Tips

10 Gerakan Tabu saat Memakai Sumpit

10 Gerakan Tabu saat Memakai Sumpit

Buat kamu penggemar kuliner khas Asia seperti menu khas Jepang dan Chinese food, pasti nggak asing lagi dengan sumpit. Terutama di Jepang, tata krama dan etika saat bersantap sangat penting. Mirip dengan table manner pada budaya Barat, orang Jepang juga punya tata cara saat memakai sumpit. Nah, buat kamu yang berencana traveling ke Jepang, yuk, perhatikan 10 hal yang tabu saat memakai sumpit! Kalau pun belum ada rencana ke Jepang, masih bisa dipraktikkan saat makan sushi di sini, kan….

1. Mayoi Bashi

Ketika makanan diantar ke mejamu, hindari gerakan melayang-layangkan sumpit di atas piring atau mangkuk. Karena, gerakan ini menandakan kamu sedang ragu-ragu atau terlalu pemilih dengan makanan.

2. Saguri Bashi

Mungkin kamu merasa asing dengan makanan yang disajikan. Tapi walau kamu tergoda untuk menerka isi hidangan tersebut, hindari mengaduk-aduk isi piring atau mangkuk seperti mencari sesuatu di dalamnya. Nggak hanya merusak penampilan masakan, tapi juga akan menyinggung perasaan koki yang telah bersusah payah menghias masakan.

3. Namida Bashi

Hindari 10 Gerakan ini Ketika Memakai Sumpit

Foto dari irasutoya.com

Saat makan mi, sushi, hidangan berkuah, atau santapan yang dicelup, pastikan saus atau kuah tidak menetes dari sumpit, ya!

4. Sashi Bashi

Beberapa orang mungkin nggak terbiasa menggunakan sumpit. Jalan pintasnya, dengan menusuk makanan memakai sumpit, misalnya irisan bakso atau sayur. Walau begitu, hindari menusuk makanan tersebut dengan sumpit, apalagi jika makanan yang kamu tusuk terpental ke luar piring.

5. Neburi Bashi

Hindari 10 Gerakan ini Ketika Memakai Sumpit

Foto dari anibee.tv

Senikmat apapun hidangan yang disajikan, hindari menjilat ujung sumpit dan menahan sumpit berlama-lama di dalam mulut.

6. Yose Bashi

Hindari 10 Gerakan ini Ketika Memakai Sumpit

Foto dari anibee.tv

Jika ada makanan yang nggak kamu sukai, jangan langsung disingkirkan kecuali memang bukan untuk dimakan seperti tulang ikan, tulang ayam, dan batu kecil. Hindari juga menggeser piring atau mangkuk memakai sumpit, selalu gunakan tangan, ya!

7. Furiage Bashi

Hindari 10 Gerakan ini Ketika Memakai Sumpit

Foto dari gurunavi.com

Makan sambil ngobrol saja sebenarnya kurang sopan. Apalagi jika sepanjang ngobrol, tanganmu sibuk menggoyang sumpit bahkan dipakai untuk menunjuk lawan bicara.

8. Utsushi Bashi

Gerakan seperti gambar di atas dilakukan di pemakaman, saat sumpit dipakai untuk mengambil tulang setelah proses kremasi. Tentunya akan terasa aneh bagi orang yang melihat ketika kamu melakukannya saat makan.

9. Tate Bashi

Berdasarkan budaya di Jepang, ketika seseorang meninggal dunia, pihak keluarga akan menyajikan semangkuk nasi putih dengan sumpit yang ditancapkan tegak di tengah mangkuk. Jika dilakukan di luar ritual pemakaman, menurut kepercayaan masyarakat Jepang, tindakan Tate Bashi bisa mendatangkan keburukan.

10. Watashi Bashi

Setelah makan, hindari meletakan sumpit di atas mangkuk atau piring seperti gambar di atas. Sebaiknya letakan sumpit di sisi piring atau mangkuk, manfaatkan pengganjal sumpit agar letaknya lebih rapi.

Foto utama dari funnydonia.com

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Selain cara menggunakan sumpit yang baik, pegipegi juga mau kasih tau trik agar liburan kamu mudah dan lancar. Tinggal pesan tiket kereta api dan tiket pesawat di pegipegi dan untuk pesan penginapan, tentu pegipegi punya banyak penginapan murah untuk kamu beristirahat saat traveling.

cari penginapan murah lewat pegipegi pesan tiket kereta api murah lewat pegipegi pesan tiket pesawat murah lewat pegipegi

(Visited 2,628 times, 2 visits today)

Comments

To Top