Kuliner

10 Kuliner Palembang Enak Selain Pempek

Ternyata, kuliner lezat di Palembang nggak cuma pempek, lho. Tapi, masih ada beberapa kuliner lezat yang bisa kamu coba. Simak bareng Pegipegi, yuk!

1. Mie celor

Mie celor adalah hidangan mi gurih dan lembut yang disajikan dengan campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering). Olahan mi celor juga bisa dibuat dengan kuah bening tanpa santan atau kuah kental dengan tambahan susu full cream. Lalu ditambahkan taoge/kecambah dan disajikan dengan irisan telur rebus, irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

2. Tekwan

Tekwan adalah penganan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka, dibentuk berupa bulatan kecil-kecil, dan disajikan dengan kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah soun, irisan bengkoang, jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

3. Burgo

Burgo adalah makanan yang berasal dari tepung beras dan disajikan dengan kuah ikan gabung yang diblender dan dicampur santan. Biasanya agar rasanya makin mantap, burgo dinikmati dengan bawang goreng dan cabai rawit.

4. Kue delapan jam

Kue yang satu ini memang mudah diingat, karena namanya unik. Dinamakan seperti itu karena proses pembuatannya memang memakan waktu delapan jam. Terbuat dari telur bebek, gula, mentega, dan krimer kental manis. Rasanya manis, legit, dan teksturnya lembut, juga kenyal.

5. Kue gandus

Kue gandus berbahan dasar tepung beras dan diberi taburan ebi, seledri, bawang goreng, dan cabai merah.

6. Kue maksuba 

Kue maksuba merupakan adaptasi dari kue bingka khas Pontianak. Mirip dengan kue delapan jam, maksuba dibuat secara berlapis-lapis dan pengerjaannya mirip kue lapis.

7. Ikan pindang patin

Ikan pindang khas Palembang kuahnya tidak sepekat pindang Betawi. Kandungan kuahnya terasa asam, pedas, dan manis dengan aroma yang khas. Soalnya teradapat daun kemangi, irisan nanas, dan irisan tomat hijay. Ikan yang digunakan biasanya ikan patin, namun bisa juga menggunakan ikan lain, seperti gabus, belida, baung, atau udang.

8. Es kacang merah

Kalau makan di kedai atau resto yang menjual pempek, biasanya dessert-nya adalah es kacang merah! Asyik banget buat dimakan saat siang hari, terutama saat cuaca sedang terik.

9. Laksan

Laksan adalah makanan Palembang yang terbuat dari sagu dan ikan. Rasanya hampir sama dengan pempek, namun bentuknya oval dan disajikan dengan kuah santan.

10. Martabak HAR

Palembang juga punya martabak dengan ciri khas sendiri. Rasanya gurih, renyah, dengan kuah kental kaya rempah, dan beberapa potongan kentang. Disebut Martabak HAR karena penciptanya adalah Haji Abdul Rozak, jadi disingkat HAR.

Mau liburan di Palembang? Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat, atau beli tiket kereta api ke Palembang di Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat ke Palembang Cari Hotel Murah di Palembang Pesan Tiket Kereta Api ke Palembang

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top