Destinasi

10 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah

Menurut Badan Pusat Statistik, Jakarta adalah kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal. Lalu, bagaimana dengan kota di Indonesia yang memiliki biaya hidup termurah? Badan Pusat Statistik juga punya data 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah. Meskipun kamu nggak tertarik untuk pindah ke sana, tapi 10 kota ini bisa dijadikan referensi untuk liburan selanjutnya, lho. Sudah pasti bujet liburan yang kamu habiskan di sana bakal terjangkau. Ada kota apa aja nih?

1. Solo

Banyak kuliner murah yang bisa kamu temui di Solo. Yang harganya Rp 5 ribu juga banyak, lho. Tak heran jika dengan uang Ro 500 ribu per bulan aja, kamu sudah bisa hidup di Solo. Tempat wisata di Solo juga beragam, mulai dari yang berhubungan dengan sejarah, alam, dan pasar, di antaranya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Batik Danar Hadi Solo, Air Terjun Jumog, Pasar Klewer, dan lain-lain.

2. Cirebon

Untuk hidup di Cirebon, rata-rata biaya yang dihabiskan adalah Rp 600 – 800 ribu per bulan. Di sana kamu nggak perlu khawatir bakal kelaparan, soalnya banyak kuliner murah meriah yang bisa kamu cicipi, seperti angkringan, ketoprak, empal gentong, nasi jamblang, dan lain-lain. Sedangkan tempat wisata menarik di Cirebon yang bisa dikunjungi antara lain Cirebon Waterland, Pantai Kejawanan, Keraton Kanoman, dan lain-lain.

3. Sibolga

Sibolga adalah salah satu kotamadya di Sumatera Utara. Biaya hidup penduduk di Sibolga rata-rata adalah Rp 1 -1,5 juta per bulan. Di sana kamu bisa relaksasi karena banyak wisata alam indah, seperti Pantai Pandan, Air Terjun Sihobuk, Batu Lubang, Air Terjun Aloban, dan lain-lain.

4. Purwokerto

Cukup Rp 1 juta per bulan, kamu bisa hidup di Purwokerto. Terjangkau kan? Meskipun tergolong kota kecil, namun Purwokerto memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Alun-alun Purwokerto, Curug Gede, Air Terjun Curug Bayan, Balai Kemambang, dan lain-lain.

5. Yogyakarta

Di peringkat kelima, ada kota Yogyakarta yang dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Makanya kota ini sering didatangi oleh mahasiswa dari luar Yogyakarta untuk kuliah. Selain bisa mendapatkan pendidikan yang bagus, biaya hidup di sana juga terjangkau untuk kantung mahasiswa. Banyak kuliner murah, sih! Selain itu, banyak tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi, seperti Candi Prambanan, jalan Malioboro, Kebun Binatang Gembira Loka, Taman Sari Yogyakarta, dan lain-lain.

6. Banyuwangi

Biasanya, satu keluarga di Banyuwangi cuma menghabiskan biaya hidup sekitar Rp 3 juta per bulan. Kini, Banyuwangi sudah makin berkembang dari segi wisata. Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sana, seperti Gunung Ijen, Pulau Merah, Gunung Raung, dan lain-lain.

 

7. Kudus

Sama seperti Banyuwangi, satu keluarga di Kudus yang terdiri dari empat orang juga memiliki pengeluaran yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 1 juta per bulan. Di kota penghasil rokok terbesar di Indonesia ini, kamu bisa menikmati banyak tempat wisata menarik, seperti Gunung Muria, Alun-alun Kudus Simpang 7, Taman Lampion Kudus, Air Terjun Monthel, dan lain-lain.

8. Singaraja

Singaraja adalah kota di Bali, di mana satu keluarga (empat orang) memiliki biaya hidup sekitar Rp 3,1 juta per bulan. Tempat wisata di Singaraja yang kudu dikunjungi antara lain Pantai Lovina, Museum Buleleng, Air Terjun Tembok Barak, Pantai Batu Sungu, dan lain-lain.

9. Metro

Metro adalah salah satu kota di Lampung. Biaya hidup satu keluarga di sana, kira-kira sama seperti di Singaraja, yaitu Rp 3,1 juta per bulan. Tempat wisata di Metro yang bisa dikunjungi adalah Taman Merdeka Kota Metro, Goa Warak, Goa Macan Putih, Dan Raman Kota Metro, Perkebunan Jeruk Margototo, dan lain-lain.

10. Probolinggo

Probolinggo adalah kota yang tidak terlalu jauh dari Surabaya. Untuk satu keluarga yang terdiri dari empat orang, hanya perlu biaya hidup 3,2 juta per bulan. Tempat wisata menarik di Probolinggo yang bisa kamu nikmati antara lain Gunung Argapura, Puncak B29, Candi Jabung, dan lain-lain.

Itulah 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah. Kamu tertarik nggak buat pindah ke sana? Kalau untuk liburan terjangkau di 10 kota tersebut, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.kompasiana.com

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

(Visited 21,102 times, 23 visits today)

Comments

To Top