Kamu bahkan bisa main air sambil melihat view Gunung Salak, loh. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai jenis atraksi menantang, seperti Slide Pool, Racer Slide, Spiral Slide, dan Tube Slide. Bagi yang membawa serta anak-anak, pastikan area tempat mereka bermain memang aman, ya.

Alamat: Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

JungleLand Adventure Theme Park

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @jungleland.indo

JungleLand merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang selalu ramai setiap akhir pekan. Kebanyakan pengunjung adalah warga asli Bogor yang bertujuan mengajak anak-anak liburan singkat tanpa harus ke luar kota. Taman hiburan ini termasuk yang terbesar di Indonesia, terdiri dari empat zona. Kamu bisa mencoba lebih dari 37 wahana permainan, di mana masing-masingnya memiliki rangkaian tikungan yang unik. Beberapa wahana yang populer antara lain, Bumper Car, Mini Swinger, Kiddy Land, Magic Bike, Boat Blaster, dan Circus Train.

Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungle Land No. 1, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Buka: Senin-Kamis, pukul 10.00-17.00 WIB dan Sabtu-Minggu, pukul 09.00-18.00 WIB

Cimory Dairyland Puncak

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @cimorydairyland.puncak

Dibuka sejak Mei 2021, spot wisata milik Cimory ini mengusung konsep leisure park. Lokasinya di kawasan Megamendung, Bogor. Banyak fitur wisata yang asyik dicoba bersama keluarga, terutama si kecil. Seperti taman bermain, Cow Milking, Horse Riding, Tour de Farm, dan Magic Village. Sambil bermain, kamu bisa ajak anak-anak mengenal ragam jenis hewan lebih dekat sekaligus membangun keberaniannya. Jangan lewatkan juga berfoto ria di replika rumah Hobbit sebagai kenangan-kenangan dari keseruan liburan di Cimory Dairyland Puncak.

Alamat: Jalan Raya Puncak Gadog, Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor
Buka: Setiap hari, pukul 07.30-17.00 WIB

Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @skedupark

Nah, buat kamu yang belum tahu, Yogyakarta juga punya taman bermain yang menarik, loh. Menikmati wahana-wahana atraktif di taman bermain memang lebih menyenangkan kalau ditunjang dengan udara sejuk, seperti di destinasi wisata seluas tujuh hektare ini. Sindu Kusuma Edupark menawarkan belasan wahana yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu wahana indoor dan outdoor. Setiap wahana dikenakan biaya masuk tambahan di luar harga tiket masuk objek wisata. Menariknya, sebagian nama wahana di Sindu Kusuma Edupark menggunakan bahasa Jawa. Tidak ketinggalan, kamu harus mencoba naik Cakra Manggilingan, yaitu wahana bianglala setinggi 48 meter. Seru, kan?

Alamat: Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Semarang

Saloka Theme Park

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @salokapark

Buat warga Semarang dan sekitarnya, daripada liburan dihabiskan di rumah saja, mending berkunjung ke Saloka Theme Park, yuk! Taman hiburan dan rekreasi terbesar se-Jawa Tengah ini menghadirkan 25 wahana yang telah bersertifikasi CHSE. Jadi, tingkat keamanannya terjamin! Uniknya, destinasi wisata di Semarang ini mengusung konsep kearifan lokal berdasarkan legenda rakyat Baru Klinting. Saloka Theme Park dibagi menjadi lima zona, yaitu Pesisir, Balalantar, Kamayayi, Ararya, dan Segara Prada. Di zona Pesisir kamu akan disambut dengan suasana pantai, Balalantar merupakan zona hutan, Kamayayi adalah zona anak-anak, Ararya dikhususkan bagi kamu yang suka wahana ekstrem, sedangkan Segara Prada terdiri dari zona santai dan kuliner.

