Rekomendasi

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Harus Dibawa Pulang!

Sebagai traveler yang hobi banget berkunjung ke Semarang, jangan sampai kamu lupa bawa pulang oleh-oleh khas Semarang untuk diri sendiri dan kerabat. Banyak makanan atau barang yang bisa diborong dari Semarang dan pastinya nggak bakal bikin kamu menyesal. Apa aja, ya, yang bisa diborong?

1. Lumpia Semarang

lumpia semarang

id.wikipedia.org

Lumpia Semarang tentunya berbeda dari jenis lumpia pada umumnya. Bentuknya menyerupai rollade yang berisi rebung, telur, daging ayam, dan udang. Citarasa lumpianya merupakan perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang.

Tak sulit mendapatkan lumpia Semarang karena kamu bisa menemukannya di seluruh penjuru Kota Semarang. Namun, alangkah lebih baik jika kamu membeli langsung dari tempat asli, di mana resep lumpia ini diciptakan. Datang aja langsun ke Gang Lombok yang berada di kawasan Pecinan. Lumpia yang dijual dikemas dalam besek atau kotak yang terbuat dari bambu.

2. Tahu bakso

tahu bakso

www.initempatwisata.com

Tahu bakso yang lezat di Semarang, tentunya nggak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh. Ada dua macam tahu bakso yang bisa kamu bawa pulang, yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Keduanya jelas sama-sama enak, tergantung selera masing-masing. Makin mantap jika kamu makan tahu bakso ini dengan tambahan cabai rawit.

Untuk mendapatkan tahu bakso yang terenak, kamu bisa mampir ke Tahu Bakso Bu Pudji di Ungaran. Soalnya, Bu Pudji sudah menjajahkan jualannya sejak 1995. Jajanan yang dibuat beliau ini sudah mampir di kantor-kantor pemerintahan di sekitar Ungaran.

3. Roti ganjel rel

roti ganjel rel

www.tokomesin.com

Roti ganjel rel terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula, kayu manis, dan taburan wijen. Teksturnya yang keras dan warnanya yang cokelat, membuat warga Semarang menyamakannya dengan bantalan rel kereta api. Kalau menurut ahli kesehatan, teksturnya yang keras membuat roti ganjel rel baik untuk kesehatan. Kamu bisa menemukan roti ganjel rel yang sudah dikemas sebagai oleh-oleh di Pusat Oleh-oleh jalan Pandanaran.

4. Bandeng

bandeng juwana

www.anekawisata.com

Penggemar ikan bandeng wajib mampir ke Bandeng Juwana Erlina. Ada beberapa olahan bandeng yang bisa kamu bawa pulang, di antaranya Bandeng Duri Lunak, Bandeng Asap, dan Otak-otak Bandeng. Selain bandeng yang dibawa pulang, kamu juga bisa menikmati sajian khas Bandeng Juwana Erlina di warung makannya yang terletak di lantai dua. Kamu bisa mencicipi Sate Bandeng, Bandeng Tauco, dan Gudeg Bandeng.

5. Mochi

moaci gemini

www.anekawisata.com

Kue mochi yang terbuat dari tepung adonan tepung ketan dan di dalamnya berisi kacang cincang dan gula ternyata menjadi oleh-oleh khas Semarang yang selalu dicari. Mochi yang populer di Semarang adalah Moaci Gemini yang menjamin barang dagangan mereka nggak menggunakan bahan pengawet. Moaci Gemini bisa tahan sampai satu minggu.

6. Wingko babat

wingko babat

writenreview.blogspot.com

Wingko memang bukan jajanan khas Semarang, namun berasal dari sebuah kecamatan di Lamongan yaitu Babat. Namun, jajanan berbentuk bulat dalam berbagai ukuran dengan rasa legit ini banyak dicari wisatawan yang datang ke Semarang. Perpaduan rasa yang dihasilkan dari kelapa muda pilihan dan gula menjadikan wingko memiliki rasa khas yang lezat. Apalagi jika dicip ketika sore hari bersama teh manis hangat.

Salah satu wingko yang populer di Semarang adalah Wingko Babat Cap Kereta Api yang dipopulerkan oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang. Awalnya, wingko dijual di sekitaran Stasiun Tawang. Itulah yang menjadi alasan wingko ini diberi merk Wingko Babat Cap Kereta Api.

7. Roti Brilian

roti brilian

anekatempatwisata.com

Roti Brillian atau yang lebih dikenal dengan sebutan Brillian Super Cake menjadi oleh-oleh khas Semarang yang banyak diburu wisatawan. Roti ini dapat kamu temukan di Istana Brillian. Kenapa jajanan ini laris? Karena, Roti Brilian terbuat dari bahan pilihan terbaik dan menggunakan resep kuno yang masih terjaga keasliannya. Varian rasanya juga beragam, mulai dari keju, cokelat, almond, dan kismis. Proses pengemasannya yang baik, bikin roti ini tahan lama dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

8. Kaos Costa Brava van Java

kaos semarang

seputarsemarang.com

Kaos Costa Brava van Java adalah kaos asli buatan anak Semarang. Costa Brave merupakan sebuah kota pantai cantik yang berada di Eropa. Nama tersebut berasal dari Belanda yang menjuluki Kota Semarang dengan tujuan ingin mengenang Kota Semarang. Kaos Costa Brava van Java memiliki desain unik dan fresh. Beberapa desain di antaranya adalah gambar Simpang Lima dan Lawang Sewu. Selain kaos, tersedia juga aksesoris lain seperti mug, gantungan kunci, dan tas. Anda bisa datang ke kantornya di Jalan Tlogosari untuk mendapatkan kaos unik ini.

9. Batik Semarang

batik semarangan

potensijateng.com

Semarang juga memiliki batik khas yang cukup unik. Batik Semarang memiliki motif berbeda dari batik lainnya. Motif batik Semarang merupakan gambaran dari landmark khas kota, misalnya Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan Tugu Muda. Untuk mendapatkan batik khas ini, kamu bisa datang ke Kampung Batik Semarang. Di sana, kamu nggak hanya bisa membeli batik, namun juga bisa melihat proses pembuatan dan juga ikut belajar membatik.

10. Aneka oleh-oleh di Kampoeng Semarang

oleh-oleh semarang

www.semarangplus.com

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Semarang yang lebih beragam, kamu bisa mampir ke Kampoeng Semarang. Dengan jargon toko “One Stop Leisure”, Kampoeng Semarang menjadi lokasi yang cocok untuk berburu beragam oleh-oleh. Bukan hanya jajanan, tapi juga ada kerajinan khas Semarang yang unik dan indah. Hasil kerajinannya berasal dari UKM-UKM terbaik di Semarang, jadi kamu nggak perlu khawatir akan kualitasnya.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, nggak sulit kan berburu oleh-oleh di Semarang? Jadi, siapkan bujet khusus kamu untuk berburu oleh-oleh jika liburan ke sana, ya! Untuk menghemat bujet perjalanan, rencanakan perjalanan kamu dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang lewat pegipegi.com. Jangan lupa sekalian pesan hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di semarang

 

 

(Visited 12,578 times, 8 visits today)

Comments

To Top