Kuliner

10 Tempat Kuliner Enak dekat Stasiun Kereta Api Bandung

Setelah melakukan perjalanan panjang dengan kereta api, pastinya bikin kamu lapar dan lelah. Paling enak sih langsung taruh koper dan barang bawaan di hotel dekat stasiun. Lalu istirahat di kamar hotel atau cari tempat kuliner enak untuk makan, ngemil, atau sekadar ngopi. Mungkin, 10 rekomendasi tempat kuliner enak dekat Stasiun Kereta Api Bandung berikut ini bisa jadi referensi saat kamu sudah sampai di Bandung.

1. Sukha Delights Cafe

Buat penggemar kue, wajib banget mampir ke Sukha Delights Cafe yang berada di Paskal Hyper Square Blok D no. 11, jalan Pasir Kaliki. Kafe ini nggak terlalu luas, tapi terdiri dari dua lantai yang ditata dengan cantik. Di setiap mejanya dihiasi bunga segar dalam jar bening, sedangkan interiornya didominasi warna putih dan cokelat, sehingga bikin kamu merasa nyaman. Saat kamu masuk ke dalam, kamu akan disambut oleh jajaran kue yang dipajang di etalase berkaca.

Menu best seller di sana adalah gianduja latte, cake cokelat yang berbentuk tiga buah kubus dan di dalamnya mengandung pasta hazelnut. Ehm, rasanya bikin nagih! Ada juga kue promage blanc dengan kejunya yang lezat. Untuk minum, kamu bisa pesan green tea atau teh cammomile hangat yang bisa bikin tubuh rileks.

Suka Delights Cafe

toscabelly.com

sukha delights2

letsgoeatall.blogspot.com

2. Bakso Semar Pasir Kaliki

Buat yang kepengin makan bakso, terutama penggemar berat bakso urat, wajib banget mampir ke Bakso Semar Pasir Kaliki. Jargon dari kedai bakso ini adalah “Rajanya Bakso Urat”. Ternyata, jargonnya nggak sembarangan karena menu bakso urat di sini memang enak banget!

Isi bakso urat per mangkuk memang cuma dua butir, tapi butirannya besar banget dan bikin kenyang, apalagi kalau kamu campur dengan mie, bihun, bakso rusuk, dan lain-lain. Urat di baksonya berasa banget, nggak seperti bakso urat di tempat lain yang kebanyakan bumbu kanji. Kalau kamu tertarik pengin ngebakso, langsung aja datang ke Bakso Semar Pasir Kaliki di jalan Cihampelas no.68, Taman Sari.

bakso semar

baksoguide.blogspot.com

3. Bakmoy Mahmud

Sesuai dengan namanya, Nasi Bakmoy Mahmud terletak di jalan Mahmud 4 no. 9, kawasan Bandung Utara. Tempatnya memang cuma di dalam gang dan dibuka di rumah biasa, tapi kedai ini selalu ramai akan pengunjung. Menu yang paling laris di sana tentu aja nasi bakmoy yang berisi nasi, potongan-potongan daging kecil dengan potongan tahu bentuk dadu, dan disiram dengan kuah tauco. Penampilannya memang biasa banget dan nggak instagenic, tapi rasanya enak banget. Perpaduan antara nasi, manisnya kuah tauco, gurihnya daging, dan lembutnya tahu merupakan perpaduan yang pas!

Selain itu, ada menu yang nggak kalah asyik adalah lotek Bandung. Lotek ini bisa juga disebut sebagai variasi saladnya Indonesia. Karena, di dalamnya ada beraneka macam sayuran, seperti labu, bayak, kentang, kol, kangkung, dan toge yang direbus dan disajikan dengan siraman bumbu kacang. Rasanya manis, asin, dan gurih di setiap suapan. Kerupuk yang disajikan juga pas untuk menemani lotek.

nasi bakmoy

marimangan.com

lotek bandung

marimangan.com

4. Hong Sin Restaurant

Kalau lagi pengin makan Chinese food, terutama bubur, kamu bisa mampir ke Hong Sin Restaurant, di jalan Banceuy no. 110. Hong Sin Restaurant sudah bertahan hingga puluhan tahun dalam menyajikan bubur malam untuk warga Bandung. Tapi, bukan berarti resto ini cuma buka ketika malam hari, tapi juga siang dan sore hari.

Ada berbagai macam bubur di sini, seperti bubur ikan, ayam, sapi, pie tan, dan lain-lain dengan tingkat kekentalan buburnya yang pas. Tampilan bubur olahan Hong Sin juga diberi hiasan dari irisan cakwe, daun peterseli, dan daun bawang. Apabila kurang asin atau ingin tambah merica, semua sudah disediakan di meja. Oh ya, beberapa menu bubur di sini nggak halal, ya.

hong sin

letsgoeatall.blogspot.com

5. Martabak Nikmat Andir

Ke Bandung nggak lengkap rasanya kalau nggak makan martabak. Salah satu martabak yang dekat dengan Stasiun Kereta Api Bandung adalah Martabak Nikmat Andir yang selalu ramai. Yang khas dari kedai martabak di jalan Jenderal Sudirman no. 413 ini adalah bahan utamanya, yaitu pandan jagung dan keju. Jadi, soal aroma, nggak usah ditanya lagi deh harum pandannya menggoda atau nggak! Belum lagi tambahan jagung dan kejunya yang sudah pasti enak banget! Kalau sudah ke sini, sudah pasti kamu lupa sama diet. Hihihi…

martabak andir

anakjajan.com

6. Bumbu Desa

Jika kamu suka masakan tradisional Pasundan, kamu bisa coba makan di resto Bumbu Desa. Kamu akan disajikan makanan khas “kampung”, tapi disajikan dengan modern dan bercitarasa rumahan. Atmosfir di sana bakal membawa kamu untuk menikmati suasana pedesaan yang menentramkan.

