Kuliner

10 Kedai Sate Kambing di Jakarta yang Enak Banget!

Merayakan Hari Raya Idul Adha, pastinya nggak lengkap kalau nggak menyantap daging kambing. Kalau ibu kamu nggak sempat memasak daging kambing di rumah, makan di kedai yang menyajikan sate kambing lezat aja. Pegipegi punya rekomendasi 10 kedai sate kambing di Jakarta yang enak banget!

1. Sate Kambing Kim Tek

Nama lain dari kedai ini adalah Sate Palmerah, karena lokasinya sempat berada di jalan Palmerah. Kini, Sate Kambing Kim Tek berlokasi di jalan Panjang No. 8A, Pos Pengumben, Kebon Jeruk. Ada berbagai macam pilihan menu di sana, seperti Sate Daging Kambing, Jantung, Buntut, Sop Kambing, dan Gule Kambing.

Berbeda dengan sate kambing ala Tegal yang setelah dibakar dagingnya masih agak putih. Di Sate Kambing Kim Tek, dagingnya berwarna agak cokelat setelah dibakar. Mungkin karena sebelum dibakar, dagingnya diberi bumbu terlebih dahulu dan menggunakan sambal kecap dengan irisan bawang merah. Dagingnya enak banget dan nggak bau prengus. Sambalnya juga terasa cukup pedas di lidah. Untuk 5 tusuk Sate Kambing di sana dihargai Rp 25 ribu* dan Sop Kambing dihargai Rp 40 ribu*.

2. Sate Ayam dan Kambing RSPP

Sate Ayam dan Kambing RSPP sudah ada sejak tahun 1960-an. Bukan hanya Sate Ayamnya yang nikmat, tapi juga Sate Kambingnya. Uniknya, pembakaran sate di sana nggak menggunakan kipas angin, seperti yang dilakukan oleh kedai lainnya. Namun, mereka menggunakan kipas tradisional agar arang tetap terbakar dan membuat bumbu meresap ke dalam sate.

Sehingga, walaupun kamu membawa satenya ke rumah, aroma sate yang harum tetap masih ada. Seporsi Sate Kambing di sana dihargai Rp 35 ribu*. Kini, Sate Ayam dan Kambing RSPP sudah memiliki dua cabang, yaitu di Karang Tengah dan Cipete.

3. Sate Kambing H. Giyo

Kedai Sate Kambing H. Giyo (jalan DI. Panjaitan No. 36, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara) sudah dibuka sejak tahun 1974. Dalam satu hari, Sate Kambing H. Giyo bisa menghabiskan 15 ekor kambing. Kalau di hari libur bisa mencapai 20 ekor kambing. Porsi Sate Kambing di sana terbilang besar, lho. Soalnya, seekor kambing yang baru berusia 1,5 tahun aja hanya menghasilkan 200 tusuk Sate Kambing.

Meskipun porsinya besar, tapi harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu Rp 40 ribu* untuk 10 tusuk Sate Kambing. Rasanya masih nikmat seperti dulu karena proses pembuatannya masih tradisional, yaitu dengan menggunakan anglo, arang batok, dan kipas tradisional.

4. Sate Tegal H. Sadjim

 

Meskipun hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut, namun Sate Tegal H. Sadjim (jalan D. Tondano No. 8A, Tanah Abang) selalu ramai akan pelanggan. bahkan, banyak juga orang terkenal yang sudah makan di sana, seperti Deddy Mizwar, Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan lain-lain.

foto oleh: @irvankarta

Rahasia kelezatan Sate Tegal H. Sadjin adalah mereka menggunakan daging kambing muda, juga ketrampilan mengolah kuah dan bumbu. Dalam seharinya, mereka sengaja nggak menjual lebih dari 1.200 tusuk sate. Selain menyediakan sate, Sate Tegal H. Sadjin juga menyediakan Gulai Kambing, Tongseng, Sop, dan Nasi Goreng Kambing. Seporsi Sate Kambing di sana dihargai Rp 38.500*, sedangkan satu porsi Sate Kambing Polos tanpa lemak dihargai Rp 44 ribu*.

