Tips

10 Tips Atasi Baterai Gadget Bocor Saat Travelling

Kehabisan daya baterai gadget saat travelling adalah hal yang biasa. Tapi, jika baterainya ternyata sudah bocor atau rusak, liburan long weekend kamu berasa nggak enak!

Kebanyakan gadget zaman sekarang sudah mengadopsi baterai tanam atau lithium-ion yang diklaim sulit bocor. Tapi, buat travelers yang gadget-nya belum berbasis lithium-ion, travelling dengan jarak jauh pasti sering diselimuti kekhawatiran.

Tapi tenang, selalu ada jalan buat setiap masalah. Layaknya merawat orang sakit, perlu ada perhatian khusus jika kamu travelling dengan gadget dalam kondisi bocor baterai.

Nah, Pegipegi sudah siapkan beberapa tips ampuh agar kamu selamat deh travelling dengan baterai gadget yang bocor. Simak ya!

Baterai cadangan

Foto: popularmechanics

Kadang suka lupa nih tapi memiliki baterai cadangan saat travelling adalah hal krusial, khususnya kalau baterai utama sudah bocor. Nah, ada baiknya, minimal sehari sebelum berangkat, kamu beli deh baterai cadangan sesuai dengan ampere listrik yang tertera. Minimal, buat pengganti saat nggak ada sumber listrik buat charge.

Powerbank/USB Travel

Foto: alibaba.com/

Powerbank itu hukumnya wajib buat para travelers! Dengan kapasitas tampung listrik yang bisa tiga kali dari baterai gadget kamu, powerbank seakan jadi dewa penyelamat saat gelap, deh! Nah, kalau nggak mau ribet karena terlalu besar, sekarang ada powerbank tipe USB Travel yang bisa kamu gunakan selama travelling. Ukurannya lebih kecil dan praktis dibawa kemana-mana.

Kecerahan Rendah

Foto: androidpit

Sistem brightness ternyata mempengaruhi kinerja baterai juga. Semakin tinggi kecerahan yang kita pakai, semakin cepat juga baterai terkuras, apalagi dalam kondisi bocor. Jadi, sangatlah bijak jika kamu menurunkan kadar kecerahan gadget kamu. Misalnya yang tadinya 50 persen, turunkan jadi 20 persen deh.

Uninstall Aplikasi Berat

Foto: acguevera

Buat kamu pengguna Android khususnya, banyak aplikasi yang secara nggak sadar terus running meski kamu sudah nonaktifkan. Hal tersebut bakal memperparah kinerja baterai kamu yang sudah bocor. Nah, sebelum berangkat, ada baikkan kamu lihat di menu running apps kamu mana-mana saja yang memakan daya lebih besar. Segera uninstall deh!

No gaming, please

Foto: dailymail

Kadang-kadang perjalanan jauh suka bikin bosan. Galaunya, kalau kamu memutuskan buat main game di gadget, baterai akan cepat abis dalam kondisi bocor. Nah, daripada nanti nggak bisa berselfie ria di lokasi wisata, urungkan deh niat main game karena game seringan Clash of Clans pun menggunakan 15 persen daya baterai saat diaktifkan. Jadi, nikmati saja pemandangan selama perjalanan ya!

Pindah ke 3G

Foto: maxafley

Di tengah gempuran 4G, sistem jaringan 3G seakan dilupakan. Tapi, kamu akan sangat membutuhkannya saat travelling. Sangat bijak jika kamu mulai mengganti jaringan kamu ke 3G sebelum berangkat travelling agar baterai kamu yang sudah bocor nggak kerja dua kali. Apalagi, ujung-ujungnya susah sinyal!

Aktifkan Power Saver

Foto: omar ghafoor

Sebagian besar gadget berbasis Android maupun iOS sudah memiliki fitur Power Saver. Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi banyak aktivitas yang dilakukan sang gadget. Dia akan secara otomatis menutup aplikasi yang nggak terpakai, menurunkan tingkat kecahayaan, hingga mematikan Wifi dan Bluetooth yang nggak terpakai.

Masuk Mode Sleep

Foto: hp.com

Dalam kondisi bocor, baterai akan cepat bereaksi terhadap sekecil apapun aktivitas yang dilakukan gadget. Bahkan, ketika kamu mematikan kemudian menghidupkan kembali, baterai memakan daya hingga 5-10 persen dalam kondisi bocor. Daripada mati total gara-gara mati-hidupin gadget, kamu istirahatkan sejenak dalam mode sleep saja.

Meminimalisir GPS

Foto: stanford

GPS memakan banyak sekali daya listrik baterai gadget. Dalam kondisi bocor, sangat nggak dianjurkan untuk mengaktifkan GPS secara terus menerus. Bukan berarti nggak boleh pakai GPS. Kamu bisa pakai fitur ini hanya saat kamu butuh petunjuk jalan saja. Selebihnya, kamu bisa download peta lokasi di Google Image, deh biar aman.

Matikan Jika Susah Sinyal

Foto: digitaltrends

Tahukah kamu kalau baterai akan sangat terkuras jika gadget kamu gagal menangkap sinyal. Sang receiver akan terus mencari sinyal dan memaksa baterai untuk bekerja dua kali lebih keras. Nah, jika baterai gadget kamu bocor, lebih baik nonaktifkan, terutama saat status sinyal hanya menunjukkan satu bar saja.

Foto utama: independenttraveler

Liburan tidak perlu bujet mahal, kok, soalnya kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: https://livejapan.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 193 times, 2 visits today)

Comments

To Top