Kuliner

10 Kedai Babi Guling di Bali yang Recommended Buat Disantap!

Kalau ke Bali, pastinya kuliner yang paling ditunggu-tunggu adalah babi guling, khusunya untuk kamu yang memang boleh makan daging babi. Ada begitu banyak kedai babi guling yang bisa disinggahi, tapi kamu nggak bisa sembarangan memilih kedai babi guling. Ada 10 kedai babi guling recommended yang bisa kamu sambangi bersama teman-teman atau keluarga saat kamu berkunjung ke Bali! Tinggal kamu sesuaikan aja dengan kawasan liburan kamu.

1. Babi Guling Ibu Oka

Babi-Guling-Ibu-Oka

foto oleh: Dok. baliamertha

Yang paling terkenal dari Babi Guling Ibu Oka adalah kulit babi gulingnya yang renyah dan enak. Soalnya, Ibu Oka sendiri memasaknya dengan keahlian khusus. Perlu konsentrasi tinggi saat memanggang babi guling sambil memutar daging babi yang telah ditusuk dengan bambu. Kalau dilakukan dengan sembarangan, kulit babi bakal mudah terbakar dan rasanya jadi pahit. Ketika memanggang, Ibu Oka juga dibantu oleh para pegawainya yang sudah ahli.

Bumbu Bali yang digunakan juga memengaruhi kelezatan kulit babi guling. Sebelum dipanggang, perut babi dibersihkan dulu dengan air hangat, setelah itu diisi bumbu tradisional bernama base genep. juga dicampur dengan sayur daun singkong. Campuran tersebutlah yang membuat Babi Guling Ibu Oka mampu menghipnotis banyak pelanggan untuk datang ke sana. Untuk menu yang terdiri dari nasi, sayur, daging, gorengan, sosis, dan kulit dihargai Rp 45 ribu*. Yuk, langsung mampir aja ke Babi Guling Ibu Oka di jalan Suweta, Ubud.

2. Babi Guling Candra

Jika kamu tengah berada di Denpasar, kamu bisa mampir ke warung Babi Guling Candra yang berada di jalan Teuku Umar 140. Menu andalan di sana tentunya adalah Babi Guling Special yang terdiri dari nasi putih, semangkuk sup, dan olahan babi sepiring penuh. Ada sate babi manis, daging babi suwir, paru, usus, kerupuk kulit, kulit babi, dan sayuran yang dimasak dengan bumbu Bali. Rasanya nggak perlu diragukan lagi, tapi kamu harus hati-hati dengan sambalnya yang pedas.

Seporsi Babi Guling Special dihargai Rp 40 ribu*. Di sana juga masih ada menu menarik lainnya, seperti Babi Guling Biasa (Rp 35 ribu*) dan Ayam Betutu (Rp 45 ribu*). Untuk menyegarkan dahaga, kamu bisa pesan Es Jeruk (Rp 20 ribu*) dan Jus (Rp 25 ribu*).  Selain itu, Babi Guling Candra juga menyediakan beberapa snack, seperti pie susu, kerupuk babi, keripik, dan minuman herbal.

3. Babi Guling Pak Dobiel

Seporsi Babi Guling di sana dilengkapi dengan nasi, lawar, babi guling yang dipotong kecil, sosis, kerupuk babi, dan sop babi. Sama seperti warung babi guling lainnya, di Babi Guling Pak Dobiel juga menggunakan base genep, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, laos, kencur, sereh, cabai rawit, jahe kunyit, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Saking enaknya, babi guling di sana, tak heran jika Babi Guling Pak Dobiel selalu ramai akan pengunjung.

Apalagi, katanya Babi Guling Pak Dobiel masih memiliki rasa original Bali. Harganya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 80 ribu untuk dua orang. Pak Dobiel, si pemilik kedai juga suka melayani pesanan babi guling satu ekor yang biasanya digunakan untuk hari raya keagamaan umat Hindu di Bali. Harganya dipatok berdasarkan ukuran babi guling yang dipesan. Kalau penasaran, langsung aja datang ke jalan Srikandi No. 9, Nusa Dua.

4. Babi Guling Pak Malen

pak-malen

foto oleh: jenzcornet.net

Untuk kamu yang nggak terlalu suka makan makanan pedas, kamu bisa mampir ke Babi Guling Pak Malen di jalan Sunset Road No. 5, Seminyak. Nasi dan lauk pauk babi di Babi Guling Pak Malen, seperti lawar, daging babi pedas, sosis, dan kulit babi disajikan terpisah. Mereka juga menyajikan sop yang dibuat dari rebusan daging dan tulang babi. Sop itu juga dicampur dengan base genep. Jadi, perpaduan antara gurih dan pedasnya benar-benar seimbang. Tentunya, Nasi Babi Guling tersebut lebih mantap jika disantap dengan nasi hangat. Cuma dengan bujet Rp 40 ribu – 75 ribu* per porsi, kamu sudah bisa menyantap nikmatnya babi guling di Babi Guling Pak Malen.

