Destinasi

10 Tempat Wisata Buat Ngabuburit Sekitar Pulau Jawa

Akhir pekan ini, jutaan umat Muslim di seluruh dunia bakal mulai menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selama sebulan, kamu harus menahan segala hawa nafsu, termasuk makan dan minum dari pagi hingga sore hari.

Tapi, puasa nggak bisa kamu jadikan alasan buat meninggalkan aktivitas traveling, lho. Ada banyak lokasi-lokasi wisata di Indonesia yang cocok banget kamu kunjungi pas Bulan Ramadhan tiba.

Selain berbagai tempat ibadah yang mengaggumkan, Indonesia juga memilik banyak destinasi wisata bulan Ramadhan. Khusus buat kamu yang tinggal di Pulau Jawa, Pegipegi punya daftar 10 lokasi wisata bulan puasa yang patut kamu kunjungi.

Kira-kira penasaran? Yuk simak bahasannya!

1. Taman Menteng, Jakarta

Foto: jakartakita

Di tengah-tengah kepadatan lalu lintas, Jakarta masih punya taman kota yang cukup asri. Ya, Taman Menteng bisa jadi pilihan yang cocok buat ngabuburit bersama teman-teman. Selain ada kebun bunga, kamu bisa bersantai di dekat tugu sambil bercengkrama mengenai aktivitas kamu seharian. Jelang buka puasa, kamu bisa melipir sedikit ke kiri karena banyak jajanan lezat penggoda selera.

2. Cafe D’Pakar, Bandung

Foto: Kompasiana

Bandung dikenal dengan wisata kuliner berpadu dengan alam. Ini yang jelas ditawarkan oleh Cafe D’Pakar di daerah Sekejolang. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam di bawah udara sejuk Bukit Moko. Sambil menunggu waktu buka puasa, kamu bisa pesan menu-menu penggugah selera seperti pisang bakar keju, nasi goreng ayam hingga roti panggang.

3. Keraton Kanoman, Cirebon

Foto: republika

Mau ngabuburit sambil napak tilas sejarah? Mampir deh ke Keraton Kanoman di kota Cirebon. Masih berfungsi sebagai tempat kediaman wakil sultan, keraton yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Didominasi ornamen berwarna putih, keraton ini menyimpan berbagai macam pusaka dan benda bersejarah, termasu Kereta Kencana Paksi Naga Liman. Lokasinya dikelilingi pepohonan rindang, jadi nggak perlu khawatir kepanasan.

4. Pantai Surodadi, Tegal

Foto: Instagram @demakhariini

Jalur Pantura nggak cuma disibukkan dengan lalu lintas kendaraan, tetapi juga dipadati berbagai wisata bahari. Salah satu destinasi wajib yang kamu harus sambangi di bulan puasa adalah Pantai Surodadi di Tegal. Panorama pantai berhias lambaian pohon kelapa tinggi menjadi penawar dahaga yang kamu tahan sepanjang siang hari. Air laut yang biru terlihat seperti berlian saat berpantulan dengan sinar matahari.

5. Waduk Jatibarang & Goa Kreo, Semarang

Foto: dakatour

Mau cari tempat ngabuburit tapi instagenic? Melipir deh ke Waduk Jatibarang di Semarang. Ajak teman-teman kamu buat berselfie ria di atas jembatan waduk dengan pemandangan asri. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke Goa Kreo yang letaknya nggak jauh dari situ. Hitung-hitung bertamu ke kampung kera di sana.

6. Masjid Pathok Nagoro, Yogyakarta

Foto: yogyakarta.panduanwisata

Jika kamu sedang berwisata ke Keraton Yogyakarta, sempatkan diri kamu buat mampir ke Masjid Pathok Nagoro. Berusia 292 tahun, masjid ini memiliki nilai sejarah yang cukup besar. Masjid ini jadi saksi sejarah Kerajaan Yogyakarta mempertahankan wilayah Nagaragung dari gempuran Belanda di zaman penjajahan. Jadi kamu bisa beribadah sambil belajar sejarah.

7. Masjid Muhammad Ceng Ho, Surabaya

Foto: ksmtour

Masjid yang satu ini memiliki keunikan di bagian ornamennya. Nuansa Tionghoa lama terasa saat kamu memasuki pelataran halamannya. Pintu masuk yang menyerupai pagoda menandakan adanya perpaduan budaya di Masjid berusia ratusan tahun ini. Jika ditilik dari sejarahnya, nama Muhammad Ceng Ho diambl dari seorang laksamana dari Tiongkok yang menganut agama Islam.

8. Alun Alun Merdeka, Malang

Foto: ranselkoperika

Sebagai simbol kota Malang, Alun Alun Merdeka nggak pernah sepi pengunjung. Terlebih saat masuk bulan puasa. Banyak sekali wisatawan lokal maupun luar kota Malang yang menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan di sini. Mau bukan puasa? Kamu bisa melipir ke Bakso Sate Truwolan dekat situ. Di sini kamu bisa menikmati bakso bakar dengan bumb sate yang menggugah selera. Harganya yang murah, Rp 2.500 per tusuk dijamin buat kamu ingin nambah lagi sampai sahur!

9. Monumen Simpang Lima Gumul

Foto: kitajalanjalan2014

Kembaran dari Arc de Triomphe di Perancis ini bisa jadi salah satu destinasi wisata pada bulan puasa di Kediri. Berada di tengah alun-alun, kamu bisa menikmati sore hari dengan jalan-jalan sambil berburu foto. Saat buka puasa tiba, beberapa pedagang kaki lima siap menawarkan berbagai jajanan pasar hingga minuman sehat seperti Ronde, jeruk panas dan lain-lain.

10. Lori Wisata Kalibaru, Banyuwangi

Foto: Tripcanvas

Sebagai batas akhir jalur kereta api aktif Pulau Jawa, kota Banyuwangi menawarkan satu wisata yang nggak kalah kerennya seperti museum kereta api di Ambarawa, Lori Wisata Kalibaru. Di sini, kamu diajak ngabuburit dengan naik kereta melintasi perkembunan kopi di ketinggian 400 meter. Kamu juga bisa foto-foto jelang magrib tiba di terowongan dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit. Lumayan kan!

Sudah tahu mau ke mana? Jika sudah, yuk liburan! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi  buat dapatkan harga spesial. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

(Visited 933 times, 1 visits today)

Comments

To Top