Kuliner

10 Kedai di Jakarta dengan Masakan Timur Tengah yang Mantap!

makanan-timur-tengah

Arab Saudi bukan hanya menghasilkan cewek cantik dan cowok ganteng, namun negara penghasil minyak bumi tersebut juga memiliki kuliner yang sedap! Kalau kamu bosan makan makanan Indonesia, nggak ada salahnya untuk mencoba kuliner Timur Tengah. Di Jakarta sudah banyak kedai yang menyajikan makanan Timur Tengah yang yummy! Pengin tahu di mana aja tempatnya? Simak bareng pegipegi, yuk! Siapa tahu kamu bisa ketemu cowok atau cewek keturunan Arab yang kece di sana. Hihihi…

1. Abunawas Restaurant

Ngomongin soal makanan Timur Tengah, biasanya yang langsung terbesit di kepala adalah Abunawas Restaurant! Soalnya, resto ini sudah berdiri sejak tahun 2000 dan memiliki dua cabang, yaitu di Kemang dan Matraman. Karena tempatnya selalu ramai, alangkah baiknya jika kamu melakukan reservasi sehari sebelumnya. Menu legendaris yang bisa kamu pesan adalah Mandi Lahm (Rp 90 ribu*), yaitu nasi mandi yang diberi topping daging kambing. Rasanya mirip nasi kebuli, tapi warnanya lebih putih. Karena menggunakan beras pera berbulit panjang, makan Mandi Lahm nggak akan membuat kamu cepat kenyang seperti makan nasi putih biasa. Daging kambingnya juga empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam.

abunawas

foto oleh: heytheresia.com

Dan masih ada menu unik lainnya yang bisa kamu coba. Rata-rata menu di sana menggunakan istilah-istilah yang asing di telinga, seperti Madghut Dajaj (Rp 105 ribu*), Kebab Lahm (Rp 88 ribu*), Shorbah Magadem (Rp 60 ribu*), dan lain-lain. Tapi, di buku menunya tertulis bahan-bahan yang digunakan, kok. Jadi, kamu nggak bakal mengalami kesulitan saat memesan makanan di Abunawas Restaurant!

2. Al Jazeerah Restaurant & Cafe

Yang menjadi menu favorit di Al Jazeerah Restaurant & Cafe adalah Daging Kambing Muda. Untuk teman makan Daging Kambing Muda, pastinya kurang kalau nggak pesan Nasi Mandi. Aneka sup berbahan kambing di resto yang berada di jalan Raden Saleh Raya No. 58, Cikini, Menteng ini juga wajib dicoba, seperti Sup Daging, Sup Daging Kari, dan Sup Kaki Kambing. Kalau kamu nggak suka daging kambing atau takut dengan kolesterol yang tinggi, kamu juga bisa mencoba menu dengan daging ayam.

al-jazeerah2

foto oleh: Tribunnews.com

Untuk kamu yang menyukai seafood, di sana juga menjual menu seafood yang diracik dengan gaya Arab, lho! Unik banget, ya! Minuman yang dijual di sana juga nggak kalah unik karena teh dan kopinya juga dibuat dengan gaya Arab. Biasanya sih, bujet yang harus dikeluarkan untuk makan di Al Jazeerah Restaurant & Cafe adalah Rp 300 ribu* untuk dua orang.

3. Sindbad Restaurant Jakarta مطعم السندباد جاكرتا

sinbad

foto dari: zomato.com

Kalau kamu pengin makan daging kambing yang empuk dan dagingnya mudah dilepaskan dari tulang, kamu harus mampir ke Sindbad Restaurant Jakarta مطعم السندباد جاكرتا, di jalan KS. Tubun Raya No. 2, Slipi. Bukan hanya empuk, tapi rasanya juga menggoda selera. Perpaduan antara manis dan asamnya sangat pas! Di Sindbad Restaurant Jakarta مطعم السندباد جاكرتا ada juga menu spesial yang stoknya terbatas, yaitu Reeyass yang menggunakan iga anak kambing. Ukurannya kecil, namun dagingnya sangat empuk!

