Destinasi

10 Tempat Wisata Minim Budget di Bogor, Serunya Bertualang!

tempat wisata low budget di bogor untuk keluarga

Siapa bilang liburan bakal selalu bikin kantong jebol? Tenang SobiPegi, dengan anggaran terbatas, kamu tetap bisa jalan-jalan ke tempat wisata menarik bersama keluarga, kok. Nah, buat warga Jabodetabek dan sekitarnya, melipir ke Kota Bogor bisa menjadi pilihan yang asyik, nih. Selain bisa ditempuh dengan berkendara beberapa jam dari Jakarta, terdapat sejumlah destinasi wisata minim budget di Bogor yang seru untuk dijelajahi. Tentunya, ini akan membuat si kecil riang gembira sepanjang hari. Alhasil, momen liburannya jadi tidak kikuk, deh. Langsung saja, catat lokasinya berikut ini, yuk!

Situ Gede Bogor

tempat wisata minim budget di bogor
SUMBER: IG @JALANJALANDIBOGOR (@DEVI.ZILIWU)

Memulai hari dengan berwisata alam mungkin bisa sedikit me-refresh semangat kamu setelah penat berhari-hari karena rutinitas harian. Ini saatnya momen liburan dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran, salah satunya dengan menikmati suasana tenang di Situ Gede Bogor. Lokasi wisata situ atau danau di Bogor ini cukup tersembunyi. Relatif jauh dari jalan raya, membuat sedikit pun suara kendaraan tidak terdengar di sini. Ditambah, hijaunya perbukitan dan rawa di sekeliling membuat view-nya terasa lebih sempurna. Terdapat pula fasilitas perahu untuk mengarungi rawa. Kamu juga bisa berkemah atau menggelar piknik keluarga di area yang sudah disiapkan pengelola. Pada waktu akhir pekan, tidak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk sekadar jalan santai atau bersepeda sambil menghirup udara segar di kawasan Situ Gede.

Tiket masuk: Rp2.000* (anak-anak) dan Rp4.000* (dewasa)
Alamat: Jalan Cifor, Kelurahan Situ Gede, Bubulak, Kota Bogor
Buka: Setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Cimory Dairyland Puncak

tempat wisata minim budget di bogor
SUMBER: IG @CIMORYDAIRYLAND.PUNCAK

Cimory Dairyland Puncak merupakan salah satu spot wisata milik Cimory yang baru dibuka Mei 2021. Lokasinya berada di kawasan Megamendung, Bogor. Dengan konsep leisure park, tempat wisata keluarga di Puncak Bogor yang satu ini punya banyak wahana yang seru dicoba bersama keluarga. Wahana yang dimaksud kebanyakan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan hewan yang dirawat di destinasi wisata ini. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba memberi makan unta punuk dua atau memerah susu sapi di wahana Cow Milking yang ditawarkan spot wisata ini. Ada juga wahana yang tidak kalah menarik, yaitu Horse Riding dan Tour de Farm menggunakan traktor. Bagi yang suka mengoleksi foto, jangan lewatkan wahana Magic Village. Di sini, kamu akan menjumpai replika rumah-rumah Hobbit yang unik sebagai background foto.

Tiket masuk: Rp30.000*-Rp40.000* per orang
Alamat: Jalan Raya Puncak Gadog, Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Buka: Setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Kebun Raya Bogor

tempat wisata minim budget di bogor
SUMBER: IG @KEBUNRAYABOGOR (@BOGORPRIVATETOUR)

Jalan-jalan ke Bogor, belum lengkap tanpa ke Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor. Luasnya mencapai 87 hektare dan menyimpan puluhan ribu koleksi pohon dan tumbuhan. Di akhir pekan, wisata kebun ini selalu ramai pengunjung yang membawa serta anak-anak untuk berbaur dengan alam. Nah, kalau ke sini, kunjungi Jembatan Merah atau Jembatan Gantung Hulu ya, SobiPegi. Jembatan buatan Belanda ini merupakan salah satu ikon Kebun Raya yang membentang sepanjang 20 meter di atas Sungai Ciliwung, loh. Dari jembatan, kamu akan melihat pemandangan sungai dan alam sekitarnya yang tenang. Kombinasi nuansa klasik dan pemandangan alam menjadikan jembatan ini ideal sebagai spot favorit untuk berfoto.

