Destinasi

10 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

pantai-tanjung-tinggi

Film Laskar Pelangi yang tayang di tahun 2008 telah meningkatkan pamor Pulau Belitung sebagai tempat wisata indah. Dan di tahun 2016, Belitung dijuluki sebagai Bali Baru oleh pemerintah. Makin banyak deh wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, terutama karena Belitung merupakan tempat di mana Ahok, Gubernur DKI Jakarta lahir dan dibesarkan. Jadi, jika kamu mengaku cinta Indonesia, tentu aja kamu wajib traveling ke Belitung! Ada 10 tempat wisata di Belitung yang wajib kamu kunjungi, travelers! Yuk, simak langsung bareng pegipegi!

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini berlokasi di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam. Kata “Tanjung” memiliki arti semenanjung, sedangkan kata “Tinggi” memiliki arti pantai dengan bebatuan tinggi. Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas sekitar 80 ha dan didominasi oleh pasir putih yang cantik. Di sekitarnya juga ada ratusan batu granit besar dengan ukuran bermacam-macam. Malahan ada yang mencapai ratusan kubik dan lebih besar dari rumah. Itulah yang membuat Pantai Tanjung Tinggi terlihat sempurna.

Dulunya, Pantai Tanjung Tinggi adalah pelabuhan nelayan dan memiliki ombak yang kecil dan relatif tenang, jadi tergolong aman untuk masyarakat. Kamu bisa berenang di sana, apalagi airnya juga bening banget. Tapi, kamu tetap harus waspada terhadap serangan ubur-ubur, terutama jika kamu sedang melakukan diving atau snorkeling. Dan jangan lupa untuk menunggu sunset saat berada di sana karena momen tersebut sangat indah.

2. Bukit Berahu

Bukit Berahu merupakan perpaduan antara bungalow dan resto di sebuah pantai indah di Belitung. Letaknya dekat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas bukit tersebut, kamu bisa menikmati keindahan pantai. Untuk mencapai pantai di Bukit Berahu, kamu harus menuruni 97 anak tangga bungalow, soalnya pantai tersebut berupakan bagian dari bungalow. Pantai tersebut terletak agak tersembunyi di kaki Bukit Berahu, sehingga suasananya seperti pantai pribadi. Cocok untuk kamu yang tengah melakukan bulan madu.

3. Pantai Punai

Pantai Punai terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Letaknya cukup jauh, yaitu 93 km dari ibu kota Tanjung Pandan. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh, tapi akan sangat worth it, soalnya Pantai Punai memiliki air laut yang biru dengan pasirnya yang putih. Di beberapa bagian pantai, dihiasi oleh batu-batu granit kecil. Keindahannya sangat cocok untuk kamu yang ingin melepaskan diri dari rasa jenuh. Di depannya ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Dulunya, di Pulau Punai banyak sekali burung punai. Untuk menuju pulau tersebut, kamu hanya perlu jalan kaki ketika air sedang surut.

4. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah kekayaan tambang kaolin di Belitung. Sebenarnya, Danau Kaolin bukan tempat wisata umum, tapi banyak fotografer yang berkunjung ke sana untuk hunting foto. Lama-lama, banyak juga wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Apalagi, keindahannya juga unik, yaitu terdiri dari perpaduan air danau warna biru dan kaolin putih. Pemandangannya mengingatkan kita akan Kawah Putih di Bandung.

Tapi, Danau Kaolin jelas berbeda dengan Kawah Putih, karena Danau Kaolin tidak terbentuk dari sebuah kawah. Airnya juga nggak panas, sehingga banyak wisatawan yang menggunakan airnya untuk berenang atau mandi. Sebagian besar masyarakat bilang bahwa air di Danau Kaolin bisa bikin kulit jadi halus dan lembut, lho! Tempatnya yang masih tergolong sepi juga membuat Danau Kaolin sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. 