Kalau pengin makan daging ayam, cobalah menu Akda Dujaj, yaitu daging ayam yang dagingnya bersembunyi di balik kentang goreng yang berserakan. Untuk yang mau makan kebab, pesan aja Syawerma dengan daging ayam atau kambing. Untuk makan di Sindbad Restaurant Jakarta مطعم السندباد جاكرتا, siapkanlah bujet sekitar Rp 300 ribu* untuk dua orang.

4. Hadramout Restaurant

Kalau ingin makan ramai-ramai ala orang Arab, kamu bisa makan di Hadramout Restaurant. Soalnya, porsi Nasi Mandhi di sana bisa di-request untuk 2-3 orang, 6-8 orang, dan seterusnya. Supaya nggak berantakan, pelayan di sana menaruh plastik di atas meja terlebih dahulu. Setelah itu barulah makanan disajikan. Sebagai pembuka, roti pita disajikan dulu dengan cocolan kambing berbumbu kari agak bertomat. Kemudian, barulah disajikan menu utama Nasi Mandhi Kambing! Uniknya, Nasi Mandhi Kambing di sana disantap dengan yogurt polos dengan timun dan sambal.

hadramout

foto oleh: foody.id

Untuk pencuci mulut, kamu bisa menikmati puding karamel dan teh merah dengan aroma mint. Biasanya, bujet per dua orang untuk makan di sana adalah Rp 150 ribu* untuk dua orang. Yuk, langsung aja melipir ke jalan Tambak Raya No. 16A, Jakarta Pusat!

5. LARAZETA Restaurant and Gallery

larazeta

foto oleh: qraved.com

Keunggulan LARAZETA Restaurant and Gallery adalah resto ini menyajikan lima jenis nasi legendaris Timur Tengah, yaitu Nasi Mandhi, Nasi Briyani, Nasi Kebuli, Nasi Kabsah, dan Nasi Zurbian. Sebelum menikmati menu utama, sebaiknya kamu menikmati sajian Roti Pitha, Foul Mudamas, dan Hummus. Hidangan utama nasi di LARAZETA Restaurant and Gallery menggunakan beras Brasmati yang dicampur dengan rempah-rempah khas tradisional Arab. Nasi hangat dan gurih tersebut makin kuat rasanya ketika berpadu dengan kelembutan daging kambing yang tentu aja dimasak dengan benar. Bujet yang kira-kira dihabiskan di resto yang berada di jalan Tebet Barat Dalam Raya No. 17 ini sekitar Rp 250 ribu* untuk dua orang.

 

6. Sate Tegal Abu Salim

sate-tegal-abu-salim

foto dari: iyaa.com via Food Story

Makanan Timur Tengah nggak selalu identik dengan Nasi Mandhi kan? Tapi juga sate! Makanya, kamu wajib mampir ke Sate Tegal Abu Salim di jalan Raya Condet No. 2, Kramat Jati. Pengunjung yang datang ke sana sebagian besar adalah para keturunan Arab. Kenapa kedai ini disukai oleh orang keturunan Arab? Karena, Sate Tegal Abu Salim menyajikan menu khas Arab keturunan Tegal. Mereka ingin membandingkan rasa sate Madura dan Betawi dengan sate Tegal yang tentu aja lebih mantap rasanya! Sate khas Tegal dibakar dan disajikan polos. Potongan dagingnya besar, kira-kira hampir 2 cm. Dagingnya berasal dari daging domba muda.

sate-tegal-abu-salim

foto dari: qraved.com

Sate tersebut bisa dicelupkan ke kecap manis dan irisan cabai rawit, tomat, dan bawang merah yang disajikan terpisah. Sehingga, kamu masih bisa merasakan manisnya daging domba yang empuk, bersih, dan tidak berlemak. Sama sekali tidak ada bau prengus yang akan membuat kamu mual. Uniknya, sate-sate tersebut dihidangkan di atas hotplate. Bujet makan di sana adalah Rp 130 ribu* untuk dua orang.

