Destinasi

10 Lokasi Foto Outdoor Instagenic di Semarang untuk Foto Pre-Wedding

Banyak hal yang bisa dilakukan di Semarang, yaitu menikmati wisata alam, belanja, atau mencoba banyak kuliner enak. Tapi, jangan sampai kamu lupa foto-foto di sana, soalnya banyak tempat wisata outdoor instagenic di sana. Cocok buat kamu yang hobi fotografi atau memang berencana melakukan foto pre-wedding. Yuk, simak bareng pegipegi, soal 10 lokasi foto outdoor instagenic di Semarang yang cocok untuk pre-wedding!

1. Lawang Sewu

Sebagai pecinta Semarang, pasti nggak asing dengan Lawang Sewu yang merupakan bangunan bersejarah dan ikon penting Kota Semarang. Berdasarkan sejarahnya, Lawang Sewu adalah bekas kantor pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), yaitu jawatan Kereta Api Belanda yang beroperasi di Semarang. Lawang Sewu dirancang oleh Profesor Jacob F Klinkhamer (TH Delft) dan BJ Oundag, arsitek yang berdomisili di Amsterdam tahun 1903 silam. Pembangunan gedung ini cukup lama, yaitu dari 27 Februari 1904 sampai dengan 1 Juli 1907.

Nama Lawang Sewu diberikan karena dibuat dengan bangunan 1000 pintu dan terbagi dalam empat gedung, A sampai D. Lawang Sewu menjadi saksi bisu kelamnya masa penjajahan Belanda, sehingga membuat bangunan ini menjadi tempat yang penuh misteri di Jawa Tengah. Jadi, buat kamu yang suka dengan nuansa antik dan kuno, Lawang Sewu bisa kamu jadikan sebagai lokasi pre-wedding. 

2. Kota Lama

Kota Lama adalah potongan sejarah, karena dari sinilah Kota Semarang berasal. Semarang dan Kota Lama seperti dua sisi mata uang yang nggak bisa dipisahkan begitu saja. Tentu saja ini menghadirkan keunikan tersendiri. Sebuah gradasi yang bisa dibilang jarang ada ketika dua generasi disatukan, sehingga menciptakan gradasi cantik yang sebenarnya.

kota lama2

Foto dari klikbening.com

Pada dasarnya area Kota Lama Semarang atau yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland mencakup setiap daerah di mana gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah Kota Lama sendiri terpusat untuk daerah dari sungai Mberok hingga menuju daerah Terboyo. Sama seperti Lawang Sewu, di Kota Lama kamu bisa mendapatkan jepretan nuansa jadul untuk foto pre-wedding kamu.

3. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong memiliki nilai sejarah yang berhubungan dengan Laksamana Cheng Ho (Sam Po Tay Djien), seorang pelaut Muslim dari Tiongkok yang terkenal dengan perjalanannya yang membawa misi damai. Saat ia berlayar melewati Laut Jawa, awak kapalnya yang bernama Wang Jinghong (Dampo Awang) jatuh sakit. Kemudian Cheng Ho memerintahkan untuk membuang sauh dan merapat ke pantai utara Semarang dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai.

sam poo kong pre wedding

Foto dari klikbening.com

Sejak renovasi besar besaran tahun 2002 sampai 2005 dan menghabiskan biaya Rp 20 miliar, kelenteng Sam Poo Kong lebih menarik perhatian wisatawan. Bukan hanya umat Buddha di Indonesia yang berkunjung ke sana, tapi juga umat Muslim dan agama lainnya. Bahkan, turis bule asing juga senang berkunjung ke sana. Kelenteng indah ini tentunya juga menarik perhatian para yang akan menikah untuk foto pre-wedding di sana.

4. Hutan Tinjomoyo Semarang

Sebelum tahun 2006, Hutan Tinjomoyo lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kebun binatang yang di dalamnya terdapat beraneka ragam jenis binatang. Namun, terjadi banjir besar di Kali Garang yang memutuskan jembatan besar yang menjadi penghubung pintu masuk dengan kawasan hutan. Sehingga, membuat akses pariwisata menjadi kurang memadai. Kontur tanah di sekitarnya menjadi labil dan rawan longsor. Atas pertimbangan itulah, Pemkot Semarang memindahkan kebun binatang ke kawasan baru di daerah Mangkang.

Kawasan Hutan Tinjomoyo yang merupakan perpaduan bukit, sungai dan hutan yang didominasi vegetasi jati dan pinus. Hutan seluas seluas 57,5 hektare ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai area combat game, camping ground, outing activity, birds watcing, outbond, dan flying fox. Hal ini didukung dengan ketersedian lahan datar yang cukup luas dengan sungai di salah satu sisi yang sangat cocok untuk kegiatan susur sungai. Reruntuhan jembatan besar dan jembatan besi yang dibangun sebagai akses untuk menghubungkan Desa Tinjomoyo dengan Semarang ternyata juga sangat bagus dan menarik minat pecinta fotografi, salah satunya untuk kegiatan foto pre-wedding. 

5. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang merupakan stasiun induk di Kota Semarang yang melayani kereta api eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia. Sejak pertama kali dibangun, nggak banyak perubahan terjadi di Stasiun Tawang. Hampir seluruh bagian di stasiun ini tetap sama.

Lapangan di depan stasiun sekarang menjadi polder, yaitu sebidang tanah rendah yang dikelilingi oleh tanggul yang membentuk semacam kesatuan hidrologis buatan. Polder tersebut mempunyai nilai historis yang tinggi, yaitu sebagai ruang terbuka di kawasan Kota Lama yang difungsikan sebagai tempat upacara, olah raga, pertandingan, bahkan sesi foto pre-wedding. Dengan sentuhan tangan fotografer yang, tentunya bakal menghasikan foto yang romantis, sekaligus unik.

6. Taman Maerokoco Jawa Tengah

Puri Maerokoco Jawa Tengah merupakan salah satu bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah atau yang sering dikenal dengan PRPP. Seperti yang telah dikenal masyarakat, Taman Wisata Puri Maerokoco Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai Taman Miniatur Jawa Tengah menghadirkan rangkuman rumah adat atau anjungan dari 35 kabupaten dan kotamadya di Semarang.

Selain menampilkan rumah– rumah adat, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Lokasi ini cocok untuk pasangan yang menyukai segala hal yang berhubungan dengan adat istiadat. Bukan hanya bisa berfoto di sekitar anjungan, tapi kamu bisa memanfaatkan properti lain, seperti perahu, sepeda air, dan lain-lain.

7. Curug Benowo

Curug Benowo terletak di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Eksotisme Curug Benowo sulit dicapai oleh orang kebanyakan karena tempatnya benar-benar alami, jalannya setapak, naik turun, dan hanya direkomendasikan untuk pecinta alam atau yang suka tantangan, bukan untuk sekadar rekreasi.

Jadi, khusus buat pasangan pecinta alam dan suka tantangan, nggak ada salahnya untuk melakukan foto pre wedding di Curug Benowo. Memang bakal sangat melelahkan saat kamu mencapai air terjun tersebut, tapi rasa capek bakal terbayar oleh keindahan alam Curug Benowo yang memesona. Hasil foto pre-wedding kamu tentu aja keren!

8. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah

iryantorompo.wordpress.com

Arsitektur Jawa terlihat pada beberapa bagian di masjid ini, misalnya pada bagian dasar tiang masjid menggunakan motif batik seperti tumpal, untu walang, kawung, dan parang-parangan. Ciri arsitektur Timur Tengah (Arab) terlihat pada dinding masjid yang berhiaskan kaligrafi.

masjid agung jawa tengah2

Foto dari hello-pet.com

Selain itu, di halaman Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis, yang merupakan adopsi arsitektur bangunan Masjid Nabawi yang terdapat di Kota Madinah. Masjid ini juga sedikit dipengaruhi gaya arsitektur Roma. Gaya itu nampak pada desain interior dan lapisan warna yang melekat pada sudut-sudut bangunan. Masjid ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan foto pre-wedding dengan nuansa Islami.

9. Kebun Karet BSB

 

Kebun Karet yang terkenal dengan sebutan Alaska (alas karet) ini terletak di Desa Jatisari, Kecamatan Mijen. Rindangnya pohon karet di lokasi ini menjadikannya cocok untuk tempat foto pre-wedding berkonsep alam. Banyaknya pohon karet bersusun rapi, menjadikannya latar sempurna untuk menghasilkan foto yang indah. Tempat wisata ini juga sering dikunjumgi oleh wisatawan yang ingin duduk santai dengan menggelar tikar dan menikmati es kelapa muda.

10. Brown Canyon

Brown Canyon bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa. Karena, penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun akhirnya Brown Canyon berubah wujud seperti layaknya Green Canyon yang ada di Amerika. Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon menjadi salah satu obyek wisata dan tempat terbaik bagi para pecinta fotografi.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi. Karena Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata, tentu aja para wisatawan harus mencari petunjuk arah sendiri, karena warga sekitar hanya tahu bahwa tempat tersebut cuma sebagai tempat penambangan material berupa pasir, tanah urug, dan batu padas.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Ternyata, banyak lokasi outdoor yang bisa kamu manfaatkan untuk foto pre-wedding, kan? Yuk, main ke Semarang buat liburan sekaligus foto pre-wedding di sana. Kamu bisa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang lewat pegipegi.com. Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di semarang

Foto utama: www.alvinphotography.co.id

 

(Visited 6,131 times, 5 visits today)

Comments

To Top