5. Pondok Sate Kambing Djono Jogya

foto oleh: https://backpackology.me

Di Pondok Sate Kambing Djono Jogya, kamu bisa melihat langsung bagaimana sate dibakar oleh koki. Nggak hanya Sate Kambingnya yang lezat, tapi juga Sate Ayamnya. Bumbu satenya meresap hingga ke dalam daging, tekstur dagingnya juga lembut dan nggak alot. Soalnya, daging yang digunakan adalah daging kambing muda.

Harga yang ditawarkan oleh Sate Kambing Djono Yogya adalah Rp 60 ribu* untuk seporsi Sate Kambing, Rp 63 ribu* untuk Sate Goreng Kambing, Rp 48 ribu untuk Sop Kambing, dan Rp 48 ribu* untuk Tongseng Kambing. Yuk, langsung aja mampir ke Pondok Sate Kambing Djono Jogya yang berlokasi di Meruya dan Bendungan Hilir!

6. Sate Kambing Batibul Bang Awi

 

Nama Batibul dipakai karena Batibul merupakan singkatan dari ‘bawah tiga bulan’. Maksudnya daging kambing yang dipakai berasal dari kambing yang berusia di bawah tiga bulan. Makanya, Sate Kambing di  Sate Kambing Batibul Bang Awi terasa empuk banget! Banyak yang bilang bahwa sate di sana memiliki daging terempuk di Jakarta! Bumbunya juga terasa meresap hingga ke daging.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan sesuai dengan kualitasnya. Setusuk Sate Kambing dihargai Rp 5.100*, setusuk Sate Kambing Tanpa Lemak Rp 6.100*, setusuk Sate Kambing Campur Ati Rp 5.600*, dan lain-lain. Nggak sabar pengin cobain? Langsung aja mampir ke jalan Boulevard Raya Blok QJ7 No. 12, Kelapa Gading.

7. Sate Kambing Solo Berkat

Selain Tegal, Solo pun kerap menghasilkan sate kambing berkualitas, seperti yang disajikan di Sate Kambing Solo Berkat. Mereka menyajikan Sate Kambing dengan rasa yang enak, juga nggak bau. Harganya juga terjangkau banget! 5 tusuk Sate Kambing harganya Rp 17.500*, 1 tusuk Sate Buntel Rp 15 ribu*, Tongseng Rp 20 ribu*, Tengkleng Rp 20 ribu*, dan lain-lain.

Penasaran? Langsung aja mampir ke Sate Kambing Solo Berkat di jalan Prof. Dr. Satrio No. 16B, Kuningan!

8. Sate Betawi H. Maksudi

 

Ingin menikmati sajian sate kambing khas Betawi? Mampir aja ke Sate Betawi H. Maksudi, di jalan Cinere Raya No. 18. Aneka menu yang bisa kamu nikmati di sana antara lain Sate Kambing, Sate Ayam, Sop Kambing, Gulai Kambing, Sop Iga Sapi, Soto Betawi, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, yaitu dari Rp 15 ribu – 30 ribu*.

9. Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Sop Kaki Kambing Dudung Roxy bukan hanya terkenal akan Sop Kaki Kambingnya, tapi juga Sate Kambingnya yang merupakan makanan pendamping dari Sop Kaki Kambing. Daging yang disajikan nggak bau prengus, juga empuk. Per porsi Sate Kambing di sana bisa kamu peroleh dengan harga Rp 50 ribu*. Sop Kaki Kambing Dudung Roxy berlokasi di jalan Biak, Pacific Place, Summarecon Mall Bekasi, dan lain-lain.

10. Cangkir Cafe, Melawai

Pengin makan sate kambing di tempat yang adem dan homey? Nah, kamu kudu mampir ke Cangkir Cafe, di jalan Panglima Polim IX No. 13. Meskipun tempatnya nyaman dan ber-AC, namun seporsi Sate Kambing di sana hanya seharga Rp 36 ribu*.

Bagi kamu yang akan ke Jakarta dalam waktu dekat, jangan lupa cicipi sate kambing enak di atas, ya! Agar bujet liburanmu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: https://kolingo.wordpress.com

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top