Destinasi

10 Tempat Seru untuk Ngabuburit di Surabaya

Sudah nggak zaman lagi kalau kamu ngabuburit cuma dengan malas-malasan atau tidur. Yang ada badan kamu makin lemas, apalagi kebanyakan tidur saat puasa tidak baik untuk kesehatan. Mendingan kamu jalan-jalan atau nongkrong di tempat seru yang bisa menambah inspirasi dan bikin rileks. Untuk kamu yang sedang berada di Surabaya, Pegipegi punya rekomendasi tempat seru untuk ngabuburit, nih!

1. Taman Ekspresi

Tempat ini disebut Taman Ekspresi, soalnya di sana banyak karya seni yang bisa dinikmati. Uniknya, karya seni di Taman Ekspresi dibuat oleh anak jalanan yang memanfaatkan barang bekas atau rongsokan, seperti panci, wajan, dandang, dan lain-lain menjadi benda berseni. Cocok banget kan untuk kamu yang menyukai seni. Di sana kamu akan mendapatkan banyak inspirasi. Dan untuk menambah pengetahuan kamu, di Taman Ekspresi juga disediakan perpustakaan.

Jangan khawatir bakal kepanasan di sana, soalnya Taman Ekspresi dikelilingi oleh banyak tanaman dan pepohonan rindang yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai. Di sekelilingnya juga bersih, soalnya ada banyak tempat sampah. Taman Ekspresi juga memiliki pemandangan ke arah Kalimas yang menyejukkan mata. Yuk, langsung aja mampir ke Taman Ekspresi di jalan Genteng Kali.

2. Taman Lansia

Ngabuburit bareng kakek atau nenek? Wah, pas banget buat ajak mereka bersantai di Taman Lansia (jalan Kalimantan No.12, Gubeng). Taman Lansia dikenal sebagai taman kota bebas polusi, ada jalur kursi roda, tempat refleksi telapak kaki, dan dikelilingi oleh berbagai tanaman indah, sekaligus unik. Seperti Rumpu Gajah, Rumput Jepang, Pandan Wangi, Pakis Boston, berbagai jenis teh, dan lain-lain.

Pemandangan di sekitar Taman Lansia juga bersih, indah, dan apik. Cocok dijadikan sebagai lokasi hunting foto-foto. Bagus kan untuk mengisi kegiatan selama ngabuburit!

3. Museum House of Sampoerna

Ngabuburit dengan belajar sejarah? Kenapa nggak! Datang aja langsung ke Museum House of Sampoerna yang menyajikan suasana Surabaya zaman dulu. Di sana kamu bisa belajar mengenai sejarah rokok kretek di Indonesia dan memang dimiiliki oleh pengusaha rokok terbesar, Lim Seeng Tee. Museum ini juga menyediakan toko, galeri seni, auditorium, sekaligus kafe yang bisa kamu manfaatkan untuk buka puasa.

Museum yang berlokasi di jalan Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian ini sudah dibangun sejak tahun 1862. Dulunya, gedung ini adalah sebuah panti asuhan khusus anak laki-laki yang dikelola oleh pemerintahan Belanda. Tahun 1912, panti asuhan tersebut direlokasi di jalan Embong Malang. Kemudian, pada tahun 1932, Lim Seeng Tee membeli gedung tersebut dan diadikan sebagai tempat utama untuk produksi rokok Sampoerna.

4. Masjid Cheng Ho

Tempat bersejarah lain di Surabaya yang bisa dikunjungi ketika ngabuburit adalah Masjid Cheng Ho di jalan Gading, Kecamatan Genteng. Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur China, Jawa, dan Timur Tengah. Warnanya pun beragam, yaitu kuning, merah, dan hijau. Tidak seperti kelenteng lain yang lebih didominasi warna merah.

Masjid ini berdiri di lahan seluas 21×11 meter persegi, luas bangunannya 11×9 meter persegi, dan memiliki 8 sisi di bagian atas bangunan utama. Angka tersebut memiliki makna tersendiri. 11 adalah ukuran Ka’bah saat baru dibangun, 9 melambangkan walingsongo, dan 8 melambangkan Pat Kwa, dalam bahasa Mandarin artinya keberuntungan atau kejayaan. Masjid Cheng Ho tidak hanya dikunjungi oleh ummat Muslim, tapi banyak juga wisatawan non Muslim dari Indonesia dan luar negeri.

