Destinasi

10 Lokasi Foto Outdoor di Medan dan Sekitarnya yang Instagramable!

kampung-ladang2

Kalau kamu sudah puas hunting foto outdoor di Jakarta, mampir aja ke Medan untuk hunting foto outdoor yang lebih cantik dan instagramable! Ada 10 lokasi foto outdoor di Medan dan sekitarnya yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan sesi foto, baik untuk pre-wedding maupun sekadar mengoleksi foto. Selain foto-foto, tentu aja kamu bisa sekalian berwisata dan menikmati suasana baru. Yuk, jelajahi langsung lokasinya bareng pegipegi!

1. Kampung Ladang

Kampung Ladang adalah tempat rekreasi outbond di jalan Tunjungan, Tanjung Anom, Deli Serdang, Sumatera Utara. Tempat wisata ini menawarkan suasana pedesaan dengan pemandangan alam indah, sekaligus romantis. Di sana terdapat pondok-pondok, kolam, dan kali. Juga ada hiasan batu berbentuk Candi Boko. Saking romantisnya suasana di Kampung Ladang, banyak juga pengunjung yang memanfaatkannya sebagai lokasi foto pre-wedding. Apalagi di sana ada pohon besar, ayunan buatan, dan tanaman bunga yang bisa bikin foto makin cantik.

Meskipun ramai akan travelers yang melakukan outbond, tapi sang pemilik memberikan keleluasaan bagi pengunjung yang melakukan foto pre-wedding. Mereka tidak memperbolehkan pengunjung lain memasuki lokasi pre-wedding. Jadi, jika kamu ingin foto pre-wedding di sana, jelas harus bikin janji dulu. Biaya foto pre-wedding yang dikenakan adalah Rp 1.5 juta* tanpa batas waktu.

2. Gedung London Sumatera

gedung-london-sumatera

foto oleh: medanwisata.com

Ternyata, di Medan juga ada gedung dengan nuanasa Eropa! Jadi kalau kamu berada di sana bakal seperti sedang di luar negeri. Nama gedungnya Gedung London Sumatera (Lonsum) yang lokasinya berada di jalan Jenderal Ahmad Yani. Gedungnya kokoh, didominasi warna putih, dan tampak jadul. Rupanya, Gedung London Sumatera merupakan peninggalan kolonial Belanda dan sudah menjadi milik Indonesia sejak merdeka. Gedung ini telah berdiri sejak 1906 dengan lima lantai dan ada lift-nya. Bisa dibilang, di zaman tersebut, Gedung London Sumatera adalah gedung tercanggih.

Untuk kamu yang suka dengan nuansa foto agak jadul dan seperti gedung megah di luar negeri, lokasi foto yang satu ini untuk dijadikan lokasi hunting foto. Kamu juga bisa melakukan sesi foto pre-wedding seperti yang sudah dilakukan oleh banyak pasangan.

3. Taman Cadika

taman-cadika

foto dari: diMedan.Co

Taman Cadika dikenal dengan sebutan Bumi Perkemahan Cadika. Terletak di kawasan Medan Johor, Taman Cadika menjadi tempat wisata sekaligus tempat outbond. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, ada camping ground yang luas dan bangku berbaris di sekitar danau buatannya. Di danau buatan tersebut juga menjadi tempat hidup tumbuhan dan binatang, seperti keong, tanaman holtikultura, dan tumbuhan endemik. Di sekitarnya juga banyak pepohonan yang membuat taman ini makin terlihat hijau.

taman-cadika2

foto oleh: Detik.com

Jika kamu ingin melakukan kegiatan panjang di Taman Cadika, seperti berwisata atau hunting foto, jangan lupa membawa makanan yang cukup, ya. Soalnya, di sekitarnya tidak ada penjual makanan.

4. Tanah Karo

Ingin merasakan suasana Savana di dalam negeri? Berkunjunglah ke kawasan Tanah Karo di Berastagi. Meskipun suasananya seperti Savana, namun udaranya sejuk dan segar. Soalnya terletak di deretan Pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.300 meter dpl dan diapit dua gunung, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Kamu juga bisa menikmati pemandangan berupa kebun, pepohonan, dan rumput hijau di bukit. Penampilannya yang fotogenik membuat Tanah Karo juga kerap dijadikan sebagai lokasi hunting foto!

tanah-karo2

foto dari: Lihat.co.id

5. Danau Toba

Danau Toba memiliki ketinggian hampir 1 km di atas permukaan laut dan dikelilingi deretan gunung berapi. Di sana juga banyak pohon pinus dan enau yang tumbuh dengan indah, sehingga pemandangannya makin terlihat cantik. Di sebelah utara, kamu masih bisa menjumpai berbagai aneka satwa, seperti orangutan, beberapa jenis monyet, dan lutung. Di bagian selatan, kamu bisa menemui beberapa jenis monyet, tapir, ingkir, dan lingur. Danau Toba dianggap sebagai pemisah ekologi satwa di sisi utara dan selatan.

Kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba melalui Menara Tele yang berada di lereng bukit. Pemandangannya makin indah ketika pagi hari. Kadang, kabut tebal menyelimuti Danau Toba. Jika nggak ada kabut, lekukan Danau Toba terlihat lebih indah. Penampilannya seperti sebuah laut di tengah-tengah daratan. Udaranya pun terasa sejuk, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan rasa penat. Jangan lupa mengambil banyak foto cantik di sana, ya!

6. Kampung Nipah

kampung-nipah

foto dari: medanwisata.com via Santi Nirmala Sari

Di Medan, kamu juga bisa mencari lokasi foto bernuansa mangrove yaitu di Kampung Nipah, Desa Muara Maimbai, Sumatera Utara atau berjarak 1,5 jam berkendara dari Kota Medan. Kampung Nipah disebut Pantai Mangrove karena tumbuhan mangrove tumbuh di pinggiran pantainya. Tumbuhan mangrove berfungsi sebagai pelindung garis pantai dari abrasi dan bisa menahan gelombang besar. Kampung Nipah juga memiliki pantai dengan keindahan berupa pasir putihnya. Di pantainya juga ada pondok untuk beristirahat setelah seharian rekreasi.

kampung-nipah2

foto dari: Lihat.co.id

7. Maha Vihara Maitreya

Medan juga punya vihara terbesar dan eksotik untuk foto-foto bernama Maha Vihara Maitreya. Yang membuat Maha Vihara Maitreya tampak cantik adalah terdapat ukiran gambar dan ukiran patung Buddha berbalut emas. Untuk masuk ke sana, sama sekali nggak dipatok biaya. Jadi siapa pun bisa melakukan wisata religi atau sekadar melihat-lihat. Dengan luas sekitar 4,5 ha, tentu aja vihara ini mampu menampung banyak orang. Kamu pun bisa bebas hunting foto, tapi nggak semua area bisa difoto, lho.

Biasanya sih, orang paling sering berfoto di depannya atau di dekat kolam ikan koi warna-warni yang cantik. Di sana ada juga taman burung dengan kumpulan burung bangau yang berasal dari Australia dan Eropa. Katanya, tempat tersebut merupakan tempat singgah burung-burung saat melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

8. Gedung Bank Indonesia

Dulunya, gedung ini merupakan gedung kantor dari Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij (NIEM) yang dibangun pada 27 Agustus 1927. Arsitek yang mendesain gedung ini dipercayakan kepada Eduard Cuypers, keponakan Pierre Cuypers, perancang Rijksmuseum Amsterdam. Gedung ini berbentuk persegi panjang dan menghadap ke jalan Ahmad Yani. Setelah selesai dibangun, gedung ini berfungsi sebagai bank bernama Escompto yang beroperasi di zaman penjajahan hingga 1958. Lalu diambil oleh oleh Indonesia pada 1960 dan namanya diganti menjadi Bank Dagang Negara (BDN), hingga akhirnya menjadi Bank Indonesia. Lokasinya cocok banget untuk kamu yang ingin foto dengan gaya vintage. 

9. Taman Labirin di Taman Simalem Resort

taman-labirin

foto dari: Lihat.co.id

Taman Simalem Resort yang terletak di Bukit Merek, Tanah Karo, Sumatera Utara. Akomodasi ini menawarkan kesejukan seperti di Berastagi karena hanya berjarak 1 jam berkendara dari Berastagi. Di Taman Simalem Resort terdapat taman labirin dengan pepohonan yang terawat rapi. Saat berada di sana, kamu bakal merasa seperti lagi di negeri dongeng! Nggak heran jika banyak yang menfaatkannya untuk foto-foto cantik. Taman Labirin juga mengingatkan kita akan permainan menyusuri labirin hingga menemukan jalan keluar. Jadi, bisa kamu manfaatkan untuk mengadakan permainan di sana. Hihihi…

10. Merci Barn

merci-barn

foto dari: lihat.co.id

Di Medan Johor ada rumah unik yang dibangun di dalam komplek perumahan Medan Resort City (Merci). Rumah unik ini sebenarnya adalah kantor pemasaran Merci dengan arsitektur perumahan Belanda yang cute. Dengan rumah unik tersebut, jadi banyak calon pembeli yang berdatangan ke Merci Barn untuk melihat-lihat bahkan membeli rumah di sana. Kalau pun kamu hanya ingin berfoto-foto di sana, boleh banget lho, travelers! Asalkan jangan sampai menginjak rumput atau memetik bunga.

merci-barn2

foto dari: lihat.co.id

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Asyik banget kan hunting foto di Medan? Ayo siapkan kamera dan lensa terbaikmu untuk hunting foto atau melakukan foto pre-wedding di sana! Supaya bujet ke Medan lebih murah, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel murah di Medan hanya lewat pegipegi, ya!

pesan tiket pesawat murah ke medan cari hotel murah di medan

Agar transaksi kamu di pegipegi makin mudah dan murah, yuk, instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store!

google-play

apps-store

(Visited 1,047 times, 6 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top