Kuliner

10 Manfaat Daun Pandan yang Harus Kamu Tahu

Mungkin kamu sudah tahu bahwa daun pandan kerap digunakan di beberapa makanan, seperti nasi uduk, kolak pisang, dan kue supaya aromanya nikmat. Namun, manfaat daun pandan bukan hanya memberikan aroma nikmat pada makanan, lho. Masih banyak manfaat lainnya dari daun pandan.

1. Menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut

Rutin menyiram kulit kepala dan rambut dengan air daun pandan bisa menghilangkan ketombe sekaligus menyuburkan rambut, lho. Yuk, manfaatkan daun pandan yang masih tersisa di rumah!

2. Mengatasi keracunan makanan

Biasanya, orang menggunakan air kelapa hijau untuk mengatasi keracunan makanan. Tapi, kalau nggak punya air kelapa hijau, kamu bisa menggunakan air daun pandan, lho! Khasiatnya juga sama, yaitu bisa menetralkan racun dan membuang kotoran pada tubuh.

3. Menambah nafsu makan

Untuk kamu yang sedang tidak nafsu makan, mengonsumsi air daun pandan bisa dijadikan alternatif, lho. Karena, air daun pandan bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus memberikan energi.

4. Mengatasi darah tinggi atau hipertensi

Minum air rebusan daun pandan ketika pagi dan sore hari dipercaya ampuh untuk mengatasi darah tinggi atau hipertensi. Untuk yang ingin mencegah hipertensi pun boleh-boleh aja dengan rutin mengonsumsi air daun pandan.

5. Mengatasi masalah emosional

Sering merasa gelisah dan mudah putus asa? Nah, coba perbaiki apa yang kamu makan, sekaligus cobalah untuk minum air daun pandan yang dipercaya mampu memperbaiki masalah emosional. Sehingga, mood kamu pun jadi lebih bagus.

6. Obat rematik alami

Caranya siapkan tiga lembar daun pandan, dicuci bersih, potong jadi beberapa bagian, lalu seduh, tambahkan minyak kelapa yang sudah mendidih, aduk rata. Setelah itu bisa dioleskan ke bagian tubuh yang rematik.

7. Mencegah kanker

Rutin minum air pandan juga bisa mencegah kanker, karena air daun pandan bisa menghambat zat karsinogen.

8. Mencegah penuaan dini

Air daun pandan mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, sehingga bisa mencegah penuaan dini. Untuk yang ingin tetap cantik, yuk, konsumsi daun pandan secara rutin!

9. Menurunkan demam

Jika sedang nggak enak badan karena demam, cobalah konsumsi teh daun pandan hangat, karena, daun pandan dipercaya bisa menurunkan demam.

10. Mengatasi sembelit

Sudah berhari-hari tidak bisa buang air besar? Coba aja konsumsi air daun pandan ketika malam hari.

Yuk, rutin minum air daun pandan supaya tetap sehat dan cantik! Jadi, kamu bisa traveling terus! Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan dengan harga terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top