Destinasi

10 Masjid Terindah di Indonesia

Masjid-Raya-Medan

Travelers, kamu pengin berwisata religi mengunjungi masjid-masjid terindah di Indonesia? Nggak harus dilakukan saat bulan Ramadan kok karena kamu bisa datang kapan saja. Jadi kalau lagi ada tugas kantor atau memang sedang liburan, nggak ada salahnya mengintip dan mengagumi masjid terindah yang ada di daerah. Nah kali ini, Pegipegi sudah meringkas tentang 10 masjid terindah yang ada di Indonesia. Jadi kalau di kemudian hari kebetulan kamu ada di daerah tersebut, nggak ada salahnya untuk mampir ‘kan?

 

  1. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau

Masjid-Agung-An-Nur-RIAU

foto : anekatempatwisata.com

Masjid Agung An-Nur yang ada di Pekanbaru Riau menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia. Proses pembangunan yang memakan waktu hampir 5 tahun, yaitu dari tahun 1963 – 1968 dipengaruhi gaya arsitektur India, Arab, Turki, dan Melayu. Perpaduan style tersebut menciptakan seni bangunan mengagumkan. Renovasi yang dilakukan secara besar-besaran pada tahun 2000 menghasilkan bangunan seperti yang terlihat sekarang. Dengan menempati luas lahan sekitar 12,6 hektar, masjid ini terlihat begitu megah dan cantik. Para jamaah yang datang pun akan dimanjakan dengan taman-taman hijau yang segar. Fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai dari ruang pertemuan, perpustakaan, tempat pendidikan (mulai dari SMA, SMP, SD, TK, dan playgroup), radio penyiaran, dan tempat parkir yang luas. Bahkan, banyak orang yang mengatakan kalau Masjid Agung An-Nur Riau ini mirip seperti Taj Mahal-nya Riau. Kamu setuju?

 

  1. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid-Agung-Jateng

foto : panjimas.com

Menempati area seluas hampir 10 hektar, Masjid Agung Jawa Tengah yang ada di Kota Semarang ini patut mendapat predikat sebagai masjid terindah di Indonesia. Ciri utama yang dimiliki masjid ini tentu saja keberadaan atap limas yang identik dengan bangunan Jawa pada bagian ujung, keberadaan kubah berukuran cukup besar yaitu 20 meter, serta menara yang berjumlah 4 dengan tinggi masing-masing 62 meter. Gaya arsitektur yang diadopsi sang arsitek adalah kombinasi gaya Romawi, Islam, dan Jawa. Menara tunggal dengan tinggi sekitar 99 meter juga menjadi pemanis masjid terindah di Jawa Tengah. Sedangkan kaligrafi sebagai ornamen pada pilar yang berjumlah 25 dimaksudkan untuk mewakili jumlah nabi dan rasul bergaya Koloseum Atena. Saking cantiknya, nggak menyangka kalau masjid terindah di Semarang ini ada di Indonesia ya.

 

  1. Masjid Raya Medan, Medan

Masjid-Raya-Medan

foto : tripdomestik.com

Masjid Raya Al Mashun atau populer dengan nama Masjid Raya Medan juga layak masuk dalam daftar masjid terindah di Indonesia. Biarpun dibangun pada tahun 1906 dan sudah berumur tua, namun masjid ini tetap terlihat cantik karena mengusung gaya arsitektur Spanyol, India, Maroko, Melayu, Turki, dan Timur Tengah. Dengan bentuk persegi delapan, dimana masing-masing sayap menghadap ke arah barat, utara, selatan, dan timur, masjid terindah yang ada di Medan ini menjadi saksi sejarah keberadaan Kesultanan Deli. Keberadaan pintu pada bagian beranda yang dikawal oleh jendela-jendela yang terbuat dari kayu dan kaca-kaca patri menjadi identitas masjid terindah di Medan. Begitu pula bagian tiang, plafon, dan dinding yang dirancang begitu detail membuat Masjid Raya Medan sering dijadikan tempat wisata religi masyarakat sekitar atau travelers yang kebetulan ada di kota Medan.

4.      Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Masjid-Dian-Al-Mahri

foto : istanasurgaku.blogspot.com

Masjid terindah di Indonesia juga dimiliki oleh Depok, yaitu Masjid Dian Al-Mahri atau lebih familiar dengan nama Masjid Kubah Emas. Masjid yang letaknya dekat dengan Jakarta ini begitu terkenal karena kubahnya terbuat dari emas. Biarpun menjadi tempat beribadah, namun siapa nyana kalau masjid terindah di Depok ini juga sering dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Menempati luas lahan sekitar 50 hektar, masjid terindah di Depok dapat menampung jamaah sekitar 20.000 dengan fasilitas yang cukup lengkap. Keberadaan 5 kubah, dimana salah satu diantaranya sebagai kubah utama ini seluruhnya dilapisi empas dengan ketebalan antara 2 – 3 mm serta dipercantik dengan mozaik kristal. So kalau dilihat-lihat, bentuk kubahnya jadi mirip banget dengan Taj Mahal.

 

5.      Masjid Islamic Centre, Samarinda

Masjid-Islamic-Centre-samarinda

foto : pengetahuan1000.blogspot.com

Salah satu masjid terindah di Indonesia terletak di Samarinda, yaitu Masjid Islamic Center Samarinda. Yang unik dari masjid ini tentu saja keberadaan Sungai Mahakam yang menjadi ‘halaman’ masjid dan kalau malam hari terlihat begitu mencolok karena lampu-lampu yang terlihat begitu gemerlap dan menonjol dibandingkan dengan bangunan lain disekitarnya. Masjid terindah di Samarinda ini mengadopsi masjid-masjid yang sudah populer, seperti Masjid Nabawi di Arab Saudi serta Haghia Sophia di Istanbul, Turki. Masjid Islamic Center Samarinda punya 7 menaranya punya tinggi 99 meter, 70 meter, dan 57 meter. Fasilitas yang tersedia di salah satu masjid terindah di Indonesia ini juga cukup lengkap, seperti tempat parkir yang luas, ruang pertemuan, TK internasional, poliklinik, dan asrama.

 

6.      Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid-Istiqlal-Jakarta

foto : uniqpost.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan Masjid Istiqlal? Masjid kebanggaan masyarakat Jakarta ini sudah jadi langganan untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha para pejabat negeri.  Dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, Masjid Istiqlal dapat dipakai lebih dari 200.000 orang. Tidak mengherankan karena masjid terindah di Jakarta ini ukurannya begitu besar sehingga tidak heran dapat menampung banyak jamaah. Masjid Istiqlal ini mengadopsi gaya arsitektur modern, dimana pada bagian lantai dan dinding dilapisi marmer serta punya ornamen geometri yang terbuat dari baja antikarat sehingga walau pun sudah berumur, struktur bangunannya tetap terlihat kokoh.

 

7.      Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid-Raya-Baiturrahman-aceh

foto : ulya877.blogspot.com

Masjid Raya Baiturraham yang ada di Aceh menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada masa Kesultanan Aceh. Barangkali Taj Mahal di India inspirasi masjid kebanggaan warga Aceh karena bangunannya begitu mirip. Masjid terindah di Aceh ini makin dikagumi karena ketika badai tsunami tahun 2004, masjid ini tetap tegak berdiri. Gaya arsitektur yang ditampilkan Masjid Raya Baiturrahman juga cukup menarik perhatian masyarakat. Apalagi ada pancuran dengan stlye Kesultanan Turki Utsmani, halaman yang begitu luas, serta ukiran yang terlihat disana-sini sehingga menawarkan atmosfer yang begitu sejuk. So kalau kebetulan kamu traveling ke Aceh, jangan lupa untuk mampir ke salah satu masjid terindah di Aceh ya.

 

8.      Masjid Raya Makassar

Masjid-Raya-Makassar

foto : bujangmasjid.blogspot.com

Masjid terindah di Indonesia bisa kamu temukan di Makassar yang dapat menampung hampir 10.000 jamaah. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1948 dan rampung tahun 1949 dan mengalami renovasi lagi pada tahun 1999 sampai 2005. Yang unik dari masjid terindah di Indonesia ini adalah bahan bangunannya yang 80 persen merupakan bahan lokal serta 2 menara bertinggi 47 meter dan 66,66 meter. Sentuhan arsitektur Mediteranian yang terlihat pada masjid terindah di Makassar ini menciptakan suasana yang begitu megah dan modern. Pada bagian interiornya, kamu bisa lihat ornamen kaligrafi yang menjadi penghias langit-langit dan dinding masjid.

 

9.      Masjid Agung, Tuban

masjid-agung-tuban

foto : triphemat.com

Kota Tuban juga menjadi tempat bagi salah satu masjid terindah yang ada di Indonesia. Nggak usah heran travelers karena Kota Wali ini memang punya riwayat sejarah cukup panjang. Masjid ini pertama kali dibangun pada abad ke-15 oleh Adipati Raden Ario Tedjo, yaitu bupati pertama yang beragama Islam pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit. Masjid terindah di Indonesia yang menempati tempat strategis ini pernah mengalami pemugaran selama beberapa kali hingga yang terakhir dilakukan tahun 2004. Masjid ini memiliki 6 menara dengan desain interior yang dipenuhi pola lengkungan yang menjadi penghubung tiang penyangga. Bila dilihat secara seksama, Masjid Agung Tuban pun terlihat seperti kolom-kolom yang mirip seperti Masjid Cordoba di Spanyol. Begitu juga dengan desain eskterior yang ditampilkan karena permainan warna yang begitu kentara menghasilkan pesona berbeda kalau terlihat di malam hari.

 

10.  Masjid Rahmatan Lil-Alamin, Indramayu

Masjid-Rahmatan-Lil-Alamin-Indramayu

foto : www.bloggermangga.com

Masjid Rahmatan Lil-Alamin yang ada di Indramayu ini memang pantas masuk dalam daftar masjid terindah di Indonesia. Bukan tanpa alasan karena masjid ini mengadopsi seni arsitektur dari dari berbagai negara, seperti bangunan keren di Romawi, Dinasti Cina Klasik, Masjid Cordoba, Medinat Az-Zahra Spanyol, Istana Al-Hamra, dan bangunan-bangunan di Mesir. Yang unik dari Masjid Rahmatan Lil-Alamin adalah bagian dinding yang disusun dari granit dan tanpa cat sehingga terkesan begitu alami. Sebagai kompleks pendidikan dengan basis pesantren mulai dari SD hingga perguruan tinggi, tempat ini pun selalu ramai dengan para jamaah. Nggak ada kesan kumuh dan semrawaut, yang terlihat hanyalah style kompleks bangunan yang modern, megah, bersih kinclong dan terlihat begitu gagah.

(Visited 9,573 times, 8 visits today)

Comments

To Top