Destinasi

10 Tempat Bersejarah di Surabaya yang Perlu Disambangi

hotel-majapahit

Mumpung tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan, pegipegi ingin membahas soal tempat bersejarah di Surabaya yang perlu kamu kunjungi. Karena, Surabaya merupakan kota yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan Indonesia ketika melawan tentara Inggris pada 10 November 1945 silam. Kalau kamu liburan ke Surabaya, tentu aja kamu wajib mengunjungi 10 tempat bersejarah berikut ini. Di sana kamu bisa mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

1. Tugu Pahlawan

Untuk mengenang Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, Surabaya membangun Tugu Pahlawan di jalan Tembaan, depan kantor gubernur. Tugu Pahlawan dibangun untuk menghormati prajurit Surabaya yang tewas ketika pertempuran besar. Tugu Pahlawan juga dibangun dengan bentuk paku terbalik dan memiliki ketinggian 40,45 meter dan diameter 3,10 meter. Bagian bawahnya berdiameter 1,30 meter dan dihiasi dengan ukuran “Trisula” bergambar, “Cakra”, dan “Padma” yang merupakan simbol api perjuangan.

2. Jembatan Merah

jembatan-merah

foto dari: http://surabaya.panduanwisata.id/

Dulunya, Jembatan Merah adalah tempat para pedagang dari berbagai negara, baik itu China, Eropa, maupun Arab yang melakukan transaksi jual-beli. Dan digunakan sebagai jalur transportasi VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Jembatan Merah juga menjadi saksi pertempuran antara pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby yang berakhir dengan kematian Brigjen Mallaby. Awalnya, jembatan tersebut menggunakan pagar kayu sebagai pembatas, namun kini sudah menggunakan pagar besi. Warna merah pada pagar pembatas tetap digunakan untuk mengenang pertumpahan darah yang sudah terjadi.

3. Monumen Jenderal Soedirman

Monumen Jenderal Soedirman yang berada di Yos Sudarso berdiri sejak 10 November 1970 oleh Presiden Soeharto untuk memperingati Hari Pahlawan. Monumen tersebut menampilkan patung Jenderal Soedirman dengan seragam PETA, sepatu boot, dan sebilah pedang di pinggang sebelah kiri. Di bawah patung terdapat kubus dan di sisi-sisinya terpampang kata-kata Jenderal Soedirman yang sering dilontarkan selama revolusi fisik berlangsung. Jasa Soedirman yang terbesar adalah beliau berhasil memukul mundur tentara Inggris ke Semarang. Peristiwa ini disebut Palagan Ambarawa dan berlangsung dari 12 sampai 15 Desember 1945. Kemudian, Soedirman diangkat menjadi Panglima Besar TKR (Tentara Keamanan Rakyat).

4. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam yang dibangun di sisi Sungai Kalimas adalah monumen kapal terbesar di Asia. Monumen Kapal Selam dibangun karena ide para sesepuh Kapal Selam dari Angkatan Laut. Tujuan dibangunnya Monumen Kapal Selam adalah menciptakan kawasan wisata di Jawa Timur, agar mencerminkan Indonesia sebagai negara maritim, dan sebagai kenangan untuk para pejuang yang sudah membela Tanah Air. Di dalamnya terdapat kapal selam, pesawat tempur, tank, dan lain-lain. Kapal selam yang dipajang adalah Kapal Selam Angkatan Laut Armada RI bagian timur, KRI Pasopati 410.

5. Museum Mpu Tantular

Di dalam Museum Mpu Tantular terdapat berbagai barang peninggalan sejarah, terutama dari zaman kerajaan. Ada kurang lebih 1.500 koleksi barang antik dari Kerajaan Hindhu, Islam, dan Buddha. Untuk masuk ke sana, kamu hanya perlu membayar tiket Rp 4 ribu* untuk dewasa dan Rp 3 ribu* untuk anak-anak.

