Tips

10 Mitos Keliru Soal Puasa yang Perlu Kamu Tahu!

mitos bulan puasa

Tahu nggak travelers, ternyata banyak mitos yang beredar soal puasa. Jangan sampai travelers terjebak oleh mitos-mitos yang keliru tersebut. Takutnya ibadah puasa travelers jadi nggak lancar. pegipegi sendiri pun sering mendengar mitos-mitos keliru soal puasa. Apa aja nih mitosnya?

1. Mandi saat puasa adalah makruh (sebaiknya nggak dilakukan)

Faktanya:

Nggak benar bahwa mandi saat puasa adalah makruh soalnya nggak ada dalil yang menguatkan hal tersebut. Malahan, mandi saat berpuasa harus dilakukan. Rasulullah sendiri pernah mencurahkan air ke atas kepala beliau ketika puasa karena sedang kepanasan.

mandi saat puasa

www.harianjogja.com

2. Korek hidung atau telinga membatalkan puasa

Faktanya:

Meskipun banyak yang beranggapan demikian, tapi nggak ada dalil yang menunjukkan hukum tersebut.

3. Menggosok gigi ketika sedang puasa dapat mengurangi pahala puasa

Faktanya:

Menggosok gigi malah dianjurkan saat puasa. Apalagi Islam adalah agama yang mementingkan kebersihan.

gosok gigi saat puasa

www.cirebontrust.com

4. Berenang dapat membatalkan puasa

Faktanya: 

Berenang nggak membatalkan puasa asalkan selama berenang nggak ada air yang terminum, baik sengaja atau pun nggak sengaja. Yang jadi masalah adalah ketika berenang suka ada air yang terminum, apalagi jika yang berenang adalah pemula. Jadi, jika kamu belum terlalu ahli berenang, sebaiknya nggak usah berenang ketika puasa.

berenang saat puasa

health.kompas.com

5. Menangis dapat membatalkan puasa

Faktanya:

Yang bikin puasa batal adalah jika kita memasukkan sesuatu ke dalam tubuh, seperti makan atau minum. Sementara, menangis itu nggak ada hubungannya dengan makan atau minum, jadi nggak bakal membatalkan puasa.

menangis saat puasa

musmus.me

6. Puasa dapat menyebabkan sakit

Faktanya:

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, puasa malah baik untuk kesehatan. Dehidrasi ringan saat puasa justru bisa mengendalikan kerja fungsi ginjal dan bagi penderita gangguan lambung dan diabetes, ibadah puasa akan mengurangi penyakit yang diderita.

Begitu pula dengan penyakit maag yang nggak menjadi halangan untuk berpuasa, tapi tergantung dari jenis dan parahnya penyakit. Penderita maag fungsional (usus 12 jari dan lambung normal, tapi fungsi terganggu), puasa justru menyehatkan. Sedangkan, penderita maag organik (terjadi karena kelainan otomatis, seperti luka pada lambung atau usus 12 jari), sebaiknya nggak puasa karena bisa menyebabkan pendarahan.

sakit saat puasa

www.apartmenttherapy.com

7. Ibu menyusui dilarang puasa karena berpengaruh terhadap bayi yang disusui

Faktanya:

Sampai saat ini, belum ada bukti penelitian yang menunjukkan kualitas dan kuantitas ASI berkurang atau berat badan bayi menurun bila ibu puasa ketika menyusui. Puasa di bulan Ramadhan adalah wajib bagi setiap umat Muslim, termasuk ibu hamil dan menyusui. Tapi, para ibu yang sedang menyusui harus mengetahui permasalahan kondisi biologis dan psikologis ibu supaya bayi nggak dikorbankan saat ibu berpuasa.

menyusui saat puasa

shanghaimamas.org

8. Nggak boleh olahraga ketika puasa

Faktanya:

Justru aktivitas fisik saat puasa sebaiknya nggak dikurangi. Jika kamu tetap ingin olahraga, pilihlah waktu menjelang buka puasa, 1- 2 jam sebelumnya atau 2 – 3 jam sesudahnya. Olahraga akan merangsan keluarnya hormon anti insulin yang berfungsi melepaskan gula darah ke tubuh. Jika kurang bergerak atau olahraga, tubuh malah akan terasa lemas, bahkan pingsan karena kadar gula dibiarkan menurun drastis.

olahraga saat puasa

duniafitnes.com

9. Tidur ketika puasa adalah ibadah dan dianjurkan

Faktanya:

Memang benar terdapat hadist yang menyebutkan bahwa tidur saat puasa adalah ibadah. Tapi, tidur nggak bisa dijadikan patokan orang tersebut beribadah atau nggak. Karena, jika kamu tidur terus dan mengabaikan ibadah atau pekerjaan, hal tersebut adalah haram hukumnya.

tidur ketika puasa

www.cnn.com

10. Langsung tidur sehabis sahur akan menenangkan lambung

Faktanya:

Setelah sahur sebaiknya nggak langsung tidur untuk menghindari naiknya makanan dari lambung ke kerongkongan (reflux). Beri jeda beberapa waktu dulu, sehingga perut terasa nyaman, tidak terasa mual, dan ingin muntah.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sudah tahu kan apa aja mitos keliru soal puasa? Semoga setelah travelers tahu soal mitos-mitos di atas, puasa travelers jadi lebih lancar, ya! Selain berbagai soal mitos soal puasa, pegipegi juga suka berbagai soal info jual tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com. Semoga bisa membantu persiapan traveling kamu selanjutnya, travelers! Selamat menunaikan ibadah puasa.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 567 times, 1 visits today)

Comments

To Top