Berita

10 Film Inspiratif Wajib Tonton Saat Liburan

Kalau lagi liburan, biasanya kita bingung harus ngapain aja. Selain jalan-jalan bersama orang terdekat, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan nonton film-film inspiratif, lho. Berikut Pegipegi berikan referensi film-filmnya, ya!

1. Coco

Coco adalah film animasi Disney yang terinspirasi dari hari libur nasional Meksiko, ‘Day of the Dead’ atau lebih dikenal dengan istilah Dia de Muertos, yaitu sebuah reuni keluarga besar antara kedua dunia yang memisahkan kehidupan dan kematian. Perayaan tersebut bukanlah sebuah momen berduka, melainkan sebuah perayaan.

Coco bercerita tentang petualangan Miguel (Anderson), anak laki-laki berumur 12 tahun yang berjuang mengejar cita-citanya menjadi seorang musisi. Perjuangannya terhalang oleh tradisi keluarganya yang sangat antipati terhadap musik. Namun melalui kejadian magis yang nggak disengaja, Miguel menemukan dirinya berada di Land of the Dead. 

Secara keseluruhan, film Coco memiliki pesan moral dan cocok untuk ditonton oleh beragam kalangan usia. Film ini mengangkat tema kasih sayang dalam keluarga dan mengajarkan kita untuk pantang menyerah menggapai cita-cita.

2. Susah Sinyal

Bercerita tentang Ellen (Adinia Wirasti), pengacara yang sukses,  seorang single mom yang kurang bisa meluangkan waktu bagi anak tunggalnya Kiara (Aurora Ribero). Sehingga, Kiara tumbuh sebagai remaja pemberontak yang lebih banyak melampiaskan emosinya di media sosial. Mereka tinggal bersama Agatha (Niniek L. Karim), ibunda Ellen yang sangat menyayangi Kiara. Ketika Agatha meninggal terkena serangan jantung, Kiara yang sejak kecil sangat dekat dengan omanya langsung terguncang.

Karena saran seorang psikolog, Ellen disarankan untuk mengajak Kiara berlibur, menghabiskan quality time untuk mengobati masa-masa di mana Ellen terlalu sibuk bekerja. Mereka pun pergi ke Sumba, menghabiskan saat-saat menyenangkan berdua. Kiara pulang dengan hati riang. Di Jakarta, Ellen langsung disambut masalah besar di kantor.

Proyek besar yang sedang ia tangani bersama Iwan (Ernest Prakasa) terancam berantakan. Karena kembali sibuk, Ellen tidak menepati janjinya untuk menonton Kiara tampil di perlombaan talent show yang sudah disiapkan Kiara sejak lama. Film Susah Sinyal mengajarkan kita tentang pentingnya kebersamaan dengan keluarga. Di film itu juga menggambarkan keindahan Sumba yang sangat cantik. Dijamin kamu jadi pengin liburan ke Sumba.

3. Kartini

Siapa sih yang nggak kenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini? Kamu pun bisa menonton kisahnya lewat film Kartini yang diperankan oleh Dian Sastro. Berawal di awal tahun 1900 Masehi, perempuan tidak diperbolehkan memperoleh pendidikan yang tinggi, bahkan untuk keturunan ningrat sekalipun. Perempuan ningrat Jawa saat itu hanya diharapkan menjadi Raden Ayu dan menikah dengan seorang pria ningrat.

Kartini tumbuh dengan melihat langsung bagaimana ibu kandungnya, Ngasirah menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri, diangggap pembantu hanya karena nggak mempunyai darah ningrat. Ayahnya, Raden Sosroningrat, yang mencintai Kartini dan keluarganya juga tidak berdaya melawan tradisi saat itu.

Kartini berjuang sepanjang hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang dan hak pendidikan bagi semua orang, terutama untuk perempuan. Bersama kedua saudarinya, Roekmini dan Kardinah, Kartini membuat sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya. Inspiratif banget, kan? Film Kartini memang mengajarkan kita untuk tidak mudah menyerah dengan keadaan dan terus berusaha menggapai cita-cita.

4. The Theory of Everything

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang fisikawan modern, Stephen Hawking yang sudah meninggal beberapa waktu lalu. Di film ini, kamu bisa melihat perkembangan seorang Stephen Hawking saat sebelum terkena penyakit ALS (amyotrophic lateral sclerosis) dan sesudahnya. Kamu juga bisa mengetahui kehidupan pribadi Stephen dengan mantan istrinya, Jane.

Jadi, dijamin film ini nggak akan membosankan, karena bukan bercerita tentang teori Fisika yang membingungkan. Kamu pun bisa belajar bagaimana berjuang keras seperti Stephen, meskipun beliau mengalami penyakit berat.

5. Moana

Moana berbeda dengan sosok princess Disney yang berkulit putih dan berambut pirang. Moana malah digambarkan berkulit eksotik dengan rambut keriting. Ia adalah remaja berusia 16 tahun yang memiliki ketertarikan dengan lautan dan merupakan calon penerus kepala suku di Pulau Motonui. Namun, Moana terus mencari jati diri kaumnya yang sesungguhnya.

