Kuliner

10 Kuliner Enak di Semarang yang Bikin Lidah Bergoyang!

Semarang merupakan kota yang bisa kamu jelajahi wisata kulinernya. Bukan cuma terkenal akan angkringan malamnya, tapi juga berbagai jenis kuliner lain juga ada, baik itu makanan berat atau camilan. Yuk, langsung simak, ada kuliner enak apa aja di Semarang?

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Kedai ini cocok didatangi oleh penggemar bakmi Jawa. Kamu bisa pilih ingin bakmi kuah (godhog) atau bakmi goreng. Harga semangkuk bakmi ghodog di sana adalah Rp 8 ribu*. Bakmi Jawa di Bakmi Jawa Pak Gareng dimasak dengan telur, kol, sawi, dan ayam suwir. Semua bahan dimasak dengan menggunakan arang, sehingga menghasilkan bau gosong yang sedap!

Kamu juga bisa memilih menu lain selain bakmi, yaitu nasi ruwet, nasi goreng yang dicampur dengan bakmi Jawa. Tentu aja nggak kalah sedap dari bakmi Jawa. Untuk mencicipi menu lezat di Bakmi Jawa Pak Gareng, kamu mampir aja ke jalan Wotgandul Dalam No. 177, Gabaha.

bakmi gareng

doyangemil.com

2. Bebek Goreng Pak Thori

Tampilan bebek goreng di kedai Bebek Goreng Pak Thori ini memang tidak ada bedanya dengan bebek goreng yang disajikan di kedai lain. Tapi, bebek goreng di sana teksturnya lebih empuk, tapi dagingnya nggak hancur. Rasanya lebih gurih dan nggak bau amis sama sekali.

Selain bebek goreng, Bebek Goreng Pak Thori yang berada di jalan Raya Gunung Pati km 15 juga menyediakan menu lain, seperti ayam goreng, nasi goreng, dan lele goreng. Kamu juga bisa memilih sambal lalapan sesuai selera, tapi jangan sampai kamu salah memilih sambal. Sambal mrah untuk rasa pedas yang sedang, sedangkan yang hijau untuk level pedas lebih tinggi. Untuk makan di sana, kira-kira per orang cukup merogoh kocek Rp 30 ribuan aja.

Bebek-Goreng-Pak-Thori-Semarang

wisatasenibudaya.com

3. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Kalau pengin makan daging kambing di Semarang, tentu aja kamu wajib mampir di Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang berada di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama. Yang bikin kedai ini terkenal adalah resemp bumbu dan proses memasak gulai yang berbeda dari gulai kebanyakan. Biasanya, gulai kambing dimasak dengan menggunakan santan, sehingga menghasilkan kuah yang kental. Namun, gulai di Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar cenderung cair dan jernih.

Soalnya, kelapa nggak dijadikan santan, tapi diparut kemudian dijadikan serundeng. Lalu serundeng ditumbuk hingga keluar minyak dan digunakan sebagai pengganti santan. Selain itu, ada bumbu lain yang menjadi ciri khas, yaitu campuran berbagai rempah yang merupakan warisan turun-temurun. Hingga saat ini, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar sudah dipegang oleh generasi kelima. Harga seporsi nasi dan gulai kambing di sana kira-kira Rp 22 ribu*.

gulai kambing

sofyan.wordpress.com

4. Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

Menu andalan di Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem tentunya adalah asem-asem yang hampir mirip dengan garang asam. Namun, asem-asem menggunakan daging sapi yang dimasukkan ke dalam kuah asam manis segar dan campuran belimbing wuluh, juga potongan tomat.

Menu lain yang bisa kamu nikmati antara lain lontong cap gomeh, kikil Lombok ijo, bandeng sarden, dan lain-lain. Kepengin banget makan semua menu tersebut? Langsung aja main ke Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem, di jalan Karanganyar Blok C-4/28, Brumbungan. Harga per porsi makanan di sana berkisar antara Rp 20 ribu – 25 ribu*.

Asem Asem

wolipedia.blogspot.com

5. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie terdiri dari mie, ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus, dan pangsit babi. Citarasa mie di kedai Mie Siang Kie sangat unik, apalagi ada pangsit babinya. Harga per porsi mie di sana sekitar Rp 20 ribuan*. Jika tertarik, langsung aja datang ke Mie Siang Kie, di jalan Gang Lombok (daerah Pecinan).

mie siang kie

www.alselacinda.com

6. Waroeng Semawis

Waroeng Semawis biasa disebut pasar malam pemawis dan hanya dibuka pada malam hari, hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Berbagai makanan oriental dan nusantara dihadirkan di sana, seperti es puter, nasi ayam, aneka macam kue, bubur, stemboat, nasi gudeg, nasi pindang, soto sapi, nasi goreng babat, babat gongso, bakmi Jawa, nasi pecel, sate babi Singapore, dan lain-lain.

