Kuliner

10 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Setiap tanggal 23 Juli, kita memperingati Hari Anak Nasional. Tentunya, kita berharap agar anak Indonesia makin cerdas. Salah satu upaya mencerdaskan anak bangsa adalah dengan rutin makan ikan, seperti yang dikampanyekan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti.

Menurut survey yang telah dilakukan, setiap tahunnya orang Jepang makan ikan sebanyak 86 kg. Sedangkan orang Indonesia hanya 40 kg per tahun. Berarti konsumsi ikan di Indonesia masih terbilang rendah. Padahal, ikan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan otak.

1. Membantu pembentukan otak

Kandungan omega 3 pada ikan adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk membentuk sel otak. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3, seperti salmon, ikan buntal, dan lain-lain supaya pembentukan sel otak janin lebih maksimal.

Mengonsumsi omega 3 pada ikan juga bisa membantu menyembuhkan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), yaitu gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak.

2. Menyehatkan kulit dan rambut

Asam lemak omega 3 dari ikan bisa menyehatkan kulit dan rambut, sehingga kulit dan rambut kamu nggak lagi kering dan kusam. Bahkan, asam omega 3 mampu memperbaiki kondisi kulit yang dialami oleh penderita psoriasis.

3. Menyehatkan jantung

Orang Eskimo dan Jepang jarang sekali ditemukan yang memiliki penyakit jantung koroner. Soalnya, mereka suka sekali makan ikan dalam jumlah besar, terutama ikan salmon. Dalam sehari, orang Eskimo bisa menghabiskan ikan sekitar 300-400 gram, sedangkan orang Jepang makan ikan 100-200 gram per hari.

4. Menyehatkan tulang

Vitamin D dan fosfor dibutuhkan tubuh untuk menguatkan tulang. Salah satu makanan yang tinggi akan vitamin D adalah ikan.

5. Mencegah depresi

Depresi bisa terjadi pada orang yang kekurangan asam lemak omega 3. Jadi, kamu kudu rutin mengonsumsi ikan, travelers! Depresi pada ibu setelah melahirkan juga bisa diatasi dengan rutin makan ikan, ketimbang minum obat tenang dari dokter.

6. Menyehatkan mata

Ikan bisa melawan degenerasi makula (bagian tengah retina), glaukoma, dan sindrom mata kering. Untuk kamu yang makan ikan setidaknya dua porsi per minggu, lebih kecil kemungkinan mengalai degenerasi makula dibandingkan yang nggak makan ikan sama sekali.

7. Mencegah diabetes

Untuk mencegah diabetes, salah satu caranya adalah rutin mengonsumsi ikan. Mereka yang makan ikan lebih rutin, kecil kemungkinan terkena diabetes ketimbang yang nggak makan ikan sama sekali.

8. Mencegah stroke

Penyebab stroke adalah tekanan darah tinggi dan makanan berlemak jahat. Dengan mengonsumsi ikan, bisa mengurangi tekanan darah dan baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Jadi, dengan rutin makan ikan, penyakit stroke bisa dicegah.

9. Membantu menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang diet, jangan lupa mengonsumsi ikan. Menurut penelitian, minyak ikan dengan DHA mampu membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak, sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Mereka yang mengonsumsi kapsul minyak ikan dan rutin berolahraga terbukti menurunkan lebih banyak lemak, ketimbang yang hanya olahraga tapi nggak mengonsumsi kapsul minyak ikan.

10. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan degredasi fungsi otak. Dengan mengonsumsi kan, bisa membantu meningkatkan fungsi neuron pada otak yang berfungsi untuk meningkatkan memori dan daya ingat otak. Para peneliti di berbagai belahan dunia memang telah mengungkapkan bahwa kandungan gizi ikan ini sangat penting untuk mencegah penyakit alzheimer, terutama ikan kukus, bukan yang digoreng.

Travelers, jangan lupa rutin makan ikan, ya, supaya kesehatan tubuh dan otak kamu tetap terjaga. Dan untuk kamu yang tengah merencanakan traveling, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://lifestyle.okezone.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 216 times, 1 visits today)

Comments

To Top