Tips

10 Makanan Kadaluarsa yang Masih Bisa Kamu Konsumsi Ketika Traveling

Baru-baru ini, muncul pemberitaan di media soal resto yang menggunakan bahan makanan kadaluarsa. Makanan kadaluarsa memang nggak etis untuk dijual, tapi bukan berarti kamu sama sekali nggak boleh makan makanan kadaluarsa. Masyarakat seringkali menilai bahwa makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa berarti harus dibuang. Hal ini tentu menjadi pemborosan.

Dulu, orang-orang membedakan makanan yang masih bisa dikonsumsi dari baunya, apakah masih segar atau tidak, bukan hanya dari tanggal kadaluarsa (best before). Kebiasaan tersebut patut ditiru oleh masyarakat. Ketika traveling, bisa aja travelers nggak sengaja membeli makanan yang sudah kadaluarsa. Tapi, jangan langsung dibuang, ya, karena ada beberapa makanan yang masih layak dikonsumsi meskipun sudah kadaluarsa. Makanan apa aja nih yang dimaksud?

1. Telur

telur

http://www.sehatfresh.com/

Telur dapat bertahan selama 3 – 5 minggu jika disimpan dengan temperatur di bawah 41 derajat Fahrenheit atau 5 derajat Celcius agar bakteri yang ada terhambat pertumbuhannya. Telur juga aman dikonsumsi setelah tanggal kadaluarsa yang tertera jika dimasak dengan tepat dan benar-benar matang. Bisa dilihat dari bagian kuning dan putihnya sudah mengeras atau jika sudah menjadi bahan kue atau makanan lain dengan pemanasan sangat tinggi. Kalau sudah dimasak dengan tepat, tentunya bakteri di dalamnya sudah terbunuh dan aman dikonsumsi oleh siapa aja.

2. Keripik

keripik

www.youtube.com

Keripik masih aman untuk dikonsumsi 3 minggu setelah tanggal kadaluarsa soalnya keripik sudah mengalami proses penggaraman sangat banyak. Meskipun kondisinya sudah lembek, kamu masih bisa tetap memakannya.

3. Roti

roti

health.liputan6.com

Jika sudah mendekati tanggal kadaluarsa, segera masukan roti ke dalam kulkas. Kamu bisa memanfaatkan kulkas di kamar hotel untuk menyimpan roti. Menyimpan roti di dalam kulkas bisa menghambat pertumbuhan jamur. Jika masih muncul jamur, kamu masih tetap bisa memakan roti tersebut asal jangan lupa untuk memotong bagian roti yang berjamur.

4. Keju

keju

wisatakuliner.com

Keju jenis cheddar yang keras masih bisa dimakan setelah tanggal kadaluarsa. Jika bagian luarnya sudah berjamur, kamu tinggal memotong bagian tersebut dan konsumsi bagian dalamnya.

5. Susu dan yogurt

susu

www.merdeka.com

Yang penting susunya nggak berbau dan mengental, maka masih aman untuk dikonsumsi. Untuk menjaga keawetan susu, kamu bisa menyimpannya di bagian kulkas paling belakang. Jika susu sudah terlajur asam, bisa dimanfaatkan untuk bahan membuat pancake. Sedangkan yogurt yang sudah hampir memasuki tanggal kadaluarsa bisa kamu simpan di kulkas dalam keadaan tertutup agar bisa kamu makan setelah tanggal kadaluarsa. Jangan membiarkannya dalam keadaan terbuka karena bisa cepat basi.

6. Biskuit

biskuit

konsultasisehat.com

Biskuit masih bisa dimakan 2 bulan setelah tanggal kadaluarsa. Soalnya, biskuit sudah mengalami proses pengeringan yang tinggi. Jika sudah lembek dan berair, kamu bisa membakarnya di oven supaya biskuit kembali kering.

7. Pasta kering

pasta kering

food.detik.com

Berencana memasak pasta di villa bersama teman-teman, tapi ternyata pasta keringmu sudah kadaluarsa? Pasta kering masih bisa dikonsumsi sekitar  2 – 3 minggu setelah kadaluarsa asal nggak ada bau basi yang tercium. Apalagi jika sebelumnya pasta kering disimpan di kontainer kedap udara dan menaruhnya di tempat yang sejuk. Dijamin, pasta keringnya akan baik-baik aja.

8. Ayam beku

ayam beku

wejayafood.com

Ayam beku masih bisa dikonsumsi setelah lewat tanggal kadaluarsa asalkan kondisi bekunya nggak berubah. Kamu bisa memasak ayam beku seperti biasa tanpa harus mengolahnya dengan cara khusus.

 

9. Kimchi

kimchi

wjmshop.com

Sekarang, sudah banyak kimchi instan yang beredar di mana-mana. Di kemasannya pasti ada tanggal kadaluarsa. Tapi, kamu masih bisa makan kimchi yang sudah kadaluarsa, kok. Apalagi jika sebelumnya kamu sudah menyimpannya di kulkas. Karena, kimchi merupakan sayuran yang sebelumnya sudah difermentasikan dan telah melewat proses penggaraman dan pengawetan.

10. Madu, cokelat, dan sereal

cokelat

www.vemale.com

Meskipun madu sudah mengkristal, tapi madu masih bisa dikonsumsi sejak pertama kali diproduksi hingga waktu yang tidak terbatas. Sedangkan cokelat jika disimpan di tempat dingin, sekitar 21 derajat Celcius bakal bikin cokelat tahan lama dari tanggal kadaluarsanya. Jangan khawatir jika muncul lapisan putih pada cokelat, karena itu bukan jamur, melainkan udara yang menempel. Sehingga, lemak cokelat mencair lalu menetap di permukaannya. Sereal juga demikian. Masih aman dikonsumsi 1 bulan setelah tanggal kadaluarsa asal kemasannya kedap udara dan tertutup rapat, juga harus disimpan di tempat sejuk.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Pastinya, setelah baca artikel ini, kamu nggak akan bete jika nggak sengaja membeli makanan kadaluarsa saat traveling kan, travelers? Supaya nggak bete karena bujet traveling yang mahal, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com, yuk! Dijamin nggak akan bikin kantung kamu bolong.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

 

(Visited 791 times, 1 visits today)

Comments

To Top