Tips

10 Kado yang Dianggap Tabu Oleh Orang Tionghoa

Tahu nggak travelers, kalau di kalangan orang Tionghoa ada beberapa kado yang dianggap tabu. Jika kita memberikan kado tersebut ke seseorang, katanya bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apa aja nih kadonya?

1. Cermin

Orang Tionghoa biasanya nggak menjadikan cermin sebagai kado soalnya cermin dipercaya bisa mengundang roh jahat. Cermin juga merupakan barang pecah belah dan jika pecah, hal itu dianggap sebagai pertanda buruk.

2. Sepatu

sepatu

foto dari: amazon.in

Dalam Bahasa Mandarin, pelafalan kata sepatu adalah ‘xie’. Xie juga bisa mengandung makna lain, selain sepatu, yaitu sial. Selain itu, sepatu juga digunakan untuk melangkahkan kaki. Benda ini dipercaya bisa menjauhkan kita dari pacar atau sahabat.

3. Benda tajam

gunting

foto dari: JakartaNotebook.com

Memberikan beda tajam kepada seseorang bisa memberi arti ingin memutuskan hubungan dengan mereka.

4. Benda berjumlah 4 atau berhubungan dengan angka 4

empat

foto dari: alibaba.com

Kado yang berisi empat barang dianggap tabu oleh orang Tionghoa. Begitu pula dengan kado yang berhubungan dengan angka 4, misal sim card yang mengandung angka 4. Soalnya, pelafalan angka 4 dalam Bahasa Mandarin adalah ‘si’. Si juga bisa berarti mati dalam Bahasa Mandarin. Tentu aja kata tersebut bukan kata yang positif, sehingga dipercaya bisa memberikan efek buruk.

5. Jam dinding atau arloji

jam

foto dari: tokopedia.com

Dalam Bahasa Mandarin, ‘memberikan jam’ memiliki pelafalan ‘sòng zhōng’ dan kata tersebut juga berarti menghadiri pemakaman. Jadi, memberikan jam dinding atau arloji sebagai kado bukanlah hal baik untuk orang Tionghoa. Selain itu, jam juga dinilai memiliki lambang kehabisan waktu.

6. Sapu tangan

Biasanya, orang memberikan sapu tangan ke seseorang ketika selesai menghadiri pemakaman. Sehingga, sapu tangan dianggap sebagai lambang perpisahan selamanya. Jadi, memberikan sapu tangan bisa bikin seseorang kehilangan pacar atau sahabat.

7. Bunga putih

white-flower

foto dari: pinterest.com

Bunga putih melambang duka atau berkabung. Jadi, bunga putih tidak pantas diberikan sebagai kado. Begitu pula dengan benda yang berwarna putih juga tidak pantas diberikan sebagai kado. Bahkan, membungkus kado dengan kertas kado warna putih juga dianggap tidak etis di kalangan orang Tionghoa. Begitu pula dengan warna hitam yang sering digunakan saat berkabung.

8. Topi hijau

Memakain topi hijau bisa memberi arti isti atau pacar kamu selingkuh. Karena, topi hijau familiar dengan topi yang dipakai oleh tentara yang pergi berperang dan nggak pulang ke rumah dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, bisa menimbulkan potensi istri bakal selingkuh.

9. Payung

Dalam Bahasa Mandarin, payung memiliki pelafalan ‘san-san’. Pelafalan tersebut mirip dengan ‘san’ yang dalam Bahasa Mandarin bisa berarti putus. Nah, memberikan payung untuk pacar dipercaya bisa bikin hubunganmu kandas.

10. Buah pir

Memberikan buah adalah hal baik, tapi tidak begitu dengan buah pir. Dalam Bahasa Mandarin, buah pir punya pelafalan ‘li’ yang juga memiliki arti perpisahan.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Pernah dengar kan pepatah yang bilang “perkataan adalah doa”. Nah, jika ingin mendoakan yang terbaik untuk orang-orang terdekat, sebaiknya kamu menghindari 10 benda tabu di atas untuk dijadikan kado. Tapi, nggak semua orang percaya dengan hal tersebut, sih. Jadi, mau percaya atau tidak, semua tergantung dari kepribadian masing-masing. Kalau bingung pengin kasih apa ke orang yang kamu sayangi, kamu bisa beri kejutan dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://chineseculture.about.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,960 times, 1 visits today)

Comments

To Top