Jadi, jika kamu ingin wisata kuliner di Waroeng Semawis dan harus mengonsumsi makanan halal, kamu harus pintar-pintar memilih jenis makanan di sini. Selain merupakan pasar malam untuk kuliner, Waroeng Semawis juga ramai oleh berbagai stand yang menjajakan aneka ragam jenis barang, mulai dari pakaian, mainan anak-anak, aksesori, buah-buahan segar, hingga tukang pijat tradisional. Nggak sabar kan, pengin kulineran di sana? Datang aja ke jalan Gang Warung No. 50, Semarang Tengah.

semawis-1160x543

http://hellosemarang.com/

7. Tahu Gimbal Pak Edi

Satu porsi tahu gimbal di kedai Tahu Gimbal Pak Edi berisi lontong, tahu goreng iris, gimbal udang, irisan kol mentah, telur ceplok, dan krupuk udang, kemudian disiram bumbu kacang yang telah dicampur dengan petis udang. Setelah itu masih diberi kecap, taburan bawang merah goreng, dan daun seledri. Ada juga yang menambahi toge rebus di tahu ini. Saus kacang dibuat sedikit kasar, sehingga rasa kacangnya masih terasa.

Gimbal identik dengan gembel, tapi gimbal di sini bukan rambut gimbal atau gembel. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan menggunakan tepung. Hampir mirip dengan bakwan, tapi lebih tipis dan tentunya lebih lebar karena udangnya nggak hanya satu. Seperti rempeyek, tapi nggak setipis rempeyek. Gimbal udang tersebut yang menjadi ciri khas tahu gimbal dan yang membedakan dengan makanan yang hampir sejenis, seperti kupat tahu ala Magelang misalnya. Dalam kupat tahu nggak terdapat gimbal udang. Seporsi tahu gimbal dikenakan harga Rp 12 ribu*. Tahu Gimbal Pak Edi beralamat di jalan Mentri Supeno, Semarang Selatan.

tahu gimbal

zolandiaramanda.wordpress.com

8. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik adalah kuliner es krim di Semarang yang sudah berdiri selama lebih dari 3o tahun. Tapi, si pemilik sama sekali nggak mengubah proses pembuatannya, yaitu secara manual, nggak menggunakan pemanis buatan, dan pengawet. Es puter ini tetap menggunakan buah asli sebagai bahannya dan kadang buahnya musiman. Rasanya manis, tapi nggak bikin enek. Teksturnya juga lembut dan halus.

Dengan harga Rp 13 ribu* aja, kamu bisa mencicipi Es Puter Cong Lik rasa cokelat, kelapa muda, leci, mangga, dan blewah. Untuk mencicipi rasa durian, kamu perlu merogoh kocek Rp 20 ribu*. Agar bisa mencicipi es enak ini, datang aja ke jalan Krese, No. 461.

es puter cong lik

hellosemarang.com

9. Wedang Kacang Kapuran

Variasi wedang yang dijual di warung ini adalah wedang kacang ijo, wedang kacang tanah, dan wedang durian. Benar-benar disajikan dalam bentuk wedang, bukan bubur, karena santan atau kuahnya lebih dominan, lebih banyak, dan nggak terlalu kental. Wedang kacangnya terbilang istimewa. Meski sudah diolah cukup lama, buliran kacang tanahnya tetap utuh bentuknya, dan saat sudah masuk mulut, butir kacangnya langsung hancur dengan lembut. Kuahnya yang nggak terlalu kental juga sangat terasa aroma kacang tanahnya. Paling nikmat wedang kacang tanah ini dinikmati saat panas, tapi sedap juga kalau ditambah es.

Wedang ketan durennya juga sangat enak. Kuah duriannya diolah dalam komposisi yang manisnya pas dan ketannya pulen. Kalau sedang musim, bisa ditambahkan sebutir durian utuh. Wedang kacang ijo juga sangat lembut buliran kacang ijonya. Biasanya pelayan bakal menawarkan kamu, apakah pengin ditambah ketan atau nggak. Baik wedang kacang tanah, wedang ketan duren, maupun wedang kacang hijau dihargai Rp 6.500* per mangkuk. Wedang Kacang Kapuran berada di Gang Kapuran (jalan Ki Mangunsarkoro).

wedang kacang

hellosemarang.com

10. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo berada di kaki lima sekitar SMA Kolose Loyola. Menu andalan yang disajikan di sana pastinya adalah kue leker yang memang sudah digemari warga semarang sejak zaman Belanda. Rasanya enak dan mempunyai bentuk seperti martabak. Berbagai macam varian rasa yang bisa kamu coba antara lain telur sosis, tuna keju, jagung manis, keju abon, telur sosis keju, telur sosis tuna, telur sosis tuna keju, sosis mozarella, dan lain-lain.

pegipegi merekomendasikan Lekker Sosis Mozarella yang ketika dimakan seperti sedang menikmati pizza. Kulit lekernya tebal dengan taburan irisan mozarella, sosis ayam, irisan daun bawang, dan sambal khas Paimo yang luar biasa pedas. Tapi, masih ada sentuhan Indonesianya karena ada taburan daun bawang dan sambal. Kisaran harga per menu di sana adalah Rp 4 ribu – 15 ribu*. Kue Leker Paimo berada di jalan Karanganyar No. 37, Semarang Tengah.

kue leker paimo

www.kabarkuliner.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nggak sabar pengin mampir ke 10 kedai di atas? Selain harus menyiapkan perut, pastinya kamu juga harus menyiapkan rencana perjalanan, travelers! Biar bujet traveling lebih murah, jangan lupa untuk pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang lewat pegipegi.com, ya! pegipegi juga punya banyak pilihan hotel murah dan menarik di Semarang, lho!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah di semarang

*Harga berlaku saat artikel dibuat

(Visited 12,536 times, 3 visits today)

Comments

To Top