Kuliner

10 Kuliner di Pasar Beringharjo, Yogyakarta yang Wajib Diicip

Selain bisa berbelanja barang murah meriah dan bisa ditawar, Pasar Beringharjo, Yogyakarta juga punya segudang kuliner yang bisa diicip. Ada kuliner apa aja nih?

1. Warung Empal Bu Warno

Meskipun cuma menjual menu sederhana khas Yogyakarta, tapi kelezatan empal di Warung Empal Bu Warno boleh diadu. Empal daging yang ukurannya cukup tebal, namun teksturnya empuk. Mudah dikoyak dengan garpu atau sendok. Campuran bumbunya pun terasa lezat di lidah. Suka pedas? Tambahin sambal korek deh pas makan empal! Selain sambal korek, ada juga sambal petis.

Bukan cuma menjual empal, Warung Empal Bu Warno juga menyediakan abon sapi/ayam, rambak, keripik paru, keripik ceker, sayur lodeh, dan lain-lain. Harganya mulai dari Rp 17 ribu* per porsi.

2. Sate Kere Mbah Suwarni

Sate Kere adalah sate yang terbuat dari gajih sapi yang diberi bumbu rempah dan kecap, kemudian dibakar di atas arang api. Tekstur Sate Kere kenyal dengan rasa gurih dan manis. Pokoknya bikin nagih! Selain Sate Kere, tersedia menu sate lain, seperti Sate Daging Sapi, Sate Ati Ampela, Sate Kulit, dan Sate Bakso. Per tusuknya, sate-sate di sana dibandrol dengan harga antara Rp 2000 – 450o* per tusuk.

3. Soto Pithes Mbok Galak

Diberi nama Mbok Galak, soalnya pemilik warung Bu Sutri Riwet berperingai galak. Soto Pithes sendiri adalah soto berkuah segar, panas, dan diberikan cabai rawit merah sesuai permintaan pelanggan. Rasa segar sekaligus pedas bisa memberikan kelezatan sekaligus rasa pedas yang “membinasakan” kita. Itulah mengapa diberi nama ‘pithes’ yang berarti membunuh. Konon katanya, kalau kamu disemprot (dimarahi) oleh Bu Sutri Riwet, kamu malah bakal dapat rezeki atau jodoh, lho.

4. Pecel Lontong Mbak Sri Cilik

Pemilik kedai, sering disapa Mbak Siri Cilik soalnya sebelum membuka kedai pecel sendiri, ia mengikuti tantenya yang bernama Sri buka lapak pecel. Sampai sekarang, meski telah mandiri dalam hal buka lapak pecel, orang-orang tetap memanggilnya Mbak Sri Cilik. Pecel yang diolah Mbak Sri Cilik menggunakan berbagai macam sayuran, seperti daun pepaya, bayam, dan bunga turi. Pecel di sana menggunakan lontong sebagai pengganti nasi.

5. Bakmi Pentil

Disebut Bakmi Pentil soalnya bentuknya mirip pentil sepeda zaman dulu. Seporsinya hanya Rp 3 ribu*, tapi kamu bisa minta porsinya dibuat lebih banyak dengan tambahan harga, seperti Rp 5 ribu atau Rp 7 ribu. Tekstur mienya sangat kecil dan kenyal, berbeda dari mie pada umumnya, soalnya terbuat dari tepung tapioka. Bakmi Pentil hanya dimasak polos dengan bawang putih, kemiri, dan garam. Lalu diberi tambahan bawang goreng dan sambal mentah pedas.

6. Sup Kembang Waru Beringharjo

Sup Kembang Waru merupakan sajian yang biasanya ada di pesta pernikahan di Yogyakarta. Sup Kembang Waru adalah sup bening dengan aneka sayuran, seperti buncis, wortel, tetelan daging, atau ceker ayam. Yang bikin makanan ini spesial adalah tambahan sejenis siomay bungkus dadar yang dibuat mirip bunga waru. Orang sering menyebutnya Siomay Kembang Waru.

7. Es Dawet Mbah Hari

Setelah capek belanja dan butuh yang segar-segar, yuk, cobain Es Dawet Mbah Hari yang legendaris ini. Gimana nggak legendaris! Soalnya es dawet ini sudah dijual lebih dari 40 tahun. Rasanya nggak pernah berubah dan tetap enak di lidah! Seporsinya murah banget! Cuma Rp 4 ribu*! Tapi, harus sabar mengantre, ya! Karena, Es Dawet Mbah Hari selalu diserbu oleh banyak pengunjung.

8. Rumah Makan Bu Sum

Rumah Makan Bu Sum sudah ada sejak tahun 60-an dan dikelola sendiri oleh Ibu Sumiyati. Awalnya, warung makan ini cuma dikunjungi oleh orang-orang yang bekerja di sekitar Pasar Beringharjo. Namun, seiring berjalannya waktu, Rumah Makan Bu Sum dikunjungi oleh wisatawan, soalnya cita rasa makanannya begitu pas di lidah. Menu yang disediakan oleh Rumah Makan Bu Sum adalah Soto Ayam, Gulai, dan berbagai jenis gudeg. Harga per porsi makanan di sana berkisar antara Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu*. Terjangkau banget, kan!

9. Kelelawar Bakar

Untuk yang suka mencoba kuliner ekstrem, di Pasar Beringharjo juga ada penjajah makanan yang menjual Kelelawar Bakar. Bukan hanya lezat, namun Kelelawar Bakar juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seperti asma dan kelelahan. Selain dibakar, kelelawar di sana juga bisa diolah dengan cara ditongseng. Rasanya mantap banget, soalnya bumbunya begitu meresap. Kisaran harga kelelawar di sana adalah Rp 15 ribu – 20 ribu*.

10. Soto Daging Sapi Bu Pujo

Cuma dengan mengeluarkan uang Rp 9 ribu*, kamu bisa menikmati seporsi kecil Soto Daging Sapi yang terdiri dari nasih putih, soun putih, kol, taoge, dan potongan daging sapi yang disiram dengan kuah bening. Memang seperti itulah ciri khas penyajian warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1955 ini. Kebanyakan pelanggan pasti minta nambah!

Pengin cobain kuliner di Pasar Beringharjo? Yuk, liburan aja ke Yogyakarta! Ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat berkuliner!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top