Tiket masuk: Rp16.500*-Rp26.500* per orang
Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Buka: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Melrimba Garden

tempat wisata alam di bogor
SUMBER: IG @MERLIMBAGARDEN

Tempat wisata minim budget di Bogor selanjutnya adalah Melrimba Garden. Meski namanya garden alias taman, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kamu lakukan saat berkunjung ke sini. Sebagai contoh, kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di taman. Tidak lupa berfoto ria, serta melakukan berbagai kegiatan seru, seperti fun fishing, strawberry picking, dan outbound. Setelah berkeliling menikmati keindahan taman, sebaiknya jangan langsung buru-buru pulang. Sempatkan dulu mengisi perut dengan bersantap di Melrimba Kitchen sebagai penutup hari saat liburan bersama keluarga.

Tiket masuk: Rp15.000* per orang
Alamat: Jalan Raya Puncak Gadog, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-20.00 WIB

Talaga Saat Puncak

tempat wisata alam di bogor
SUMBER: IG @TELAGASAATPUNCAK (@DHANISWARA.24)

Telaga atau Talaga Saat Puncak merupakan objek wisata alam yang menyuguhkan pesona luar biasa. Memiliki sebuah danau besar dikelilingi pepohonan dan perkebunan teh, udara di kawasan ini sangat dingin dan sejuk. Membuat kamu betah berlama-lama chilling out dengan indahnya view panorama Gunung Kencana dan Gunung Gede Pangrango. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan ketenangan dan ingin merelaksasi pikiran dengan suasana alam asri. Di satu sisi, tempat wisata di Bogor ini juga memungkinkan para pengunjung untuk menggelar piknik di pinggiran telaga. Kamu juga boleh, loh, membawa makanan dari rumah untuk disantap di sini. Setelah kenyang, saatnya mengelilingi telaga dengan naik perahu. Oh iya, siapkan juga kamera untuk mengabadikan momen terbaik, ya.

Tiket masuk: Rp10.000* per orang
Alamat: Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Buka: Setiap hari, pukul 07.30-18.00 WIB

Kampoeng Salaka Bogor

tempat wisata alam di bogor
SUMBER: IG @BOGORKOTAHIJAU (@INDAHKNISSA)

Ingin melihat lanskap sejuk khas Kota Bogor dari ketinggian? Bisa, kok! Cobalah datang ke Kampoeng Salaka Bogor, salah satu tempat wisata ramah anak yang dipenuhi taman bunga bertingkat dan arena bermain dengan gimmick warna-warni. Sebenarnya ada banyak spot foto Instaworthy di sini, tapi yang paling favorit adalah bingkai love raksasa dihiasi bunga dan lampu kelap-kelip. Juga, ada spot sayap kupu-kupu berukuran besar, sayap malaikat, patung dinosaurus, dan beberapa instalasi unik yang bisa dijadikan sebagai latar foto. Kalau tidak sempat menyiapkan bekal untuk anak-anak, di sini terdapat warung makan dengan harga terjangkau. Tidak ketinggalan gazebo dan tempat nongkrong yang nyaman juga bisa kamu temukan di sini.

Tiket masuk: Rp10.000* per orang
Alamat: Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 
Buka: Setiap hari, pukul 06.00-23.00 WIB

Museum Zoologi Bogor

tempat wisata ramah anak di bogor
SUMBER: IG @MZB1894

Barangkali kamu ingin mengajak anak-anak liburan sekaligus menambah wawasan pengetahuan mereka. Yuk, berkunjung ke Museum Zoologi Bogor! Dibangun pada tahun 1894, museum ini masih berada di satu area dengan Kebun Raya Bogor. Luas bangunan mencapai 1.000 meter. Di dalamnya menyimpan koleksi lebih dari tiga juta spesies yang diawetkan, terdiri dari 20 ribu jenis fauna mulai dari mamalia, burung, reptil, amfibi, ikan, serangga dan lain-lain. Selain itu, Museum Zoologi terbagi menjadi dua tempat. Yang pertama sebagai ruang pameran, dan yang kedua untuk tempat koleksi -dibuka setahun sekali pada bulan Oktober-.

