Destinasi

10 pura paling ikonik di Bali

Pura Besakih

Selain punya sederet pantai cantik, Bali juga identik dengan pura yang megah dan sarat akan budaya. Belum lagi didukung pemandangan di sekitar pura yang nggak kalah menarik. Yap, nggak terhitung berapa jumlah pura cantik di Bali yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata, meski tidak juga menghilangkan fungsi utamanya sebagai tempat ibadah.Itulah mengapa Bali pun mendapat sebutan pulau seribu pura. Nah, saat kamu berkunjung ke Bali, sempatkan mengunjungi10 pura paling ikonik ini, ya! Tapi ingat, pakai baju yang sopan sebagai tanda kamu menghargai adat dan budaya setempat.

  1. Pura Agung Besakih
Pura Besakih

wayanbalipraktistour.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar nama Pura Agung Besakih yang letaknya memang di desa Besakih, Karangasem. Terdiri dari satu pusat pura (pura penataran) dan 18 pura pendamping, nggak heran pura ini dinobatkan sebagai pura terbesar di Indonesia. Pura pun terlihat makin megah dengan sederet anak tangga menuju gerbang menuju Pura Penataran Agung Besakih.

  1. Pura Uluwatu
pura uluwatu

tourhematdibali.com

Umat Hindu di Bali mempercayai Pura Uluwatu sebagai penyangga sembilan arah mata angin. Terletak di desa Pecatu, Kuta, Badung, Pura Uluwatu terlihat ikonik karena dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Yap, dari atas Pura Uluwatukamu bisa melihat hamparan laut luas berwarna biru jernihyang menakjubkan, travelers. Benar-benar menyegarkan mata!

  1. Pura Tanah Lot
pura tanah lot bali

dikutabali.com

Ketika berkunjung ke Tanah Lot kamu akan melihat pura bernama sama di ujung tebing yang menjorok ke laut. Setelah mengunjungi pura, jangan lewatkan mengeksplor dua gua yang saling berhadapan, yaitu gua ular suci dan gua mata air tawar.

Kamu bisa menyentuh ular suci berwarna hitam putih bahkan berfoto sambil memegangnya, dibantu penjaga. Sementara di gua mata air tawar, kamu bisa mencicipi segarnya air yang (anehnya) terasa tawar padahal gua dikelilingi air laut yang asin.

  1. Pura Ulun Danu Beratan
pura ulun danu beratan

pariwisata-dewata123.blogspot.com

Bedugul yang sejuk ternyata memiliki pura yang sangat terkenal, bahkan diabadikan dalam uang pecahan Rp 50.000. Dikelilingi danau Beratan yang cantik, danau ini menjadi sumber air bagi irigasi pertanian untuk area di sekitarnya. Sementara puranya dipercaya menjadi tempat pemujaan Dewi Laksmi, dewi kesuburan dan keindahan. Yap, selain sebagai tempat ibadah, pura cantik ini memang menjadi daya tarik pariwisata di Bedugul. Nggak percaya? Datang langsung dan nikmati keindahannya yang memanjakan mata.

  1. Pura Saraswati
pura saraswati

mataram.info

Kalau pura yang satu ini terkenal dengan taman air dan teratai cantik, travelers. Kamu bisa melihat pemandangan menyejukkan ini saat menuju gerbang utama pura. Sesuai namanya, Pura Saraswati dibangun untuk memuja Dewi Saraswati, perwujudan ilmu pengetahuan dan seni. Tertarik dengan kecantikan pura yang satu ini? Datang saja ke Ubud, lokasinya nggak jauh dari Monkey Forest pastinya mudah ditemukan, kok.

  1. Pura Taman Ayun
Pura taman ayun

en.wikipedia.org

Pura Taman Ayun punya sejarah panjang dan termasuk salah satu pura yang tertua. Maklum saja,usia pura yang terletak di Desa Mengwi, Kabupaten Badung ini sudah mencapai 400 tahun! Meski usianya nggak muda, tapi Pura Taman Ayun tetap terlihat indah karena dikelilingi pepohonan rimbun, bunga-bungaan, dan kolam yang mengitari seluruh komplek pura seluas empat hektar. Selain untuk beribadah, komplek pura ini juga memiliki panggung kesenian aneka kerajinan dan museum. Lengkap, kan?

     7. Pura Alas Kedaton

pura alas kedaton

www.id.baliglory.com

Suasana sejuk langsung menyambut saat travelers berkunjung ke Pura Alas Kedaton. Kenapa? Karena pura yang berada di Desa Kukuh, Tabanan ini sangat terjaga kelestariannya. Masyarakat sekitar bahkan pantang menebang pohon sembarangan demi membuat kompleks pura tetap hijau.

Satu lagi yang bikin Pura Alas Kedaton ini ikonik karena di dalamnya hidup ribuan kera dan kelelawar, travelers. Kalau berniat berkunjung ke sini, jangan lupa bawa camilan untuk kera-kera ya

  1. Pura Taman Sari
pura taman sari

bali.panduanwisata.id

Pura yang terletak di Klungkung ini nggak cuma indah dari segi bangunan, tapi juga punya nilai historis yang tinggi. Di sinilah Kerajaan Majapahit menyimpan senjata pusaka mereka. Meski sebagian besar senjata sudah dirampas oleh Belanda, tapi Padma Anglayang yang menjadilambang kekuasaan Kerajaan Majapahit, masih tersimpan rapi di Pura Taman Sari, travelers.

  1. Pura Goa Gajah
Goa Gajah Temple-

goodbalidrivers.com

Beda dengan kebanyakan pura yang berada di ketinggian, Pura yang berada di Ubud ini justru dibangun lebih menurun. Makanya, kamu harus menuruni jalan setapak sebelum menemukan pura yang  bentuknya menyerupai gajah ini. Uniknya, pura ini sebenarnya adalah situs yang ditemukan kembali pada tahun 1923, setelah sempat terkubur sekian lama. Di sekitar pura pun terdapat goa bernama sama, yang dilengkapi dengan kolam, serta puing bangunan kuno bersejarah.

  1. Pura Rambut Siwi
pura rambut siwi

www.tripadvisor.com

Pura yang terletak di Jembrana, Negara, ini biasa didatangi umat Hindu yang ingin beribadah dan meminta air suci. Jika kamu melintasi Denpasar-Gilimanuk, di area ini kamu akan melihat kendaraan yang menepi karena orang-orang ingin bersembahyang memohon keselamatan. Area pura ini cukup luas, terdiri dari satu pura utama dan beberapa pura lainnya. Selain hamparan sawah, kamu bisa menuruni tangga menuju pantai yang memiliki pasir hitam di samping pura.

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi pura-pura cantik di Bali, buruan atur perjalananmu dengan pegipegi sekarang juga! Dijamin cuma pegipegi yang bisa memberikan harga termurah, deh.

(Visited 1,696 times, 1 visits today)

Comments

To Top