Alamat: Jalan Fatmawati No. 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang
Buka: Setiap hari, pukul 10.00-19.00 WIB

Malang

Jatim Park Malang

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @jatimparksatu

Dikelola oleh Jawa Timur Park Group, Jatim Park di Malang merupakan sebuah kompleks taman rekreasi yang sangat megah. Resmi dibuka pada 2001 lalu, Jatim Park memiliki tiga sub kompleks; Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Setiap kompleks menawarkan jenis wahana rekreasi yang berbeda, loh. Mulai dari taman hiburan, kebun binatang, hingga museum bersejarah dapat dinikmati bersama keluarga di sini. Layaknya Disneyland di Hongkong, Jatim Park 1 menawarkan banyak sekali wahana permainan yang seru. Antara lain, Superman Coaster, Waterboom, Science Center, Volcano Coaster, Sky Ride, Flying Tornado, dan Dragon Coaster. Sedangkan di Jatim Park 2 dan Jatim Park 3, kamu bisa menikmati zona fauna seperti zona Akuarium (koleksi binatang reptil, air tawar dan air laut), zona Savana (hewan-hewan khas Afrika) hingga museum binatang.

Alamat:
Jatim Park 1: Jalan Kartika No. 2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang. Buka setiap hari, pukul 08.30-16.30 WIB.
Jatim Park 2: Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang. Buka setiap hari, pukul 09.30-17.30 WIB.
Jatim Park 3: Jalan Ir. Soekarno No. 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Malang. Buka setiap hari, pukul 11.00-20.00 WIB.

Bali

Waterbom Park Bali

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @aroundworldholidays

Sebagai salah satu kota wisata favorit, Bali juga memiliki taman hiburan keluarga yang keren. Namanya, Waterbom Park Bali. Taman rekreasi ini didominasi dengan wahana air untuk berbagai usia. Juga, ada kolam renang dengan kedalaman berbeda-beda sehingga bisa menyesuaikan tinggi badan anak-anak. Setelah bermain air, biasanya perut akan keroncongan. Nah, kamu bisa bersantap di restoran dan cafe kekinian yang masih berada di kawasan Waterbom Park Bali. Untuk menikmati semua keseruan itu, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp200 ribuan* per orang. Kalau ingin lebih hemat, bisa memilih tiket family pass.

Alamat: Jalan Kartika Plaza, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-18.00 WIB

Bali Safari & Marine Park

taman hiburan keluarga di indonesia
SUMBER: IG @BALISAFARI (@JODILEEWARWICK)

Sudah tiba di Bali, yuk, ajak keluarga dan anak-anak berkunjung ke Bali Safari and Marine Park! Tempat konservasi satwa ini berada di Desa Serongga, Kabupaten Gianyar, Bali. Berlokasi dekat pantai, tempat wisata di Pulau Dewata ini bisa ditempuh dalam waktu 40 menit berkendara dari Kota Denpasar. Sama halnya dengan Taman Safari di Cisarua, di sini kamu akan dibawa ke hutan buatan laksana habitat aslinya menggunakan jungle train. Selama di sini, kamu bisa merasakan layaknya sedang menjelajahi hutan sungguhan untuk melihat aneka satwa dari dekat.

Alamat: Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Medan

Mikie Funland 

taman hiburan keluarga di indonesia
Sumber: IG @mikiefunland

Terakhir, kita melipir ke Pulau Sumatra, tepatnya di Kota Medan. Ada satu taman hiburan keluarga yang terkenal di kota ini dan tidak kalah keren dari taman bermain di kota-kota besar lainnya. Mikie Funland, namanya. Berada di kawasan puncak Berastagi, Mikie Funland menghadirkan lebih dari 35 wahana untuk berbagai usia. Di antaranya, Tsunami, Bon Voyage, Buzz Coaster, Kid Ride, Dolphin Bay, Sea Monster, dan masih banyak lagi. Kalau ingin mengisi perut keroncongan setelah seru-seruan bermain wahana, kamu bisa singgah ke food court maupun restoran yang masih berada di area Mikie Funland. Untuk tiket masuknya yaitu sekitar Rp80 ribu hingga Rp100 ribu* per orang.

Alamat: Jalan Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara
Buka: Sabtu dan Minggu, pukul 10.00-17.00 WIB

Itulah rekomendasi taman hiburan keluarga terfavorit di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat akhir pekan maupun momen libur panjang anak sekolah. Bagi yang berada di luar kota dan ingin datang ke salah satu tempat rekreasi di atas, kamu bisa pesan dari sekarang tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus & travel, dan hotel di sekitarnya hanya di Pegipegi. Dapatkan juga harga spesial dengan promo Pegipegi setiap bulannya. Saatnya #PegipegiLagi #PegipegiYuk dengan lebih mudah dan hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS & TRAVEL PESAN HOTEL

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store untuk memudahkan transaksi kamu.

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: