Kuliner

10 Manfaat Sehat Buah Lemon yang Wajib Kamu Tahu!

Sudah nggak asing lagi dong sama buah berwarna kuning dan kaya vitamin C ini? Yup, buah lemon bisa kamu gunakan untuk campuran masakan atau minuman. Selain rasanya yang asam-asam segar, ternyata buah lemon juga punya manfaat sehat buat tubuh, lho. Penting, nih, buat kamu yang mau jaga tubuh supaya tetap bisa traveling tanpa harus ngeluarin biaya yang mahal. Mau tahu? Baca selengkapnya di bawah ini!

1. DETOKS BAGI TUBUH

Saat liburan, pastinya kamu suka icip-icip kuliner khas di tiap daerah. Setiap kuliner yang kamu konsumsi ternyata punya sebagian kandungan yang tidak baik. Nah, air lemon punya manfaat buat membantu membersihkan darah dan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Jadi, kamu bisa tetep kulineran dengan aman.

2. MELANCARKAN PENCERNAAN

Kalau kamu suka susah BAB saat liburan, kamu bisa coba buat minum air lemon. Zat baik yang ada di buah lemon bisa melancarkan pencernaan kamu sehingga kamu bisa buang air besar secara teratur. Kalau kamu punya sistem pencernaan yang lancar, “limbah” yang ada di dalam tubuh juga bisa terbuang dengan baik dan kamu punya tubuh yang sehat. Kamu bisa minum air hangat dengan perasan lemon di pagi hari saat perut masih kosong.

3. MENURUNKAN BERAT BADAN

Pulang liburan berat badan jadi naik? Tenang aja, minumlah jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu secara teratur. Campuran air ini dipercaya dapat membantu kamu buat menurunkan berat badan. Jadi, nggak perlu khawatir lagi, deh!

4. MENGATUR KESEIMBANGAN TEKANAN DARAH

Manfaat buah lemon lainnya adalah kandungan kalium yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung. Kalium yang ada di buah lemon bisa membantu tubuh untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dan juga rasa pusing serta mual.

5. SEBAGAI ANTIKANKER

Air lemon juga mengandung banyak senyawa antikanker yang punya manfaat untuk memperlambat pertumbuhan tumor penyebab kanker. Pasien kemoterapi juga dianjurkan buat minum air lemon untuk membantu menghilangkan jejak radiasi, lho.

6. MENGHILANGKAN RASA SAKIT GIGI

Sakit gigi pas liburan emang nggak banget, deh! Buat mengobatinya oles saja irisan buah lemon di area gigi yang sakit dan rasa nyerinya akan berkurang. Supaya mulut kamu tetap fresh selama liburan, kamu juga bisa memijat gusi dengan irisan buah lemon untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Setelah itu, jangan lupa untuk berkumur dengan air bersih ya, karena kalau noda lemon yang menempel terlalu lama bisa membuat gigi cepat keropos.

7. MENGURANGI STRESS DAN DEPRESI

Pas kamu lagi capek abis jalan-jalan atau stress mikirin daftar oleh-oleh dan titipan yang belum terbeli, cobain deh buat minum segelas air lemon hangat. Kandungan baiknya bisa membantu tubuh dan pikiran jadi lebih tenang sehingga rasa stress dan beban pikiran kamu bisa berkurang. Setelah itu, kamu bisa lanjut jalan-jalan dengan tenang.

8. MENGHENTIKAN PENDARAHAN

Lemon juga punya kandungan antiseptik yang bisa menghentikan pendarahan dari dalam tubuh. Misalnya saat kamu tiba-tiba mimisan, kamu bisa teteskan jus lemon pada kapas dan letakkan di dalam hidung. Dengan cara ini mimisan kamu bisa cepat berhenti.

9. MEREDAKAN LUKA BAKAR

Air lemon juga bisa membantu meredakan luka bakar yang ada di kulit, lho. Kamu bisa oleskan luka bakar dengan jus lemon dan sensasi terbakar dari luka akan langsung hilang. Nggak cuma itu, kalau kamu punya bekas luka bakar yang susah hilang olesan air lemon juga bisa membantu untuk memudarkannya.

10. MERAWAT KULIT

Untuk kecantikan, kamu bisa minum air lemon secara teratur untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan dan flek hitam yang ada pada wajah. Kalau pengin punya kulit yang sehat dan bercahaya, minum saja air lemon dengan campuran air hangat dan madu.

Pengin dong makin sehat biar waktu traveling kamu nggak keganggu? Kamu bisa mulai rutin untuk minum air lemon mulai sekarang. Kalau badan udah fit, langsung deh rencanain liburan sesuka hati. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top