5. Pantai Ria Kenjeran

Lokasi Pantai Ria Kenjeran berada di Kecamatan Kenjeran Timur Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Ada dua lokasi Pantai Ria Kenjeran, yaitu Pantai Ria Kenjeran Lama dan Pantai Ria Kenjeran baru. Kedua lokasi tersebut sama-sama menawarkan keindahan pesona pantai dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Jadi, nggak salah dong kalau kamu memilih Pantai Ria Kenjeran sebagai lokasi ngabuburit yang seru! Untuk mengisi waktu, kamu bisa bersantai menikmati suasana pantai atau sekadar jalan santai. Jangan lupa nikmati es kelapa muda dan seafood ketika buka puasa tiba, ya!

6. Pakuwon City Food Festival

foto oleh: http://www.lirikdulu.com/

Pakuwon City Food Festival merupakan bagian dari Mal Pakuwon City dan selalu ramai, terutama saat weekend. Paling asyik kalau kamu menghabiskan waktu untuk ngabuburit di sana, soalnya kalau bulan puasa tiba, para pengunjung bakal datang beberapa jam lebih awal untuk cari tempat sekaligus pesan makanan.

Ada ratusan stand makanan yang bisa diserbu di Pakuwon City Food Festival. Ada menu khas Indonesia, Asia, dan western. Pakuwon City Food Festival bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk makan, tapi juga untuk melakukan berbagai aktivitas seru. Soalnya, di sana kerap dijadikan tempat ngumpul oleh berbagai komunitas, seperti fotografi, cosplay, pecinta hewan, dan lain-lain.

7. Jembatan Suramadu

Siapa sih yang nggak kenal dengan Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura? Jembatan Suramadu sering dijadikan tempat wisata oleh para keluarga, terutama ketika ngabuburit. Kebanyakan dari mereka membawa bekal dari rumah untuk persiapan buka puasa di sana. Untuk menunggu buka puasa, kamu bisa foto-foto atau menyaksikan detik-detik lampu aneka warna di dinding dan kaki jembatan menyala. Atau kamu juga bisa mencoba naik odong-odong. Asyik banget kan!

8. Kawasan Ampel

Kawasan Ampel juga dikenal sebagai Kampung Arab Ampel, tempat wisata religi ummat Muslim di Surabaya. Di kawasan Ampel, kamu bisa menyusuri bangunan kuno, belanja kebutuhan ibadah, busana Muslim, atau mencari makanan khas Timur Tengah untuk buka puasa.

9. Pasar Blauran

Suka berburu buku bekas? Nah, datang aja ke Pasar Blauran, di jalan Kranggan, Sawahan yang menyediakan berbagai jenis buku. Di sana, kamu bahkan diizinkan untuk membaca buku sepuasnya. Seru kan! Untuk buka puasa, kamu bisa menikmati aneka jajanan pasar dan makanan berat di Pasar Blauran.

10. Taman Bungkul

Taman ini diberi nama Taman Bungkul sesuai dengan nama pendirinya, yaitu Sunan Bungkul yang berpengaruh besar terhadap penyebaran agama Islam di Indonesia. Makam Sunan Bungkul pun berada di bagian belakang taman dan pengunjung kerap melakukan ziarah di sana. Selain ziarah, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas di Taman Bungkul saat ngabuburit, seperti jogging, main skateboard, dan lain-lain. Enaknya lagi, nggak ada tiket masuk yang harus dibayar. Yuk, langsung aja mampir ke jalan Taman Bungkul, Darmo.

Buat kamu yang berencana ke Surabaya dalam waktu dekat, jangan lupa menghabiskan waktu saat ngabuburit di 10 tempat di atas, ya! Agar bujet liburan kamu ke Surabaya nggak membengkak, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Surabaya lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke surabaya pesan tiket kereta api murah cari hotel murah di surabaya

Foto utama: http://nevisit.blogspot.co.id

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 855 times, 1 visits today)

Comments

To Top