6. Gedung Negara Grahadi

gedung-negara-grahadi

foto dari: EastJava.com

Gedung Negara Grahadi (jalan Gubernur Suryo) dibangun tahun 1975. Mulanya gedung ini menghadap ke sebelah utara, tepatnya ke Sungai Kalimas. Sehingga, ketika sore hari, penghuninya bisa minum teh sambil melihat perahu menyusuri Sungai Kalimas. Namun, pada tahun 1802, letak gedung diubah menghadap selatan hingga sekarang dan difungsikan sebagi rumah dinas Gubernur Jawa Timur.

7. Hotel Majapahit

Dulunya, hotel yang berada di jalan Tunjungan No. 65 ini bernama Hotel Yamato. Hotel Majapahit menjadi saksi pertumpahan banyak darah akibat insiden dirobeknya Bendera Merah Putih Biru Belanda menjadi Bendera Merah Putih Indonesia. Tidak heran jika hotel ini selalu dijadikan tempat mengenang pemuda Indonesia yang sudah berjuang hingga titik darah penghabisan.

Sampai sekarang, Hotel Majapahit masih eksis dan telah berkembang menjadi hotel bintang lima di Surabaya. Agar suasana zaman dahulu masih terasa, hotel ini tetap mempertahankan arsitektur kolonial Belandanya. Kamu bisa lho menginap di Hotel Majapahit dengan harga mulai dari Rp 1.563.223* per malam dengan pesan di pegipegi.

hotel-majapahit

Klik gambar untuk lihat detail harga dan hotel.

lihat hotel majapahit surabaya

8. Gedung Siola

gedung-siola

foto dari: PARKIT.id

Tak jauh dari Hotel Majapahit, ada gedung Siola. Dulunya, gedung ini bernama Whiteway Laidlaw yang dimiliki oleh Robert Laidlaw, pengusaha tekstil asal Inggris. Setelah beliau meninggal, gedung ini dibeli Chiyoda, pengusaha dari Jepang. Gedung ini juga pernah berfungsi untuk menahan serangan sekutu dari utara. Ketika pertempuran berlangsung, prajurit Surabaya sempat membakar gedung ini. Kini, gedung tersebut diberi nama Siola dan berfungsi sebagai pusat perbelanjaan alat-alat elektronik.

9. Bank Mandiri

bank-mandiri-surabaya

foto dari: pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com

Tadinya, gedung Bank Mandiri yang berlokasi di jalah Pahlawan adalah milik perusahaan dagang Belanda yang bernama Lindeteves Stokvis. Gedungnya dibangun pada tahun 1911. Ketike penjajahan Belanda berakhir, gedung tersebut digunakan tentara Jepang untuk menyimpan senjata. Pada 1 Oktober 1945, pemuda Surabaya pun bertempur dengan tentara Jepang. Pemuda Surabaya akhirnya berhasil merampas senjata milik Jepang.

10. Gedung Pertamina

Gedung Pertamina terletak nggak jauh dari Jembatan Merah, tepatnya di jalan Niaga. Gedung tersebut dibangun pada 25 Oktober 1945 lalu diduduki oleh pasukan sekutu di bawah pimpinan Kolonel Pugh. Di gedung tersebut, ia mengajari cara merampas senjata perang warga Surabaya. Sehingga, menimbulkan pertempuran yang menewaskan Brigjen Mallaby di sekitar Jembatan Merah.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Gimana travelers? Tempat-tempat di atas punya kisah sejarah yang harus dikenang, kan? Jadi, jangan ngaku cinta Indonesia jika kamu nggak pernah menginjakkan kaki di 10 tempat bersejarah tersebut. Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat murah atau tiket kereta api murah ke Surabaya lewat pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Surabaya!

pesan tiket pesawat murah ke surabaya pesan tiket kereta api murah ke surabaya cari hotel murah di surabaya

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Jika kamu ingin transaksi yang lebih murah dan mudah, yuk, instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store!

google-play

apps-store

 

(Visited 645 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top