5. Pulau Pasir

pulau-pasir2

foto dari: Belitunginfo.com

Pulau Pasir adalah tumpukan pasir yang akan kelihatan jika air laut surut. Jika air laut kembali pasang, pulau ini akan tenggelam kembali. Pulau Pasir nggak terlalu luas, hanya setengah dari lapangan bola. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Pulau Pasir saat airnya surut agar bisa bermain pasir. Cukup dengan menggunakan perahu nelayan, kamu sudah bisa menuju Pulau Pasir.

6. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas yang berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung merupakan pulau yang khas di Belitung dengan bangunan mercusuarnya yang sangat tua, tapi masih aktif hingga sekarang. Mercusuar setinggi 50 meter tersebut merupakan salah satu bangunan sejak zaman Belanda yang dibangun tahun 1882. Hamparan air biru dan batu-batu granis di sana menjadikan pulau ini Belitung banget! Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas yang memiliki luas sekitar 1 ha tersebut dengan menaiki mercusuar. Kalau kamu nggak sanggup menaiki mercusuar sampai puncak, jangan dipaksakan. Soalnya, setiap lantai di mercusuar terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah.

7. Pantai Tanjung Kelayang

Di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang yang nggak kalah indah. Pantai ini merupakan tempat di mana kapal-kapal ditambatkan untuk menunggu datangnya wisatawan yang ingin menyebrang ke pulau lain. Di Pantai Tanjung Kelayang juga terdapat aneka batu granit yang sangat indah. Salah satu batu granit di sana memiliki formasi seperti kepala burung. Hamparan pasirnya yang putih jelas menambah keindahan pantai ini.

8. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong terletak sekitar 65 km dari Kota Tanjung Pandan. Lokasinya berada di Desa Batu Lubang, sehingga pantai ini sering disebut Pantai Batu Lubang. Sekilas, Pantai Penyabong mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi karena dipenuhi batu granit, tapi batu granit raksasanya menjorok ke tengah laut seperti dermaga alami. Ombak dan angin di sana relatif lebih besar ketimbang Pantai Tanjung Tinggi. Walaupun nggak bisa berenang di sana, tapi kamu tetap bisa bersantai atau berjalan-jalan di tepi pantai sekaligus menikmati pasirnya yang kasar seperti garam. Kini, di sekitarnya terdapat banyak rumah makan dan menjadikannya sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

9. Pantai Nyiur Melambai

pantai-nyiur-melambai

foto dari: Belitunginfo.com

Pantai Nyiur Melambai terdapat di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini juga termasuk destinasi traveling favorit di Belitung. Pantai Nyiur Melambai memiliki garis pantai panjang dengan suasana teduh dan dihiasi banyak pohon pinus. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Nyiur Melambai, seperti berenang, main voli pantai, atau panjat tebing.

10. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata beralamat di jalan Raya Laskar Pelangi No. 7, Gantong, Belitung Timur. Di sana kamu bisa mengetahui perjalanan karya sastra Laskar Pelangi dari tiap halaman hingga bisa diangkat ke layar lebar. Semua bisa dilihat dari foto-foto yang dipajang di halaman museum. Jika kamu masuk ke dalam museumnya, kamu bisa melihat foto-foto Andrea Hirata dengan kalimat-kalimat inspiratif. Masuk lebih dalam lagi, kamu akan disambut dengan ruangan yang sangat nyaman dilengkapi dengan meja yang di atasnya ada buku berserakan. Ada juga foto-foto adegan film Laskar Pelangi, juga cover-cover buku Laskar Pelangi yang sudah diterbitkan dalam berbagai bahasa.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Supaya bujet terbang kamu ke Belitung terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawat murah ke Belitung lewat pegipegi, ya!

pesan tiket pesawat murah ke belitung cari hotel murah di belitung

Foto utama: kompas.com

Agar transaksi kamu di pegipegi makin murah dan mudah, jangan lupa untuk instal aplikasi pegipegi di Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 227 times, 2 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top