Tips

10 Tips Penting Agar Traveling Saat Berpuasa

Kamu gemar traveling tapi takut ganggu puasa? Kayaknya nggak bisa jadi alasan kamu buat nggak jalan-jalan, lagi deh!

Meski membutuhkan energi ekstra buat menjelajah, traveling saat puasa bisa jadi pengalaman baru kamu, lho. Apalagi, buat kamu yang ingin menguji batas fisik, bertualang ke tempat-tempat baru.

Nah, demi menjaga kesehatan dan kualitas berpuasa, Pegipegi punya 10 tips penting buat kamu yang ingin traveling, nih. Siapa tahu, bisa berguna buat kamu yang tengah merencanakan perjalanan. Simak di bawah ini, yuk!

Hindari Pedas, Utamakan Serat

Sebagai sumber energi bagi tubuh, kamu butuh mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat saat sahur dan berbuka. Makanan berserat juga membutuhkan waktu lama untuk diserap sehingga rasa lapar pun bakal tertunda. Hindari juga makanan pedas dan berminyak agar lambung tidak bekerja keras mencerna makanan.

Maksimalkan Konsumsi Air Mineral

Aktivitas selama berpuasa mungkin menguras tenaga, makanya kamu wajib mengonsumsi air putih baik saat sahur maupun berbuka puasa. Air putih bisa menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

Jangan Lupa Istirahat

Saat beraktivitas sambil berpuasa, tubuh kamu bekerja dua kali lebih keras daripada biasanya. Tidur selama enam hingga delapan jam di malam hari dapat mengembalikan energi yang terkuras. Jika sempat, kamu juga bisa melakukan power nap selama 10-15 menit di siang hari. Misalnya, saat di perjalanan berpindah tempat wisata.

Sedia Multivitamin

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup. Kamu bisa tambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi tambahan. Untuk wanita, kamu bisa pilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi, sedangkan untuk pria yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi.

Jangan Memforsir Tubuh

Satu hal yang penting dilakukan untuk membantu penurunan berat badan adalah dengan berolahraga. Namun, di saat kamu sedang berpuasa, akan lebih baik kalau kamu mengurangi aktivitas fisik tersebut. Kamu bisa menggantinya dengan berjalan santai, atau melakukan olahraga ringan di gym setengah jam sebelum waktu berbuka puasa. Kalau tetap memforsir tubuh saat puasa, kamu bakal merasa kelelahan dan justru bisa menimbulkan potensi cedera, lho.

Jaga Asupan Makanan

Setelah beberapa hari berpuasa, kemungkinan besar berat badan kamu akan berkurang dengan sendirinya. Tapi, kamu harus menyadari kalau penurunan bobot tubuh ini belum tentu terjadi secara terus menerus. Nah, supaya berat badan tetap stabil dan tubuh tetap sehat, kamu tetap perlu menjaga asupan makanan yang masuk agar sesuai dan tidak berlebihan.

Makan Secara Bertahap

Ketika waktu berbuka puasa tiba, biasakanlah untuk menyantap makanan secara bertahap. Hal ini bertujuan supaya sistem pencernaan kamu nggak kaget, apalagi kalau kamu langsung mengonsumsi makanan berlemak dalam porsi besar. Lebih baik memulai dengan makanan yang ringan, seperti buah-buahan, kemudian setelah beberapa saat, kamu bisa menyantap makanan utama dengan porsi sewajarnya. kamu juga bisa mengimbanginya dengan menambahkan jenis sayuran hijau pada menu sahur dan berbuka puasa, lho. Sayuran hijau, seperti brokoli, kale, bayam, buncis, dan asparagus bisa membantu membakar lemak dalam tubuh, menambah cairan, dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, puasa sambil dietnya tetap lancar deh!

Cari Informasi Tentang Sahur dan Berbuka

Nggak semua destinasi traveling memiliki waktu sahur dan berbuka yang sama. Sebelumnya, kamu harus cari tahu dulu, waktu sahur dan berbuka di tempat liburan melalui internet atau bertanya pada teman. Zaman sekarang pun makin canggih. Kamu bisa mengunduh aplikasi untuk mengingatkan jam sahur dan buka puasa.

Destinasi Ramah Muslim

Di destinasi traveling yang ramah Muslim, biasanya rumah makannya banyak yang ditutup ketika siang hari, sehingga kamu terhindar dari godaan makanan dan minuman. Dan ketika jam buka puasa dan sahur, bakal banyak rumah makan yang dibuka. Kamu jadi mudah mencari makanan dan minuman untuk buka puasa dan sahur.

Rajin Berolahraga

Lemas sih, tapi memang harus dipaksakan. Berolahraga saat berpuasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya mengusir bau mulut. Bagaimana caranya? Well, saat tubuh kita bergerak, keringat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Nah, hal ini ternyata juga akan menetralkan bau mulut dari gas negatif yang berlebih pada siang hari. Jadi, berolahraga lah jelang buka puasa.

Nah, biar aman dan nyaman, yuk mudik dengan kereta api atau pesawat. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top