Destinasi

10 Tempat Ngabuburit Seru di Yogyakarta yang Wajib Kamu Datangi!

Jika kamu berencana untuk liburan ke Yogyakarta dalam waktu dekat dan sedang berpuasa, sekalian aja ngabuburit di beberapa tempat seru di sana! pegipegi punya rekomendasi 10 tempat ngabuburit seru di Yogyakarta yang bikin puasa kamu jadi fun dan kamu bakal lupa sama rasa lapar. Di mana aja nih, tempatnya?

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro sepertinya bakal jadi favorit para wisatawan dari masa ke masa dan nggak bakal ada kata bosan meskipun kamu sudah sering ke sana. Suasananya yang eksotik dan Jawa banget, bikin kamu betah jalan kaki di sana, sekaligus lihat-lihat barang unik yang dijajahkan di sekitarnya. Bakal lebih seru sih, jika kamu memang punya tujuan cari batik, cindermata, atau barang unik lainnya. Di sekelilingnya juga banyak banget penjual makanan, baik resto maupun kaki lima, sehingga kamu nggak akan kesulitan menemukan makanan untuk buka puasa.

Malioboro

anekatempatwisata.com

2. Pasar Dadakan di jalan Kaliurang

Pasar Dadakan di jalan Kaliurang hanya dibuka saat bulan Ramadhan. Di sana, kamu bakal menemukan banyak takjil dan makanan khas puasa. Yang bikin seru adalah keseruan berebut takjil di Pasar Dadakan! Pasar ini nggak hanya menjual takjil dan makanan khas puasa, tapi juga menjual makanan dari luar daerah, bahkan luar negeri. Harga makanan di sana pun terjangkau dan nggak bakal menguras kantung.

pasar dadakan

jogja.semberani.com

3. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman menjadi daya tarik umat Muslim yang berkunjung ke Yogyakarta, terutama yang sedang menunaikan ibadah puasa dan ingin ngabuburit di sana. Soalnya, tempatnya sangat adem dan nyaman. Di sana kamu bisa berzikir, baca Al-Quran, atau sekadar mengobrol dengan teman. Setiap hari Kamis saat bulan puasa, pengunjung yang datang ke sana biasanya selalu dibagikan takjil berupa gulai kambing.

masjid gedhe kauman

www.masjidjogja.com

4. Kampung Ramadhan Kauman

Nggak jauh dari Masjid Gedhe Kauman, terdapat Kampung Ramadhan Kauman yang dikenal sebagai salah satu peradaban Islam di Yogyakarta. Setiap bulan Ramadhan, kampung ini mengadakan bazaar dengan menjual berbagai macam makanan dan minuman untuk buka puasa. Sama seperti Pasar Dadakan, di Kampung Ramadhan Kauman, kamu akan menemukan sensasi berebut makanan dan minuman untuk buka puasa!

Kampung-Ramadhan-Kauman

www.anekawisata.com

5. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung Ramadhan Jogokaryan juga jadi favorit warga Yogyakarta untuk ngabuburit. Di sana pengunjung juga bisa borong makanan dan minuman untuk buka puasa. Suasananya yang ramai bikin ngabuburit terasa cerita, apalagi Kampung Ramadhan Jogokaryan juga menawarkan suasana pondokan yang begitu kental. Kampung ini juga kerap mengadakan lomba adzan tingkat Yogyakarta dan Jawa Tengah saat bulan puasa.

jogokaryan

yogyakarta.panduanwisata.id

6. Kawasan Universitas Gadjah Mada

Bukan berarti kamu harus ngabuburit di dalam kampus, tapi kamu bisa ngabuburit di Lembah Universitas Gadjah Mada (UGM) atau bundaran depan kampus. Karena di sekitar kampus banyak mahasiswa ngekos, nggak heran jika banyak pedagang kaki lima yang berjualan makanan. Jadi bakal memudahkan kamu untuk mencari makanan saat berbuka puasa.

UGM

news.merahputih.com

7. Jalur Gaza

Jalur ini bukanlah jalur yang ada di Timur Tengah, tapi merupakan kependekan dari Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Azhar Zerba Ada. Soalnya, di sana memang menyediakan jajanan serba lengkap saat bulan puasa. Jalur Gaza bisa ditemukan di sekitar Masjid Mutohirin yang ada di jalan Sorogenan. Stand makanan di sana pun dibuat menyerupai bentuk gubuk. Kawasan ini hanya dibuka saat bulan puasa, lho.

jalur gaza

foto.tempo.co

8. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko hanya berjarak 3 km dari sebelah selatan komplek Candi Prambanan. Tempat wisata ini cocok untuk para penggemar sejarah yang ingin ngabuburit. Selain bersejarah, Candi Ratu Boko juga jadi spot asyik untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Apalagi, Candi Ratu Boko berada di ketinggian dengan alam hijau yang terbuka. Menariknya lagi adalah, Candi Ratu Boko juga pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2).

candi ratu boko

www.exrentalcar.com

9. Bukit Bintang Hargo Dumilah

Bukit Bintang Hargo Dumilah di jalan Patuk jadi tempat ngabuburit seru untuk kamu yang suka dengan alam bebas. Sembari melihat pemandangan indah, kamu juga bisa melihat gemerlap lampu-lampu Kota Yogyakarta dari ketinggian. Di sana juga banyak terdapat rumah makan untuk berbuka puasa.

bukit bintang jogja

http://jogjalan.com

10. Gunung Api Purba Nglanggeran

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di Kabupaten Gunung Kidul memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu harus berkendara dulu selama 1 jam. Tapi, keindahannya bakal bikin jerih payah kamu terbayar. Di sepanjang perjalanan menuju kawasan ini, kamu bisa menikmati kemegahan dari susunan bongkahan bebatuan besar yang membentuk daerah gunung beserta keindahan awan juga hamparan rumput hijau dan suasana kota di bawahnya.

gunung purba

jogjapedia.net

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Supaya bujet traveling kamu ke Yogyakarta makin murah, sekalian aja pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta lewat pegipegi.com. Juga jangan lupa untuk cari hotel murah di Yogyakarta, ya! Dijamin lebih murah ketimbang tempat lain. Hihihi… Selamat ngabuburit!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta cari hotel murah di yogyakarta

 

 

 

(Visited 1,097 times, 1 visits today)

Comments

To Top