Rekomendasi

10 Jenis oleh-oleh khas Bali paling ‘hits’

Pie-susu-bali

Jalan-jalan ke Pulau Dewata kalau nggak bawa oleh-oleh khas Bali rasanya gimana, gitu? Serasa ada yang kurang. Nah kalau itu yang dirasakan, travelers harus menyimak dulu oleh-oleh khas Bali yang wajib diborong saat liburan. Jenisnya bermacam-macam, ada yang bisa dimakan, dikenakan, buat pajangan, atau buat koleksi. Jadi kali ini, Pegipegi mau kasih informasi komplit tentang oleh-oleh khas Bali yang wajib di tenteng sebelum pulang.

 

  1. Pie Susu
Pie-susu-bali

foto : piesusubliman.com

Ini adalah camilan pertama yang wajib masuk daftar oleh-oleh khas Bali yang harus dibeli. Pie susu adalah produk makanan khas Bali yang sudah populer dijadikan oleh-oleh wisatawan saat plesiran ke Bali. Pie susu punya bentuk ceper, lalu bagian pinggirannya agak keras. Yang legit tentu saja di bagian tengah karena ada fla susu yang rasanya creamy banget. Teksturnya yang gado-gado membuat oleh-oleh khas Bali ini tidak pernah luput dari incaran wisatawan. Kamu bisa pilih berbagai varian topping, mulai dari choco chips, kismis, almon, atau keju.

 

  1. Kacang Disco
kacang-disco-bali

foto : commons.wikimedia.org

Pulau dewata juga punya camilan unik dan asyik banget dijadikan teman nonton tv. Namanya kacang disco. Oleh-oleh khas Bali ini dibuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung yang dicampur bumbu, lalu digoreng hingga kering. Rasanya renyah dan teksturnya kriuk-kriuk banget. Kamu bisa pilih rasa udang, barbeque, pedas-manis, atau rasa manis. Oleh-oleh khas Bali ini lebih enak kalau disantap rame-rame sambil ngobrol atau curhat-curhatan. Kacang disco ini bisa ludes dengan cepat tanpa kamu sadari.

 

  1. Pia Legong
pia-legong-bali

foto : promobali.wordpress.com

Camilan lain yang juga menjadi oleh-oleh khas Bali adalah Pia Legong. Yang paling unik dan khas dari makanan ini apalagi kalau bukan kemasannya yang bergambar penari Legong. Cara pembuatan pia ini masih tergolong tradisional, alias tanpa bantuan mesin. Dalam proses pembuatannya pun jumlahnya dibatasi. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas agar rasanya tidak berubah. Nggak heran kalau banyak pembeli kecewa berat karena sudah muter-muter mendatangi toko yang menjual camilan ini, tapi setibanya di lokasi ternyata sudah habis. Seperti halnya camilan di atas, Pia Legong juga punya 3 varian rasa, yaitu kacang hijau, cokelat, dan keju. Kalau kamu hobi berat dengan makanan bercitarasa keju, maka Pia Legong wajib dibeli sebagai oleh-oleh khas Bali.

 

  1. Kopi Kintamani
kopi-kintamani-bali

foto : http://balitribune.co.id/

Setelah oleh-oleh khas Bali berupa camilan masuk keranjang, kamu tentu perlu sejenis minuman ‘kan travelers? Buat penggemar kopi, Bali juga punya kopi Kintamani yang sudah mendunia. Pas banget ‘kan? Kopi dari Kintamani punya rasa yang khas banget karena ada taste sedikit asam serta aroma jeruk yang begitu terasa. Hebatnya lagi, kopi Kintamani sudah punya sertifikat Geographical Indication. Itu artinya, kualitasnya sudah memenuhi standar internasional. Kalau kebetulan kamu nggak terlalu suka kopi, ‘kan bisa dikasihkan buat temen-teman kantor. Setuju?

 

  1. Bali Home Spa
bali-home-spa

foto : sekarjepunbali.com

Oleh-oleh khas Bali ini khusus diperuntukan buat kalangan ‘ladies’ yang hobi memperhatikan penampilan fisik dan perawatan tubuh. Kamu nggak harus pergi ke spa kok karena kalau dari Bali kamu bawa oleh-oleh home spa, kamu bisa lakukan sendiri di rumah. Murah meriah dan kamu nggak harus ribet keluar. Kalau pengin memutihkan kulit biar kelihatan lebih kinclong atau pengin melunturkan daki-daki alias kotoran yang nempel di kulit, Bali Home Spa ini wajib dibeli. Varian produknya juga macem-macam, ada yang body scrub dan body butter. Kamu tinggal pilih saja varian dan aroma favorit.

