Destinasi

10 Tempat Asyik untuk Ngabuburit di Semarang

gereja_blenduk_semarang-1

Saat menjelang buka puasa di bulan Ramadhan ini, pasti bosan sekali jika hanya duduk diam di rumah. Nah, bagi kamu yang ada di Semarang atau akan berlibur ke Semarang, kamu pasti butuh rekomendasi tempat-tempat menarik untuk kamu ngabuburit bareng keluarga atau teman. pegipegi punya 10 tempat menarik di Semarang yang bisa jadi pertimbanganmu.

1. Simpang Lima

Simpang Lima termasuk salah satu ikon kota Semarang. Semua orang yang pernah ke Semarang atau mempunyai kerabat dan teman orang Semarang pasti tahu Simpang Lima.  Tempat ini adalah tempat favorit orang Semarang untuk ngabuburit. Karena, selain berada di pusat kota, di sini banyak sekali pedagang yang berjualan makanan.

Di sini juga banyak hiburan, seperti sepeda warna-warni yang bisa disewa sambil menunggu bedug. Simpang Lima juga dekat sekali dengan Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Jadi, kalau kamu ingin shalat setelah buka puasa, kamu tidak perlu jauh-jauh pulang dulu ke rumah. Bisa juga sekadar kumpul-kumpul dengan teman komunitasmu di sini biar lapar dan hausnya tidak begitu terasa.

Simpang+Lima+Semarang

www.semarangplus.com

2. Waduk Jatibarang & Goa Kreo

Tempat ini masih relatif baru di Semarang. Awalnya hanya ada Sungai Jatibarang dan Goa Kreo. Kemudian pemerintah Semarang membendung sungai ini dan membangun waduk. Pemerintah juga membangun sebuah jembatan berwarna merah dengan desain menarik yang menghubungkan Goa Kreo dan tempat parkir.

Goa Kreo adalah sebuah pulau kecil berkontur seperti bukit. Pulau Goa Kreo atau disebut juga pulau monyet karena dihuni oleh banyak monyet jinak, dikelilingi waduk tersebut dan akhirnya mejadi tempat berkumpulnya warga Semarang saat sore hari. Terutama di bulan Ramadhan, di mana banyak orang yang mencari tempat untuk bersantai sambil menunggu waktunya berbuka puasa.

Jika ke sini, kamu akan disambut anak tangga yang lumayan banyak, sampai akhirnya tiba di jembatan merah itu. Lalu jika sudah di Goa Kreo, siap-siap dihampiri para monyet. Jangan lupa menutup tas kamu karena beberapa moyet itu cukup agresif. Tapi, ini bisa jadi hiburan buat kamu sambil menunggu bedug. Kamu bisa duduk-duduk sambil memeberi makan monyet-monyet itu dengan kacang yang kamu bawa sendiri dari rumah. Dan jangan lupa, kamu juga harus membawa sendiri makanan untuk berbuka puasa di sini.

annatsa154.blogspot.com

annatsa154.blogspot.com

goa kreo

hellosemarang.com

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan salah satu ikon kota Semarang. Saat Ramadhan seperti ini, banyak sekali muda-mudi yang datang ke masjid ini untuk ngabuburit. Para wisatawan suka duduk-duduk di sini dan sesekali berfoto dengan background masjid yang indah ini.

Kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah bersama teman atau keluargamu. Di sini kamu bisa menikmati kemegahan Masjid Agung yang arsitekturnya memadukan gaya khas Jawa dan Arab ini sambil duduk-duduk dan bercengkrama. Kamu juga bisa naik ke menara masjid jika tertarik. Tapi menara masjid ini hanya dibuka sampai jam 5 sore aja. Jadi kamu harus datang sedikit lebih awal agar bisa naik ke bagian atas menara dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Jika ingin membeli jajanan untuk berbuka puasa, kamu nggak usah khawatir. Di depan gerbang masjid ini banyak yang menjual berbagai macam makanan. Mulai dari gudeg, mie ayam, bakso, pecel, dan nasi kucing bisa kamu beli untuk disantap saat waktu buka puasa tiba.

kontraktorkubahmasjid.com

kontraktorkubahmasjid.com

4. Kawasan Kota Lama

Sama seperti Kota Tua di Jakarta, Kota Lama di Semarang juga bisa menjadi pilihan asyik untuk ngabuburit. Meskipun bangunannya sudah tua, semua bangunan di Kota Lama yang berarsitektur khas Eropa ini masih terlihat cantik untuk difoto atau dijadikan background jika kamu ingin berfoto bersama teman atau keluarga.

Sebagian bangunan di Kota Lama, atau yang sering disebut dengan “Little Netherland” ini, sebagian sudah direnovasi dan dijakan sebagai kantor ataupun kafe. Nah, kafe-kafe ini juga bisa jadi opsi untuk tempat berbuka puasa. Ada juga jajanan di jalanan kawasan Kota Lama ini yang bisa kamu beli untuk berbuka. Atau jika kamu tidak ingin berbuka puasa di sini, kamu bisa berkeliling dan berfoto di kawasan Kota Lama yang bangunannya masih kokoh ini.

linneasetdesign.blogspot.com

linneasetdesign.blogspot.com

5. Pantai Marina

Ngabuburit di pantai bisa jadi salah satu alternatif yang menarik jika kamu bosan dengan suasana di tengah kota yang ramai dan padat dengan kendaraan. Salah satunya di Pantai Marina yang bisa kamu datangi bersama teman atau keluarga.

