Destinasi

10 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal

Setelah membahas 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah, kali ini Pegipegi pengin bahas tentang 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS). Tentunya kota ini bisa dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan karena perputaran ekonominya begitu cepat. Siapa tahu kamu tertarik untuk membuka bisnis di 10 kota berikut.

10. Makassar

Menurut Badan Pusat Statistik, biaya hidup per bulan rata-rata di Makassar adalah Rp 5,7 juta. Sekarang, Makassar dikenal sebagai kota dengan infrastruktur dan aspek pembangunan yang meningkat pesat. Tempat wisata di Makassar juga berkembang dengan pesat, seperti Pantai Losari, Bugis Water Park, Fort Rotterdam, Taman Macan, dan lain-lain.

9. Pekanbaru

Perekonomian dan wisata di Pekanbaru makin meningkat. Biaya hidup yang dikeluarkan di Pekanbaru adalah sekitar Rp 5,8 juta per bulan. Kalau kamu pengin liburan ke Pekanbaru, jangan lupa kunjungi Riau Fantasi, Taman Rekreasi Alam Mayang, Danau Buatan Lembah Sari, Kebun Binatang Sang Kulim, dan lain-lain.

8. Surabaya

foto dari: https://keepo.me

Surabaya yang akrab dengan sebutan Kota Pahlawan ini juga memiliki perekonomian yang berkembang pesat. Biaya hidup yang dihabiskan di Surabaya adalah sekitar Rp 6 juta per bulan. Dan itu juga berpengaruh terhadap ramainya tempat wisata di Surabaya, seperti Taman Bungkul, Gunung Bromo, Kebun Binatang Surabaya, dan lain-lain.

7. Banda Aceh

foto oleh: http://helloacehku.com

Banda Aceh yang memiliki julukan Kota Serambi Mekkah Indonesia memiliki biaya pengeluaran sekitar Rp 6,1 juta per bulan. Wisata terkenal di Banda Aceh yang kudu disambangi adalah Museum Tsunami Aceh, Pulau Weh, Pantai Ujung Blang, dan lain-lain.

6. Manokwari

Manokwari adalah kota di Provinsi Papua Barat. Biaya UMR (upah minimum regional) di Manokwari hanya 2,2 juta. Namun, seiring perkembangan ekonomi dan pariwisata Manokmari yang meningkat, sehingga biaya hidup di sana pun meningkat, yaitu sekitar Rp 6,2 juta. Manokwari terkenal akan keindahan pantainya, seperti Pantai Pasir Putih Yen Bebay, Pantai Bakaro, Pantai Amban, dan lain-lain.

5. Batam

Kota Batam bersebelahan dengan Singapura. Secara nggak langsung, lokasi tersebut membuat perekonomian Batam menjadi maju. Begitu pula dengan wisatanya, di antaranya Pantai Melur, Ocarina Park, Kampung Vietnam, dan lain-lain.

4. Depok

Lokasinya yang berdekatan dengan Jakarta, membuat biaya hidup di Depok juga tinggi, yaitu sekitar Rp 6,3 juta. Di Depok pun cukup banyak, seperti Pasir Putih Depok, Masjid Kubah Emas, Water Park Ceria, dan lain-lain.

3. Ternate

Ternate adalah kota di Provinsi Maluku Utara. Biaya UMR di sana hanya Rp 1,9 juta, namun biaya yang dikeluarkan masyarakat sekitar Rp 6,4 juta per bulan. Kalau jalan-jalan ke Ternate, kamu wajib banget mengunjungi Batu Angus, Pantai Sulamadaha, Danau Tolire, dan lain-lain.

2. Jayapura

Biaya hidup di Jayapura setiap bulannya bisa mencapai Rp 6,9 juta. Salah satunya karena faktor distribusi dan infrastruktur yang kurang memadai. Bicara soal tempat wisata, tempat wisata menarik di Jayapura yang bisa dikunjungi antara lain Puncak Jayapura City, Air Terjun Cyclop Sentani, Air Terjun Kampung Harapan, dan lain-lain.

1. Jakarta

Nggak perlu heran deh kenapa biaya hidup di Jakarta paling mahal ketimbang kota-kota lainnya. Soalnya, Jakarta adalah jantung ibukota Indonesia. Perputaran uang paling besar tentunya ada di Jakarta. Setiap bulannya, biaya yang dihabiskan di Jakarta adalah sebesar Rp 7,5 juta.

Travelers tertarik nggak untuk liburan atau berbisnis di kota-kota tersebut? Kalau iya, yuk, segera pesan tiket pesawat, tiket kereta, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: https://www.tripadvisor.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,354 times, 15 visits today)

Comments

To Top