Tips

10 Hal yang Biasanya Dilakukan Traveler Ketika Pertama Kali ke Bali!

rock-bar-bali

Pengalaman pertama traveling tentunya merupakan pengalaman yang paling menyenangkan dan nggak terlupakan. Mungkin travelers masih ingat seperti apa serunya ketika pertama kali berkunjung ke Bali. Perasaan senang sekaligus bangga pasti bercampur jadi satu. Apalagi, Bali adalah tujuan wisata yang populer, bukan hanya orang Indonesia yang suka ke Bali, tapi juga turis mancanegara. Menurut pengalaman dan cerita banyak orang, kira-kira inilah hal-hal yang dilakukan traveler ketika pertama kali traveling ke Bali.

1. Takut menginjak sesajen

Biasanya, jauh-jauh hari sebelum ke Bali, teman-teman suka mengingatkan kita agar jangan menginjak atau menyenggol sesajen yang ditaruh di pinggir jalan atau pantai. Mereka bakal menakut-nakuti dengan bilang bahwa menginjak sesajen bisa bikin celaka. Nah, itulah yang bikin kita cemas selama di Bali. Padahal, kamu nggak perlu setakut itu, lho.

Sesajen yang tersebar di jalan memang perlu dihormati dengan cara tidak menyenggol atau menginjaknya. Karena, sejajen merupakan wujud rasa syukur warga Bali kepada Dewa-Dewi yang telah memberikan berkat untuk mereka. Jadi, menginjak sesajen bukan supaya kita nggak celaka, tapi lebih untuk menghormati kepercayaan warga Bali. Apabila kamu nggak sengaja menginjak atau menyenggol sesajen, tentunya nggak jadi masalah.

Artikel lengkap soal sesajen di Bali, bisa kamu baca di sini, ya!

2. Kepang rambut, kutekan, dan bikin tato wajib hukumnya!

Di sekitar Pantai Kuta ada banyak orang yang menawarkan jasa kepang rambut model kelabang. Kalau kamu baru pertama kali ke Bali, biasanya bakal tergoda untuk mencobanya! Kapan lagi bisa dikepang kelabang ala penyanyi kulit hitam! Hihihi… Jasa mengepang rambut di sana harganya bervariasi, jadi memang harus pintar-pintar menawar jika ingin dikepang. Kalau kamu bukan turis mancanegara, kamu nggak akan diberikan harga tinggi yang nggak masuk akal kok! Asyiknya, kepangan tersebut bisa tahan selama dua hingga tiga hari!

Selain mengepang rambut, biasanya wisatawan juga tergoda untuk kutekan (nail art). Ada banyak warna kuteks yang bisa kamu coba. Bahkan, gambarnya bisa kita request. Sebelum kuku diberi warna dan gambar, si pemberi jasa nail art akan membersihkan kuku dan menghilangkan kulit kasar di sekitar kuku agar hasil nail art-nya sempurna. Dan, banyak juga lho yang mencoba bikin temporary tattoo. Tentu aja gambar dan tulisannya bisa di-request.

3. Menikmati sunset di Rock Bar, AYANA Resort and Spa

Meskipun nggak menginap di AYANA Resort and Spa, pastinya kamu pengin banget kan menikmati sunset di Rock Bar yang masih berada di satu kawasan dengan AYANA. Apalagi jika kamu baru pertama kali ke Bali! Meskipun dari AYANA menuju Rock Bar harus pakai lift dan antrenya ramai, pasti kamu tetap bela-belain buat ke sana, kan? Ketika sudah sampai di Rock Bar, waktu mengantre yang sudah terbuang pun akhirnya terbayar! Soalnya, bukan hanya sunset-nya yang indah, tapi pemandangan di sekitarnya juga sangat memanjakan mata!

