Destinasi

10 Tempat Mistis di Surabaya untuk Uji Nyali

Kalau ke Surabaya bukan hanya asyik uji nyali dengan makan makanan pedas, tapi kamu juga bisa uji nyali di 10 tempat mistis berikut. Pengin cobain? Simak artikel dari Pegipegi berikut ini dulu, yuk!

1. Rumah Hantu Darmo

foto dari: terseram.com

Rumah Hantu Darmo yang berlokasi di jalan Puncak Permai II nomor 26, Sukomanunggal ini awalnya merupakan rumah hasil pesugihan. Keluarga yang menempati rumah tersebut mendapatkan banyak harta dan barang mewah dengan syarat mereka harus memberikan tumbal dan sesajen. Namun, keluarga tersebut hendak berbuat curang dengan tak lagi memberikan tumbal atau sesajen, juga berniat melarikan diri dengan jalur laut. Para hantu langsung menenggelamkan kapal yang ditumpangi hingga sekeluarga meningga. Kedua penjaga di rumah itu juga tewas terbunuh, tapi kasusnya tidak pernah terungkap. Kabarnya, kedua penjaga itu tewas karena mereka dijadikan sebagai pengganti tumbal yang belum dibayar.

Akhirnya rumah tersebut ditempati oleh para hantu dan nggak ada orang yang ingin membelinya. Bahkan, keluarga yang diwariskan pun nggak ingin menempati rumah tersebut. Bahkan, kondisinya pun makin parah setelah mengalami kebakaran hebat. Uniknya, jika di siang hari, Rumah Hantu Darmo cukup sering dijadikan sebagai lokasi hunting foto yang unik.

2. Tugu Pahlawan

foto dari: wikipedia.org

Untuk mengenang Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, Surabaya membangun Tugu Pahlawan di jalan Tembaan, depan kantor gubernur. Tugu Pahlawan dibangun untuk menghormati prajurit Surabaya yang tewas ketika pertempuran besar. Namun, nggak disangka, tempat bersejarah ini katanya angker. Di siang hari tidak ada tanda-tanda hantu di sana, tapi begitu malam hari saat keadaan sepi, saat itulah hantu-hantu mulai mengganggu warga, terutama hantu berwujud pocong yang mengerikan.

3. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran merupakan tempat mengolah ikan menjadi kerupuk yang sering dijadikan oleh-oleh saat wisatawan pulang dari Surabaya. Namun, pantai cantik ini dicap sebagai tempat mistis di Surabaya soalnya di tingkungan dari pantai lama ke arah Nambangan sering ada kecelakaan yang memakan korban jiwa. Selain itu, Pantai Kenjeran juga dianggap sebagai pusatnya kerajaan ular.

4. Pintu Air Jagir

Pintu Air Jagir pernah diliput oleh acara Mister Tukul Jalan-jalan yang mencoba untuk uji nyali di sana. Mereka juga merasakan aura negatif di sana. Kabarnya, Pintu Air Jagir dihuni oleh Buaya Putih. Menurut warga, Buaya Putih tersebut kerap meminta tumbal dengan menenggelamkan orang yang sedang beraktivitas di sana. Jika ada yang tenggelam, jasadnya tidak pernah bisa ditemukan.

5. Plaza Surabaya (Delta Plaza)

Tadinya, Plaza Surabaya yang berlokasi di jalan Pemuda No.30-37 ini merupakan bekas rumah sakit yang diubah menjadi pusat perbelanjaan di tahun 80-an. Dulu, rumah sakit tersebut dinamakan Rumah Sakit Simpang, karena berada di dekat persimpangan jalan. Rumah Sakit Simpang tidak hanya menangani pasien, tapi juga korban pertempuran di Surabaya. Juga dijadikan tempat rapat untuk mengatur strategi perang.

Katanya, sempat ada seorang perawat yang tewas di sana karena terjepit di lift tua. Hingga kini, arwah perawat tersebut masih suka menampakkan diri. Perawat itu dikenal dengan sebutan suster gepeng. Meskipun sudah menggunakan paranormal untuk mengusir setan, namun hingga kini masih ada pengunjung yang melihat kursi dorong yang berjalan sendiri di tempat parkir lantai atas. Ada juga penampakkan suster berbaju putih di antara Plaza Surabaya dan WTC. Bisa jadi itu adalah suster gepeng yang dimaksud! Hiii…

6. Universitas Airlangga (UNAIR)

foto dari: Ngalam.co

Area paling seram di Universitas Airlangga adalah gedung Fakultas Kedokteran (FK). Kabarnya, ada naga besar yang tak kasat mata mendiami tempat tersebut. Di malam-malam tertentu, kadang suara geraman naga tersebut muncul hingga membuat bulu kuduk merinding. Ada pula penampakkan pocong di ruangan paduan suara dan suara tangisan misterius di laboratorium biotek yang berada di lantai dua gedung Fakultas Farmasi.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

foto oleh: Dok. YouTube

Kampus lain di Surabaya yang angker adalah Institut Sepuluh Nopember (ITS) (jalan Raya ITS). Cerita terseram di ITS adalah tentang kisah bunuh diri di kamar asramanya yang dilakukan oleh seorang mahasiswa yang tertekan karena skripsi. Lapangan gedung Statistika ITS juga dikabarkan menjadi tempat berkumpulnya makhluk halus. Jalan kembar yang berada di depan ITS juga menjadi lokasi penampakkan kuntilanak.

8. Gedung Grahadi

foto dari: jalan2.com

Dulu, Gedung Grahadi (jalan Gubernur Suryo) menjadi tempat peristirahatan pejabat Belanda. Kalau sekarang, Gedung Grahadi menjadi rumah dinas gubernur Jawa Timur. Menurut cerita yang beredar, di lorong-lorongnya terdapat ada sosok hantu Belanda yang suka jalan-jalan ketika malam hari.

9. Balai Pemuda

Ketika zaman penjajahan Belanda, Balai Pemuda dijadikan sebagai tempat clubbing anak muda Belanda. Ketika Indonesia merdeka, Balai Pemuda pun menjadi milik bangsa Indonesia. Namun, Balai Pemuda menjadi angker soalnya sering terdengar alunan musik zaman Belanda.

10. SMA Komplek (SMAN 1, 2, 5, 9)

SMA Komplek di Surabaya ini terdiri dari 4 SMA negeri favorit di Surabaya, yaitu SMAN 1, 2, 5, dan 9). Sekolah tersebut berada di jalan Wijaya Kusuma. Bangunannya sudah ada dari zaman Belanda. Kalau menurut cerita para siswa yang sekolah di sana, mereka kerap diganggu oleh hantu. Misal, tiba-tiba air mengucur sendiri dari keran, muncul suara papan tulis yang diketuk sangat keras padahal kelas sedang kosong, muncul penampakan tentara tanpa kepala, dan lain-lain.

Gimana travelers? Pengin ikutan adu nyali? Yuk, rencanakan aja liburanmu ke Surabaya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Surabaya lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke surabaya pesan tiket kereta api murah ke surabaya cari hotel murah di surabaya

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,106 times, 3 visits today)

Comments

To Top