 

  1. Kaos khas Bali
kaos-joger-bali

foto : tokoseberang.com

Kaos adalah oleh-oleh khas Bali yang paling gampang di cari. Kalau ada waktu ke Joger atau pusatnya kaos plesetan di Pulau Dewata, itu lebih bagus. Tapi kalau nggak sempet, di berbagai tempat wisata juga ada banyak kios yang menjajakan kaos bertema Bali. Yang paling unik dan khas Bali tentu saja kaos yang ada tema barong. Tahu sendiri ‘kan kalau Bali dikenal dengan kreatifitasnya yang tinggi. Baju barong ini juga nyaman dipakai dan cocok banget dikenakan di rumah buat bersantai ria. Kalau nggak dipakai sendiri, kaos khas Pulau Dewata ini juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Bali buat sodara-sodara atau temanmu.

 

  1. Kerajinan khas Bali
kerajinan-khas-bali

foto : suararadio.com

Yang namanya kerajinan khas Bali pasti bermacam-macam. Ada dalam bentuk tempat lilin, gantungan kunci, lukisan, seni ukir, topeng, dan masih banyak lagi. Kebanyakan kerajinan ini tersedia di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Sukawati serta daerah di Nusa Dua. Semua orang tahu kalau Bali adalah gudangnya orang kreatif. So kalau kamu lagi ada di sana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bali berbentuk kerajinan tangan. Nggak harus mahal kok, karena kamu bisa beli gelang atau kalung dengan bentuk unik dengan harga terjangkau.

 

  1. Batik Bali
batik-bali

foto : budgettravelerssandbox.com

Batik nggak cuma ada di daerah Jawa, seperti Jogjakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon dan lainnya. Tapi kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Bali berupa Batik. Kalau pengin jadi kolektor, kamu bisa beli dalam bentuk kain memanjang. Tapi kalau pengin produk batik yang sudah jadi, kamu bisa beli kemeja, long dress, gaun, rok, ataupun tas. Model dan warnanya juga keren-keren jadi kamu harus lihai dalam memilih bahan dan menawar harga.

 

  1. Mukena Muslim

Buat kaum muslimah, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Bali dalam bentuk mukena. Kamu pasti nggak menyangka ‘kan? Biarpun mayoritas masyarakat Bali beragama Hindu tetapi ada juga sentra pembuatan mukena Bali yang begitu tersohor. Bahan yang dipakai dari rayon halus dan adem banget saat dikenakan. Corak dan warnanya yang bermacam-macam tentu bisa bikin kamu mendapatkan mukena favorit. Menjelang lebaran, produsen mukena di Bali kebanjiran order dan bahkan nggak sanggup untuk menambah pesanan. Tapi kalau hari biasa, akan jauh lebih mudah buat travelers untuk menemukan oleh-oleh khas Bali ini.

 

  1. Kerajinan Perak

Travelers, kalau kamu pengin berburu oleh-oleh khas Bali dalam bentuk kerajinan perak, kamu bisa datang ke Desa Celuk yang menjadi salah satu sentra kerajinan perak di Bali. Kamu bisa beli patung, pahatan, sendok, atau, garpu. Kalau ada produk yang cocok di hati, nggak usah sungkan untuk menawar harga. Masalah kualitas jangan ditanya karena perajin dari Bali sudah terkenal dengan pengerjaan produk yang detail dan sempurna. Kalau sama-sama cocok, oleh-oleh khas Bali berupa hasil kerajinan ‘kan bisa buat pajangan untuk mempermanis interior rumah atau tempat kerja.

Travelers, sekarang kamu tahu ‘kan oleh-oleh khas Bali apa yang wajib masuk dalam daftar belanjaan kalau kamu lagi liburan ke Pulau Dewata? Jangan buru-buru pulang sebelum mendapatkannya karena kamu bakalan menyesal. Kalau list oleh-oleh khas Bali sudah diincar, setelah itu langsung saja buka website Pegipegi.com untuk pesan tiket pesawat dan booking hotel di Bali. Happy shopping.

(Visited 43,812 times, 17 visits today)

Comments

To Top