5. Babi Guling Men Agus

Jika kamu sedang liburan di daerah Canggu, kamu bisa mampir ke warung Babi Guling Men Agus yang berada di jalan By Pass Munggu – Tanah Lot. Yang membedakan babi guling di Babi Guling Men Agus dengan kedai babi guling lainnya adalah sate di Babi Guling Men Agus menggunakan bumbu kacang. Kulit babi gulingnya kering, tapi tekstur dagingnya tetap empuk dan tebal. Sembari menyantap babi guling, kamu juga bisa menikmati pemandangan sawah di sekitarnya. Harganya juga bersahabat di kantung, yaitu sekitar Rp 80 ribu* untuk dua orang.

6. Babi Guling Negari

negari

foto dari: Dok. balikidsguide

Kalau makan babi guling di Babi Guling Negari, siap-siap aja kekenyangan dan puas! Soalnya, warung babi guling yang berada di jalan Ratna VIII No. 20, Gianyar ini terkenal tidak pelit soal porsi, nggak cuma nasi, tapi kulit babi gulingnya juga banyak. Selain banyak porsinya, tentu aja rasanya juga nggak kalah nikmat dengan kedai babi guling lainnya. Soalnya, sausnya sedap banget. Untuk dua orang, kira-kira menghabiskan bujet Rp 100 ribu* jika makan di Babi Guling Negari.

7. Babi Guling Sanur

Nasi dan lauk pauk babi di warung Babi Guling Sanur memang sengaja dipisah, karena mereka ingin menghadirkan seporsi Nasi Babi Guling dengan daging babi yang banyak. Kulit babi guling yang disajikan sangat garing, bumbunya dibuat juicy dan meresap sempurna ke daging babi gulingnya. Sambalnya memiliki tingkat kepedasan yang pas, sayurnya gurih, dan supnya memiliki rasa asin yang pas. Yuk, tunggu apa lagi? Langsung aja datang ke jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar Selatan. Untuk makan di sana, kamu hanya perlu mengeluarkan bujet sekitar Rp 80 ribu* untuk dua orang.

8. Babi Guling Ibu Dayu

Nasi Campur Babi Guling di warung Babi Guling Ibu Dayu terdiri dari nasi, babi kecap (samcan), babi guling, lawar babi, kerupuk lemak babi yang digoreng tepung, sayur, sambal Bali, dan kuah. Harganya cuma Rp 25 ribu* per porsi, travelers! Selain Nasi Campur Babi Guling, biasanya pelanggan juga suka memesan Balung Kuah (Rp 15 ribu*). Daging babi yang digunakan di Balung Kuah biasanya berasal dari bagian kaki. Sangat mudah menemukan Babi Guling Ibu Dayu soalnya kedainya beralamat di jalan Raya Kuta yang berada di pusat kota.

9. Babi Guling Nadi Jaya

nadi-jaya

foto oleh: www.foody.id

Warung nasi babi guling yang berada di jalan Kubu Anyar 1 Br Anyar Kerobokan ini menyajikan menu favorit mereka, yaitu Sate Lilit Babi. Menu favorit lain yang harus dipesan tentu aja Nasi Babi Guling yang terdiri dari nasi, sayur lawar, daging babi masak rempah, kulit babi renyah, daging babi goreng, dan beberapa potongan jeroan babi. Isinya bikin puas banget, kan? Harganya juga terjangkau banget, cuma Rp 35 ribu* per porsi!

10. Babi Guling Selingsing Cepaka

cepaka

foto: Dok. makansutra

Di warung Babi Guling Selingsing Cepaka, kamu bisa melihat langsung seperti apa proses pembuatan babi guling, mulai dari proses pembakaran sampai mengolah bumbu. Dengan bujet Rp 18 ribu – 25 ribu* aja, kamu sudah bisa menyantap seporsi Nasi Babi Guling enak di sana yang memiliki daging babi lembut dengan bumbu dari rempah-rempah yang aromanya mantap. Kulit babi gulingnya yang garing dan kuahnya yang segar bakal bikin kamu ketagihan. Penasaran? Langsung aja datang ke Babi Guling Selingsing Cepaka di jalan Desa Cepaka No. 901, Kediri, Kabupaten Tabanan.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nggak sabar pengin makan babi guling lezat di Bali? Yuk, siapkan liburanmu di Bali dengan pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

*Harga berlaku saat artikel dibuat

 

(Visited 5,527 times, 12 visits today)

Comments

To Top