Tips

10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gimana dengan puasanya, travelers? Semoga aja masih lancar, ya! Mumpung masa puasa masih panjang, Pegipegi ingin berbagi soal manfaat puasa untuk kesehatan dan kecantikan supaya kamu lebih semangat puasanya! Selain bisa menurunkan berat badan, apa aja sih manfaat lainnya?

1. Terjadi detoksifikasi pada tubuh

Selama ini, kita sudah makan berbagai macam makanan dan minuman. Tak jarang, kita juga memakan makanan olahan yang mengandung banyak zat kimia yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Sebagian besar racun tersimpan dalam lemak. Selama berpuasa, lemak akan terbakar, sehingga racun-racun pun akan keluar dari tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berkurangnya racun dan lemak pada tubuh, otomatis membuat kekebalan tubuh meningkat. Apalagi jika selama sahur dan berbuka kamu rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Asupan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam tubuh pun makin tinggi.

3. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Ketika berpuasa, kolesterol jahat (LDL) menurun dan kolesterol baik (HDL) meningkat. Sehingga, berdampak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Menyehatkan ginjal

Ginjal berfungsi untuk menyaring zat berbahaya dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Ginjal akan berfungsi maksimal jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 – 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai dan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

5. Mencegah diabetes

Dengan berpuasa, kadar gula darah akan menurun, sehingga kamu bisa terhidar dari diabetes.

6. Menggantikan sel-sel kulit dan tubuh

Ketika kamu berpuasa, mungkin kamu akan merasa kulit kamu cepat terasa kering dan kusam. Hal tersebut wajar karena ketika berpuasa, tubuh akan mengganti sel-sel kulit lebih cepat daripada biasanya. Begitu pula dengan sel-sel tubuh. Jadi, jangan lupa untuk makan sahur dan berbuka dengan makanan yang bergizi tinggi agar regenerasi kulit kamu lebih sehat.

7. Mengatasi jerawat

Jika tubuh mengalami detoksifikasi, jerawat pun bisa mengering dan pecah dengan cepat. Soalnya, jerawat juga merupakan hasil dari bakteri dan racun yang ada di tubuh.

8. Memperbaiki kuku dan rambut

Saat awal puasa, rambut dan kuku akan terlihat lebih kusam dan kering. Tapi, setelah kamu rutin berpuasa, rambut dan kuku akan lebih sehat dan indah. Soalnya, rambut dan kuku beregenerasi lebih cepat.

9. Bisa membuat otak lebih tajam dan kreatif

Puasa bisa bikin pikiran lebih tenang dan melambat. Pikiran yang melambat ternyata dapat membuat otak lebih tajam dan kreatif.

10. Membersihkan mata

Puasa juga bisa membuat mata lebih tajam dan indah. Ketika berpuasa, kotoran dalam mata bisa dikeluarkan secara maksimal. Jangan heran kalau mata kamu jadi terlihat lebih indah dan penglihatan lebih tajam!

Setelah tahu puasa banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, pastinya kamu jadi semakin semangat untuk puasa dong? Supaya makin semangat, ayo rencanakan mudik Lebaran kamu dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.crosswalk.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 326 times, 1 visits today)

Comments

To Top