Tiket masuk: Rp15.000*-Rp25.000* per orang
Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Buka: Setiap hari, pukul 08.00-15.00 WIB

Bukit Bintang Leuwiliang Kracak

tempat wisata keluarga di bogor
SUMBER: IG @WISATABUKITBINTANG

Kalau sudah pernah ke Bukit Bintang di Yogyakarta atau Coban Rais di Malang, berkunjung ke sini kemungkinan besar akan mengingatkan kamu dengan dua objek wisata tersebut. Serunya berwisata alam di atas bukit bertema gardu pandang dapat dinikmati di Bukit Bintang Leuwiliang Kracak Bogor. Saking indahnya, hampir semua sudutnya menarik dijadikan spot foto kekinian dan cukup banyak yang mengantre karena memang view yang disuguhkan anti-mainstream. Beberapa spot foto yang dimaksud antara lain, meja kursi gantung, gardu bintang, love bridge, bulan sabit, kereta kencana, ayunan gantung, dan masih banyak lagi.

Tiket masuk: Rp15.000* per orang
Alamat: Cibeber II, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Taman Kelinci Indjanie Park

tempat wisata edukasi anak di bogor
SUMBER: IG @TAMANKELINCI_

Yuk, ajak si kecil main bareng kawanan kelinci yang lucu dan imut di Taman Kelinci Indjanie Park! Awalnya, ini merupakan peternakan kelinci seluas 6.000 meter persegi. Namun, ketika pengunjungnya semakin ramai, si pemilik menjadikannya sebagai tempat wisata sejak tahun 2009. Ada sekitar 800 ekor kelinci berbagai jenis, di antaranya Rex, Satin, Liong, Anggora, hingga Holan Love. Selain berbaur langsung dengan para kelinci, anak-anak bisa belajar cara merawat kelinci dengan benar. Bermain ke ladang pertaniannya juga asyik. Di sana kamu akan tahu bahwa kotoran kelinci bisa dijadikan sebagai penyubur tanaman dan mencegah hama pada tanaman, loh. Sebelum pulang, kamu bisa membeli daging kelinci yang sudah diolah menjadi nugget, bakso, siomay, kaki naga, dan lain-lain. Harga per bungkusnya kira-kira Rp25.000-an*. Buat yang penasaran dengan rasa daging kelinci, tidak ada salahnya mencoba.

Tiket masuk: Rp35.000* per orang
Alamat: Tugu Sel., Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-16.00 WIB

Bukit Halimun Salak

tempat wisata alam di bogor
SUMBER: IG @BUKITHALIMUN (@RATNAAGUSTYA)

Masih kurang puas untuk menikmati alam di Kota Bogor? Ada satu lagi, objek wisata ramah kantong di Kota Bogor. Namanya, Bukit Halimun Gunung Salak. Selain pesona alamnya, daya tarik utama bukit ini yang banyak diincar pengunjung adalah jembatan gantung sepanjang 100 meter. Kamu dapat menguji nyali dengan berjalan di atasnya. Sepanjang jalan, kamu akan disuguhkan view alam nan hijau serta keindahan taman bunga di bawahnya. Selain suguhan pemandangan yang keren, desain jembatan yang artistik menjadi nilai tambah untuk kamu berburu foto Instagramable. Tidak ketinggalan, kamu juga bisa menikmati atraksi lainnya, seperti taman bunga dan rumah pohon. Asyik, bukan?

Tiket masuk: Rp10.000* per orang
Alamat: Jalan Raya Gunung Salak Endah, Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Buka: Setiap hari, pukul 09.00-16.00 WIB

Itulah 10 tempat wisata minim budget di Bogor yang bisa kamu manfaatkan untuk liburan keluarga. Mulai dari destinasi alam, wisata sejarah dan edukasi, serta spot rekreasi ramah anak. Semuanya bisa kamu jelajahi tanpa perlu mengeluarkan kocek besar. Terbukti, kan, kalau jalan-jalan asyik tidak selalu harus dengan sesuatu yang mahal? Pokoknya, banyak deh pengalaman menarik yang menanti saat berkunjung ke tempat wisata di atas. Buat kamu yang berangkat dari luar kota dan berencana liburan ke Bogor, mudahkan perjalanan kamu dengan booking tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus & travel, plus hotel murah hanya di Pegipegi. Saatnya #PegipegiLagi #PegipegiYuk!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS & TRAVEL PESAN HOTEL

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store untuk memudahkan transaksi kamu.

google-play
apps-store

FOTO UTAMA: IG @TAMANKELINCI, @CIMORYDAIRYLAND.PUNCAK, @BUKITHALIMUN

Comments

To Top
%d bloggers like this: