Kuliner

10 Jajanan Khas Surabaya untuk Dijadikan Oleh-oleh

Travelers punya rencana liburan atau melakukan kegiatan bisnis di Surabaya dalam waktu dekat? Kalau iya, kamu kudu borong jajanan khas Surabaya berikut ini! Bukan cuma bisa dinikmati sendiri, tapi bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk orang terdekat. Selamat belanja!

1. Sambal dan Udang Bu Rudy

Kalau ada keluarga atau teman yang suka pedas, wajib banget dikasih Sambal dan Udang Bu Rudy! Kamu tinggal berkunjung ke jalan Dharmahusada 140. Di sana kamu bisa memilih berbagai macam sambal, mulai dari Sambal Bawang, Sambal Udang, Sambal Bajak, Udang, Ikan Crispy, Bandeng Presto, Bandeng Asap, dan lain-lain. Tak heran jika banyak pembeli yang borong aneka sambal di sana, soalnya meskipun banyak yang mengaku bisa bikin sambal seperti Bu Rudy, tapi tetap aja nggak ada yang bisa menyaingi cita rasa Sambal Bu Rudy!

2. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno merupakan kue lapis khas Surabaya yang sampai sekarang masih menggunakan resep zaman dulu (sejak tahun 70-an), sehingga cita rasanya nggak berubah. Rasa manisnya pas dan teksturnya yang lembut membuat pelanggan selalu jatuh hati dengan Spikoe Resep Kuno. Yuk, langsung aja mampir ke jalan Rungkut Madya 41 untuk borong kue lapis di Spikoe Resep Kuno!

3. Almond Crispy Cheese

almond-crispy

foto oleh: JDlines.com

Siapa pun pasti tahu bahwa almond adalah camilan yang sehat sekaligus enak. Nah, almond makin terasa enak lewat camilan Almond Crispy Cheese. Bahan-bahannya terdiri dari kacang almond, tepung terigu, gula, telur, dan keju. Sedangkan pilihan rasanya ada tiga, yaitu green tea, cokelat, dan original cheese. Bentuknya tipis dan teksturnya renyah. Cocok banget untuk dicemil kala santai. Almond Crispy Cheese bisa kamu dapatkan di Pusat Oleh-oleh Wisata Rasa, jalan Raya Jemursari No. 164.

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kenjeran adalah pantai di Surabaya yang lebih terkenal sebagai pelabuhan. Di Kenjeran sangat melimpah binatang lautnya. Makanya, warga di sana memanfaatkan hal tersebut dengan membuat kreasi seafood dalam bentuk kerupuk. Jadi, jika kamu mampir ke Kerupuk Ikan Kenjeran di jalan Sukolilo, kamu akan menemui banyak jenis kerupuk yang bisa diborong! Ada yang berbahan dasar cumi, kerang, ikan, dan lain-lain. Untuk oleh-oleh, kamu bisa membeli kerupuk yang masih mentah dan bisa digoreng di rumah.

5. Bunarendang

Bunarendang merupakan kependekan dari Burger Nasi Rendang. Unik banget kan, burger yang biasanya menggunakan roti, kini menggunakan nasi. Isinya pun rendang. Karena merupakan makanan cepat saji, Bunarendang kudu disantap selagi masih hangat, tapi kalau dijadikan oleh-oleh, Bunarendang bisa dipanaskan di microwave, kok. Kamu bisa belanja Bunarendang di kawasan Dukuh Kupang Surabaya, Swalayan Sakinah ITS Surabaya, Jalan Manyar Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya Unair.

6. Aneka olahan Mangrove

Di Surabaya, tumbuhan mangrove bukan hanya bisa dinikmati keindahannya, namun juga bisa dijadikan produk olahan jenang dan sirup segar. Jenang dari mangrove memiliki tekstur kenyal dan rasanya legit. Sedangkan sirupnya terasa asam, manis, sekaligus segar. Paling enak jika disajikan secara dingin. Sirupnya juga mengandung vitamin A, C, yodium, dan anti-oksidan. Ayo segera mampir ke Jenang dan Sirup Mangrove di jalan Sonnetaria Rungkut!

7. Siropen Telasih

siropen-telasih

foto oleh: Liputan6.com

Sirup lain yang bisa kamu buru di Surabaya adalah Siropen Telasih yang sudah populer sejak tahun 20-an. Waktu itu, sirup ini masih dikelola oleh perusahaan Belanda dan hanya bisa diminum oleh kaum bangasawan. Setelah itu, Siropen Telasih jatuh ke tangan pengusaha Indonesia dan siapa pun bisa mengonsumsinya. Bukan hanya botolnya yang cantik seperti botol wine, tapi rasanya juga beragam dan enak, seperti vanilli, cocopandan, mawar, jeruk keprok, dan lain-lain. Siropen Telasih bisa kamu beli di jalan Milwis.

8. Abon Sapi Padmosusastro

Ada banyak penjual abon sapi di Surabaya, tapi yang paling terkenal adalah Abon Sapi Padmosusastro (jalan Padmosusastro). Uniknya, abon tersebut dibuat dua rasa, yaitu manis dan pedas. Itulah yang bikin cita rasa Abon Sapi Padmosusastro terasa lebih nikmat.

9. Kue Blinjo dan Kue Mente

Kue Mente dan Kue Blinjo khas Surabaya ini terbuat dari mente, blinjo, telur, tepung terigu, mentega, garam, gula, dan minyak nabati. Kamu bisa merasakan kue ala rumahan yang bahan-bahannya sederhana, tapi cita rasanya luar biasa. Makanya, kedua kue ini sering banget dijadikan oleh-oleh.

10. Kue Bikang Peneleh

bikang

foto dari: panduanwisata.id

Kue Bikang Peneleh yang berwarna-warni ini bukan hanya enak dipandang mata, tapi juga enak rasanya dan lembut teksturnya. Yuk, jadikan kue basah ini sebagai oleh-oleh. Kue Bikang Peneleh bisa kamu peroleh di jalan Peneleh 32 – 34.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Seru banget kan berburu jajanan di Surabaya untuk dijadikan oleh-oleh? Bakal lebih seru lagi kalau kamu bisa liburan di sana dengan harga terjangkau. Caranya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Surabaya lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke surabaya pesan tiket kereta api murah ke surabaya cari hotel murah di surabaya

Foto utama: http://pusatwisatakulinersurabaya.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 14,440 times, 11 visits today)

Comments

To Top