Menu yang disajikan tentu aja makanan Sunda, seperti aneka tumisan dan sayur, sedangkan lauknya sendiri identik dengan makanan sehari-hari, seperti ayam goreng/ bakar, ikan mas dan gurame, atau gepuk. Bumbu Desa memiliki lebih dari 50 outlet di Bandung, tapi yang paling dekat dengan Stasiun Kereta Api Bandung berada di jalan Pasir Kaliki 160. 

bumbu desa2

windykei.blogspot.com

7. Sapu Lidi

Bandung memang terkenal akan restonya yang bernuansa pedesaan. Selain Bumbu Desa, Sapu Lidi yang berada di jalan Cihampelas 7, Bandung tentu nggak boleh dilewatkan. Interiornya bernuansa tradisional dan diiringi alunan musik khas Sunda yang menenangkan. Kamu bisa pilih, mau duduk di kursi dan meja makan seperti biasa atau lesehan. Kalau pilih makan secara lesehan, kamu bakal merasa seperti lagi di Cihampelas yang ramai.

Makanannya masih bertema Sunda dengan nasi yang ditempatkan di bakul dan lauk-lauk yang ditempatkan di “wajan-wajan”, semuanya beralaskan daun pisang. Kamu bisa pesan menu jagoan seperti ayam bakar, paru goreng, empak gepuk, jamur goreng, dan lain-lain. Es kelapa jeruk sebagai dessert juga nggak boleh dilewatkan, ya!

sapu lidi cihampelas

www.tripadvisor.com.sg

8. Sate Maulana Yusuf

Jangan ngaku-ngaku kamu penggemar sate kalau kamu belum pernah makan di Sate Maulana Yusuf. Soalnya, kedai sate ini legendaris dan sudah dibuka dari tahun 1980-an. Selain sate, di sini juga jual sop buntut, soto ayam, serta gule. Daging satenya tentu aja beragam, dari ayam, sapi, dan kambing.

Daging sate di Sate Maulana Yusuf bukan hanya terkenal akan kelezatannya, tapi juga keempukan dan ukurannya yang besar. Jadi, nggak bakal rugi deh kalau makan di sini. Harus sabar menunggu aja sih pas antre di sini karena kedai ini selalu ramai, terutama di akhir pekan. Langsung aja datang ke Sate Maulana Yusuf di jalan Pasir Kaliki no 25 – 27, Kebon Kawung.

sate maulana yusuf

bandung.panduanwisata.id

9. Kedai Kopi Bara

Kedai Kopi Bara berada di jalan Cibadak no. 237 yang merupakan daerah Pecinan. Kedai kopi ini sengaja dibangun di sebuah bangunan Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1890. Untuk mempertahankan nilai historis bangunan tersebut, Kedai Kopi Bara sengaja nggak melakukan banyak perubahan pada bentuk asli bangunannya.

Enaknya ngopi di sana adalah di bagan terasnya kamu bisa menikmati kopi yang diolah dengan sajian manual brewing sambil menikmati udara Bandung yang sejuk. Untuk teman minum kopi, kamu bisa pesan roti bakar smoked beef + poach egg, tahu garam lada, atau pisang cokelat keju.

kedai kopi bara

dailyculinarybdg.wordpress.com

kedai kopi bara

plus.google.com

10. Bandoengsche Melk Centrale (BMC)

Kalau kamu bukan penggemar kopi, tapi penggemar susu, datang aja ke Bandoengsche Melk Centrale (BMC) atau yang lebih dikenal sebagai pusat susu kota Bandung. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai minuman yang merupakan produk dari susu, seperti yogurt cocktail, milk shake, yogurt shake, dan lain-lain. Susu murni maupun susu dengan berbagai rasa juga ada di BMC. Kalau suka banget sama es krim, langsung aja pesan ice ceam tart mini tiramisu, ice cream tart mini black forest, dan lain-lain.

Menu lain yang terkenal di sana bukan hanya yang berbahan susu, tapi ada juga sop buntut goreng yang disajikan dengan kuah sop terpisah. Jenis makanan lain, seperti nasi timbel, nasi uduk, nasi bakar, nasi pepes, nasi goreng, gulai, gado-gado, dan lain-lain juga ada di sini. Sambil makan dan minum susu, jangan lupa untuk menikmati arsitektur bangunannya yang serba vintage! Kalau tertartik, kamu bisa langsung mampir ke jalan Aceh no. 30.

bandoengsche_melk_centrale_collage-870x375-870x370

graved.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Selain punya rekomendasi tempat kuliner enak dekat Stasiun Kereta Api Bandung, pegipegi juga punya rekomendasi hotel murah dekat Stasiun Kereta Api Bandung dengan tarif cuma Rp 200 ribuan. Artikelnya bisa kamu baca di sini. Supaya liburan kamu makin murah, jangan lupa sekalian pesan tiket kereta api ke Bandung melalui pegipegi.com, ya!

lihat 9 hotel murah dekat stasiun bandung, tarif cuma Rp 200 ribuan pesan kereta api ke bandung

(Visited 16,837 times, 1 visits today)

Comments

To Top