Kamu bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan matahari terbenam yang indah. Untuk masuk ke kawasan Pantai Marina ini kamu hanya perlu membayar tiket yang cukup murah, hanya Rp 4000* untuk satu orang. Tapi, kamu harus membawa makanan sendiri untuk kamu santap setelah berbuka. Karena, di sini tidak banyak yang berjualan makanan seperti di pusat kota.

wisatakita.net

wisatakita.net

6. Taman Tabanas Bukit Gombel

Jika kamu mau ngabuburit di tempat yang lebih sejuk, kamu bisa datang ke Taman Tabanas yang terletak sekitar 8 km dari Tugu Muda Semaran, tepatnya di jalan Setyabudi Semarang. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian dan matahari terbenam yang cantik bersama teman atau keluarga. Kamu bisa menunggu bedug sambil duduk-duduk menikmati keindahan lampu-lampu kota yang satu persatu mulai menyala. Di Taman Tabanas juga terdapat banyak restoran dan kafe yang bisa kamu datangi untuk berbuka puasa.

hellosemarang.com

hellosemarang.com

7. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan terletak nggak jauh dari Simpang Lima. Di jalan Pahlawan terdapat banyak bangunan kantor pemerintahan karena hampir semua kantor penting pemerintahan dipusatkan di jalan ini. Meskipun begitu, ketika sore hari, apalagi di bulan Ramadhan, jalan ini berubah menjadi tempat nongkrong yang banyak didatangi warga Semarang. Dan seperti Simpang Lima, jalan Pahlawan ini juga banyak didatangi muda-mudi dengan komunitasnya masing-masing.

Banyak terdapat jajanan yang dijajakan di sepanjang jalan ini. Kamu bisa memilih sendiri minuman atau makanan ringan apa yang kamu mau beli untuk berbuka puasa. Jajanan yang dijual di sini pun murah-murah, hanya berkisar Rp 2500 – 3000*.

hartonorahayuproject.wordpress.com

hartonorahayuproject.wordpress.com

8. Puri Maerokoco

Puri ini terletak di jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Seperti layaknya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, kawasan Puri Maerokoco ini juga berisi rumah-rumah adat, atau disebut juga anjungan. Bedanya, Puri Maerokoco hanya berisi rumah-rumah adat dari berbagai provinsi di Jawa Tengah. Selain rumah adat, tempat ini juga dilengkapi fasilitas hiburan lain, seperti bianglala, kolam pemancingan, perahu, dan pasar apung.

Ada 35 rumah adat di sini. Kamu bisa ngabuburit dengan berkeliling ke berbagai rumah adat sambil belajar tentang macam-macam adat istiadat dan budaya yang ada di Jawa Tengah. Tempat ini bisa menjadi tempat hiburan yang menarik sekaligus bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Jawa Tengah.

Untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu*. Setelah itu kamu bebas berkeliling di komplek Puri Maerokoco. Tempat ini buka sampai pukul 6 sore. Jadi pas sekali, kan, kalau kamu menunggu Magrib tiba di sini?

denimildan.blogspot.com

denimildan.blogspot.com

9. Bukit VW

Bukit VW cocok untuk kamu yang tertarik dengan mobil-mobil bergaya retro, seperti mobil-mobil Volkswagen tua yang ada di sana. Banyak sekali muda-mudi yang datang ke sini pada sore hari untuk berfoto di depan jejeran mobil-mobil tua tahun 70-an ini. Bagi kamu pecinta fotografi, tempat ini bisa menjadi salah satu spot foto yang unik dan menarik di Semarang.

Bukit VW terletak di jalan Sambiroto Raya, Tembalang. Tempat ini tidak jauh dari pusat kota, hanya berjarak 10-15 menit saja dengan berkendara. Tapi di sini belum banyak yang berjualan makanan. Jadi jika kamu ingin ngabuburit dan berbuka puasa di sini kamu harus membawa makanan sendiri, ya.

asmoroseto.blogspot.com

asmoroseto.blogspot.com

10. Mall

Semarang merupakan kota metropolitan. Mall yang dibangun di sini memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk kamu yang senang berbelanja atau sekadar senang menghabiskan waktu di mall, kamu bisa mendatangi salah satu mall di pusat kota Semarang sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, salah satunya Paragon Mall yang berada di jalan Pemuda No. 118, Sekayu.

Di sana dilengkapi dengan berbagai macam tempat makan, seperti kafe dan foodcourt. Jadi kamu tinggal pilih tempat makan mana yang kamu suka untuk berbuka puasa. Juga dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah. Kamu tidak perlu keluar dari mall untuk shalat setelah berbuka puasa.

archello.com

archello.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Tuh kan, banyak sekali tempat ngabuburit yang asyik dan murah untuk liburan selama bulan puasa di Semarang. Supaya biaya jalan-jalanmu ke Semarang makin murah, jangan lupa pesan tiket pesawat murah atau pesan tiket kereta api murah lewat pegipegi.com! Juga jangan lupa untuk cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang pesan tiket kereta api murah ke semarang cari hotel murah di semarang

(Visited 1,272 times, 1 visits today)

Comments

To Top