Jika ingin duduk menikmati sunset di Rock Bar, kamu diwajibkan untuk memesan makanan atau minuman di sana. Untuk duduk di sofa bed, kamu harus pesan menu dengan harga minimal Rp 600 ribu*. Tapi, kalau nggak ingin merogoh kocek terlalu banyak, duduk aja di tempat biasa lalu pesan minum. Begitu aja sudah senang banget! Hehehe…

4. Foto di depan Hard Rock Cafe Bali

Meskipun Jakarta juga punya Hard Rock Cafe, tapi sepertinya belum lengkap kalau nggak foto di depan Hard Rock Cafe saat berkunjung ke Bali. Banyak turis yang mengantre untuk foto di sana, lho. Kebanyakan turis yang mengantre adalah turis lokal! Hihihi…

5. Pakai baju barong atau singlet Bir Bintang

Biasanya, baju barong dibeli untuk dijadikan oleh-oleh setelah selesai berlibur dari Bali. Tapi, nggak ada salahnya dong buat tampil eksis dengan menggunakan bajo barong bersama teman-teman! Inilah yang kerap dilakukan oleh wisatawan yang baru pertama kali ke Bali! Supaya hasil fotonya bagus, baju barong yang digunakan harus berwarna-warni, dong!

Baju kembaran lain yang biasanya dipakai bersama teman-teman di Bali adalah kaus Bir Bintang! Nggak tahu kenapa, wisatawan suka banget pakai kaus ini. Sepertinya, kalau baru pertama kali ke Bali, wajib banget pakai kaus Bir Bintang! Hihihi…

6. Pakai bikini yang masih baru

Liburan ke Bali merupakan momen yang tepat untuk eksistensi, salah satunya adalah menggunakan bikini! Kalau di Jakarta atau kota lain, sepertinya nggak memungkinkan untuk menggunakan bikini. Nggak heran kalau di Bali banyak cewek-cewek menggunakan bikini di pantai. Kemungkinan besar, bikininya masih baru banget dan memang sengaja dibeli untuk berjemur di Bali!

7. Berjemur sampai kulit gelap

Sudah pakai bikini, masa sih nggak berjemur di pantai? Kesempatan seperti itu tentunya bisa dimanfaatkan untuk sekalian bikin kulit tubuh jadi tan! Biar nanti ketika selesai liburan banyak yang ngeh kalau kita habis liburan dari Bali. Hihihi…

8. Foto-foto di depan patung GWK

Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana) yang berada di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana adalah monumen yang menjadi ikon pariwisata Bali dan Indonesia. Patung Garuda Wisnu Kencana adalah simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4 ribu ton dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Nah, jadi kalau sudah sampai di Bali, apalagi untuk pertama kalinya, harus banget berfoto di depannya!

9. Jadi sering ngomong Bahasa Inggris!

Orang lokal di Bali rata-rata mahir ngomong Bahasa Inggris, soalnya sudah sering ngobrol dengan turis bule. Supaya dikira turis mancanegara yang keren, kita jadi suka ikut-ikutan ngomong Bahasa Inggris ketika ngobrol dengan warga lokal. Padahal, turis mancanegara selalu dikaitkan dengan turis yang uangnya banyak dan suka diberi harga yang lebih mahal ketika mereka membeli barang di Bali. Wah, kok ujung-ujungnya jadi menyulitkan diri sendiri, ya?

10. Borong oleh-oleh di Krisna atau Joger

Pulang dari Bali tanpa bawa apa-apa? Pastinya nggak seru dong! Apalagi kalau sudah banyak yang menantikan oleh-oleh! Tidak heran jika banyak yang mampir ke toko oleh-oleh seperti Krisna atau Joger! Saking banyaknya barang lucu dan unik di sana, kamu pasti nggak tahan deh untuk borong, terutama jika kamu baru pertama kali liburan ke Pulau Dewata!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kalau menurut kamu sendiri, ada nggak tingkah unik lain wisatawan yang baru pertama kali ke Bali? Kalau ada, share ke pegipegi, dong! Foto-foto di atas cuma sebagai ilustrasi, kok. Bukan bermaksud menyinggung banyak orang. Hehehe…

Dan buat kamu yang lagi pengin ke Bali dalam waktu dekat, yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Bali lewat pegipegi, ya! Dijamin bujet traveling kamu bakal lebih murah! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: http://sylviasumitro.blogspot.co.id

 

 

(Visited 629 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top