7. Rumah Makan Al Mukalla

rumah-makan-al-mukalla

foto dari: qraved.com

Menu andalan di Rumah Makan Al Mukalla (jalan Raya Condet No. 8, Kramat Jati) adalah Nasi Briyani, Nasi Kapsah, dan Mandhi Laham. Semua menu tersebut diolah dengan arang kayu, sehingga rasanya tetap otentik. Untuk Mandhi Laham dimasak selama tiga jam dengan menggunakan tungku tanah dengan diameter 50 cm. Sehingga, daging kambing bakal matang secara perlahan dan makin enak!

Sedangkan, beras yang digunakan untuk memasak Nasi Briyani adalah beras Basmati dari India yang memiliki buliran panjang dan aroma yang harum! Lalu dimasak dengan air, garam, susu, serta minyak samin dengan api kecil. Setelah itu, nasi dimasak bersama dengan daging kambing yang telah diberi rempah-rempah seperti biji pala, kayu manis, cengkeh, kapulaga, serai, jintan, adas, jahe, kunyit, merica, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih. Semua bahan tersebut dimasak bersamaan selama 40 menit hingga semua bahan matang. Bujet makan di Rumah Makan Al Mukalla adalah Rp 100 ribu* untuk dua orang.

8. Al Nafoura Lebanese Restaurant

Al Nafoura Lebanese Restaurant merupakan resto khas Lebanon yang berada di Le Meridien Jakarta. Suasananya benar-benar mirip seperti kafe di Lebanon, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Lebanon! Untuk menunya sendiri, kamu bisa pesan a la carte atau buffet. Karena berlokasi di hotel bintang lima, tentu aja harga menu-menu di sana agak mahal, misalnya, untuk Quick Set Lunch dikenakan harga Rp 250 ribu* dan Middle Eastern Barbeque (Rp 375 ribu*).

Jika kamu pengin sekalian menginap di Le Meridien Jakarta, pesan aja lewat pegipegi!

lihat Le Meridien Jakarta

9. Zam Zam Kemang

Di Zam Zam Kemang (jalan Ampera Raya No. 59), kamu bisa merasakan kemewahan ala Timur Tengah. Dijamin kamu bakal terkagum-kagum dengan setiap detail interior Zam Zam Kemamg. Jika ingin menyatu dengan alam, kamu bisa mencoba makan gaya lesehan di ruangan outdoor-nya.

Sesampainya di sana, jangan lupa untuk mencoba salad khas Lebanon bernama Fattoush (Rp 30 ribu*), Shakshouka (Rp 35 ribu*), yaitu scrambled egg khas Arabic, Buryani Lamb (Rp 90 ribu*) yang merupakan menu favorit di Zam Zam Kemang. Bahkan, di sana juga menyediakan fasilitas Hookah (Rp 70 ribu* per sesi). Hookah mirip seperti shisha, di mana kamu bisa merasakan sensasi seperti merokok.

10. Pondok Nasi Kebuli Ibu Hanna

Nasi Kebuli di Pondok Nasi Kebuli Ibu Hanna disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Pelanggan yang datang ke sana bukan hanya yang keturunan Arab, lho, tapi juga orang Indonesia asli dan orang Tionghoa. Makanya, Nasi Kebuli mereka nggak menggunakan taburan kismis karena orang Indonesia tidak terbiasa dengan nasi yang terasa manis, tapi Nasi Kebuli di sana tetap kaya akan rempah. Bahkan, banyak juga artis dan pejabat yang makan di kedai yang berada di jalan Mampang Prapatan VI Buncit III ini.

Menu favorit di sana adalah Nasi Kebuli Kambing, Nasi Kebuli Ayam, Gulai Kambing, Marak Kambing, Sop Kambing, Kambing Goreng, dan Soto. Kisaran harga menu di sana adalah Rp 5 ribu – 60 ribu*. Cukup terjangkau, kan!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu yang berada di luar Jakarta, wajib banget cobain 10 kedai di atas jika liburan ke Jakarta. Supaya bujet transportasi ke Jakarta murah, jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta lewat pegipegi, ya! Jangan lupa buat pesan hotel murah di Jakarta juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu makin murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 277 times, 3 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top