Dengan bantuan neneknya, Moana berusaha menemukan bahwa dirinya tertarik dengan laut. Namun, ayahnya melarang keras, apalagi berlayar melewati karang yang ditentukan. Kata ayahnya, bakal banyak hal buruk yang terjadi di balik karang tersebut. Tapi, Moana tidak terima begitu aja, ia tetap berusaha mencari tahu dan melakukan apa yang ia inginkan.

Lewat sosok Moana, banyak anak-anak yang tahu bahwa sosok cantik nggak hanya bicara tentang kulit putih atau rambut yang lurus. Sosok Moana juga mengajarkan kita untuk terus mencari jati diri dan mengejar apa yang kita inginkan.

6. Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun berkisah tentang kehidupan Habibie yang merupakan Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Beliau punya mimpi besar, yaitu berbakti kepada Indonesia dengan membuat pesawat terbang. Di film ini juga dikisahkan pertemuannya dengan sang istri, Ainun yang merupakan seorang dokter muda cerdas.

Keduanya pun menikah, tinggal di Jerman, dan sama-sama membangun mimpi. Di film itu, kita bisa melihat bagaimana Ainun mendukung apa pun yang dilakukan oleh Habibie, beliau pun tidak egois, meskipun sedang sakit keras. Habibie pun juga sangat mencintai Ainun hingga Ainun menghembuskan napas terakhir. Kisah cinta keduanya pun menjadi relationship goals para anak muda.

7. 5 CM

Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian adalah lima remaja yang menjalin persahabatan belasan tahun lamanya. Tiba-tiba mereka jenuh dengan persahabatan mereka dan mencoba untuk nggak berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah, muncul banyak kerinduan dan perubahan yang terjadi pada diri mereka. Mereka pun ingin menjalankan kehidupan yang lebih baik.

Lalu setelah bertemu lagi, mereka ingin merencanakan perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa pada 17 Agustus. Di mana perjalanan itu akan membuat mereka semakin cinta dengan Indonesia sekaligus melihat kebesaran Tuhan. Di film 5 CM, kamu juga akan tertantang untuk melihat keindahan Puncak Mahameru, sekaligus berani untuk mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan.

8. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar bercerita tentang kisah nyata seorang gadis bernama Merry Riana yang harus mengadu nasib di Singapura. Merry sendirian di negeri singa itu. Ia diterbangkan ayahnya ke Singapura saat Jakarta dilanda kerusuhan pada Mei 1998.

Etnis Tionghoa yang minoritas banyak jadi korban. Banyak pula yang mengungsi ke bandara, hendak meninggalkan Jakarta. Lantaran dirampok di jalan, tak semua anggota keluarga Merry bisa pergi. Uang hanya cukup untuk beli satu tiket ke Singapura. Merry yang pergi sendirian ke Singapura.

Sejak itulah perjuangan Merry dimulai, mulai dengan mencari sanak saudara atau teman yang bisa membantunya, juga bagaimana caranya bertahan hidup, namun tidak melupakan pendidikan. Dari hidup Merry, kita jadi lebih bersyukur dan tidak mudah menyerah. Hingga pada akhirnya, Merry Riana pun menjadi motivator terkenal yang menginspirasi banyak orang.

9. The Social Network

Pengin tahu kisah seorang Mark Zuckerberg? Ia adalah sosok milyader muda dunia yang berhasil mengembangkan Facebook. Latar belakang kehidupannya yang menarik, sehingga kisah hidupnya diangkat di layar lebar. Film kisah nyata yang satu ini di berikan judul The Social Network.

Film The Social Network ini telah berhasil dirilis pada tahun 2010 lalu dan tentu saja dalam film ini menceritakan tentang perjuangan Mark untuk membangun sebuah situs jejaring sosial dari mulai masih kecil hingga saat ini Facebook menjadi sosial media terbesar di dunia.

10. Chrisye

Meskipun sudah meninggal dunia, namun kisah almarhum Chrisye yang memiliki suara emas dan kisah hidup yang unik tetaplah nggak bisa dilupakan. Sehingga, kisah hidupnya pun diangkat ke layar lebar. Cerita di film itu bukan bercerita tentang suara emas Chrisye, namun tentang kisah masa lalunya yang selalu tidak percaya diri, gelisah, dan bimbang. Kisah itu diceritakan dari sudut pandang sang istri, anak-anak, orangtua, dan sahabatnya.

Dari film tersebut, kita belajar bahwa latar belakang kita tidak akan menghambat apa yang kita cita-citakan. Contohnya seperti Chrisye yang awalnya diragukan sekelilingnya bisa menjadi penyanyi hebat, namun akhirnya bisa menjadi penyanyi legendaris.

Jangan lupa untuk mengajak orang terdekatmu untuk nonton film-film di atas, ya! Juga ajak mereka untuk merencanakan liburan dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top